Rahasia Cara Merekrut Karyawan IT Professional Zaman Now!

Ingin tahu bagaimana cara merekrut karyawan IT Professional dengan cepat? Silakan baca artikel kami berikut ini. KAZOKKU akan memberikan tips-tipsnya untuk Anda.

Bagi sebagian besar perusahaan, merekrut karyawan terutama para IT Professional dapat dikatakan sebagai suatu proses yang penuh tantangan. Hal tersebut disebabkan karena bidang pekerjaan IT memiliki pergerakan yang sangat dinamis dan cepat.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi juga setiap detiknya bergerak dengan cepat dan permintaan pasar yang tinggi memberikan pengaruh besar terhadap perubahan tersebut. Jika sampai saat ini perusahaan mencari profesional IT dengan tetap mengandalkan cara merekrut karyawan konvensional maka perusahaan akan kesulitan untuk mendapatkan kandidat yang memuaskan. Oleh karena itulah, dibutuhkan suatu solusi efisien untuk mendapatkan kandidat yang sesuai harapan.

Perlu Anda tahu, permintaan tenaga kerja di bidang IT Tech Talent atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai spesialis di bidang IT sedang sangat tinggi. Bahkan, bisa dikatakan tenaga kerja tersebut sedang diburu oleh banyak perusahaan dari berbagai bidang. Oleh sebab itu, agar perusahaan Anda dapat mencapai target yang maksimal untuk merekrut kandidat yang terbaik di bidang IT, tentu perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang jelas, memiliki arah yang pasti, serta mampu memberikan penawaran insentif yang menarik para kandidat terbaik tersebut.

Untungnya, saat ini terdapat beberapa cara merekrut karyawan IT Professional yang bisa bekerja secara efisien untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan dan keinginan serta target perusahaan. Maka dari itu kami akan membagikan rahasia apa saja yang dapat digunakan para HR maupun pemilik perusahaan untuk menemukan kandidat IT Professional yang tepat. Silakan simak penjelasan kami berikut!

Strategi dan Cara Merekrut Karyawan IT Professional dengan Cepat

1. Pahami apa yang dibutuhkan tim saat ini

Pada tahap awal ini tim HR, atasan, serta anggota tim IT Professional perlu melakukan komunikasi atau diskusi bersama untuk menentukan tenaga kerja apa saja yang sedang dibutuhkan. Demi menghindari kesalahan dalam melakukan perencanaan, tim HR atau tim rekrutmen di perusahaan juga perlu melihat kebutuhan yang mungkin muncul di beberapa tahun atau dekade ke depan serta menentukan strategi antisipasi untuk menanganinya.

Sebelum melakukan proses rekrutmen, tentukan juga persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan mulai dari keterampilan, pengalaman, serta hal-hal lain yang diperlukan perusahaan untuk mencapai target bisnisnya. Setelah mendapatkan informasi tersebut, pencarian kandidat dapat menjadi lebih fokus dan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, maka perencanaan yang dibuat bisa membawa kesuksesan bagi proses rekrutmen yang akan dijalankan. 

2. Perbanyak dan perluas jaringan Anda

Kandidat yang berkualitas tentunya tidak akan jatuh begitu saja dari langit. Oleh karena itu, Anda harus bisa mencarinya secara proaktif sehingga dapat menemukan kandidat yang sesuai.

Untuk dapat merekrut tech talent secara efektif dan efisien dibutuhkan strategi networking yang tepat dan mendetail. Saat Anda melakukan proses pencarian tanpa mengetahui di mana tempat para IT Professional tersebut biasanya menjalin relasi, maka Anda bisa mengalami kesulitan dan proses pencarian menjadi membutuhkan waktu yang lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mendatangi beberapa pertemuan atau acara IT lokal maupun internasional secara rutin. Saat ini sudah ada begitu banyak opsi pertemuan yang bisa Anda ikuti. Jadi, jangan terlalu membatasi ke acara offline saja, namun Anda bisa merambah ke pertemuan online untuk mengetahui seperti apa kondisi pasar saat ini.

3. Cek kualifikasi kandidatnya dengan seksama

Selanjutnya, cara merekrut karyawan IT Professional adalah dengan memeriksa kualifikasi kandidat secara seksama untuk mengetahui apakah kandidat tersebut memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, mengingat  tren teknologi yang terus berubah dan berkembang setiap tahunnya maka keterampilan untuk dapat beradaptasi dengan cepat juga perlu diperhatikan.

Perlu Anda tahu, para tenaga ahli IT yang sudah memiliki banyak pengalaman bekerja serta memiliki keterampilan yang terasah dengan baik umumnya lebih banyak diminati. Tidak jarang, kandidat yang baru berbekal pengalaman pendidikan formal “diabaikan” oleh para recruiter. Padahal sebenarnya ada begitu banyak kandidat fresh graduate dengan keterampilan atau potensi yang bisa lebih dikembangkan. Oleh karena itu, tim rekrutmen harus bisa memeriksa kualifikasi seluruh kandidat secara lebih seksama agar bisa menemukan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.

Sumber: www.freepik.com/pressfoto

4. Berikan pertanyaan berkualitas saat interview

Memberikan pertanyaan yang tepat untuk menggali jawaban terjujur para kandidat juga menjadi salah satu cara merekrut karyawan IT Professional. Saat melakukan sesi interview, Anda mungkin akan menemukan beberapa kandidat yang menghafal jawaban dari beberapa sumber referensi yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Akibatnya, mereka akan mengantisipasi pertanyaan yang diberikan pada saat interview secara kaku, tidak relevan atau bahkan terdengar tidak tulus.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum sesi wawancara dimulai, Anda perlu memikirkan pertanyaan-pertanyaan khusus apa saja yang cocok dan relevan untuk diberikan kepada kandidat tersebut. Saat ini juga sudah ada banyak teknik wawancara yang bisa Anda praktikan. Beberapa di antaranya seperti behavioural interview, case interviews, stress interviews, dan lain-lain. Melalui beragam teknik wawancara tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk mengetahui apakah kandidat tersebut sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

5. Cara paling efisien, gunakan jasa outsourcing terpercaya

Seiring dengan meningkatnya permintaan tech talent dari berbagai perusahaan, maka daya saing untuk bisa mendapatkan IT Professional terbaik pun menjadi semakin tinggi. Oleh karena itulah, menggunakan jasa IT Outsourcing menjadi solusi cerdas untuk mengatasinya.

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa outsourcing untuk menemukan tenaga kerja atau IT Professional di Indonesia adalah KAZOKKU. Layanan outsourcing ini akan membantu perusahaan Anda mendapatkan tenaga kerja IT HANYA DALAM WAKTU 1 MINGGU SAJA! Jika dibandingkan dengan proses rekrutmen konvensional, menggunakan jasa outsourcing tentu bisa jauh lebih efektif. Proses rekrutmen secara mandiri akan membutuhkan banyak waktu bahkan dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan. 

KAZOKKU Bantu Perusahaan Mendapat IT Professional Berkualitas dengan Cepat

Melalui Jasa Outsourcing KAZOKKU, tim recruiter profesional yang kami miliki akan merekomendasikan tech talent berkualitas secara tepat dan cepat. Kami akan melakukan screening terhadap 50.000 kandidat di dalam data base untuk menemukan kandidat dengan latar belakang dan skill yang relevan dengan teknologi yang digunakan pada masing-masing perusahaan. Kandidat yang sudah kami kurasi sesuai kebutuhan dan keinginan tim, serta tren di industri IT kedepannya kemudian akan kami rekomendasikan secara khusus untuk perusahaan Anda. 

Cukup Bayar saat Tech Talent Didapatkan!

Jika Anda membutuhkan tenaga kerja IT Professional dalam waktu yang cepat, segera hubungi tim KAZOKKU. Anda TIDAK PERLU MEMBAYAR DI AWAL. Anda cukup membayar jasa outsourcing IT kami setelah tech talent terbaik berhasil direkrut perusahaan Anda. Cukup mudah dan simple bukan?

Silakan Klik Jasa Outsourcing IT KAZOKKU untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini. Anda juga dapat memulai konsultasi rekrutmen IT Professional secara GRATIS dengan tim kami. Informasikan kepada kami posisi apa yang ingin Anda rekrut, deskripsi pekerjaannya dan kriteria kandidat seperti apa yang diharapkan. Selanjutnya tim KAZOKKU akan membantu menemukannya untuk perusahaan Anda.

Tidak hanya itu saja, KAZOKKU juga menawarkan garansi penggunaan  jika kinerja tenaga ahli IT yang kami rekomendasikan tidak dapat memenuhi ekspektasi pekerjaan dan sebagainya. Recruiter profesional kami akan dengan senang hati akan membantu mencari penggantinya secara GRATIS untuk perusahaan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Silakan hubungi kami sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Related Articles