Tren Pengembangan Perangkat Lunak di Tahun 2022 & Cara Bisnis Menghadapinya

Tren pengembangan perangkat lunak terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda perlu mengetahui perubahan tersebut sehingga beragam peluang yang muncul dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan bisnis. Berikut tren pengembangan perangkat lunak di tahun 2022 serta tips menghadapinya.

Saat kita memasuki tahun ketiga pandemi Covid-19, semakin banyak orang yang menyadari bahwa kehadiran teknologi digital dapat memberikan banyak kemudahan. Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang memanfaatkan berbagai perangkat lunak sehingga mereka bisa melakukan berbagai aktivitas dari rumah, contoh seperti bekerja (Work From Home), belajar (sekolah daring), atau membeli berbagai kebutuhan sehari-hari.

Kondisi pandemi yang terjadi sejak tahun 2020 ternyata juga membawa beberapa dampak terhadap tren pengembangan perangkat lunak. Nah, agar bisnis Anda bisa segera beradaptasi dan memanfaatkan peluang yang mungkin akan muncul, berikut kami sajikan tren pengembagan perangkat lunak yang perlu dilihat lebih dalam oleh perusahaan di tahun 2022 dan beberapa bulan setelahnya. 

Tren Pengembangan Perangkat Lunak di Tahun 2022

1. Meningkatnya kebutuhan akan layanan cloud

Di tahun 2022 semakin banyak bisnis yang berusaha untuk melakukan transformasi digital. Mereka memutuskan untuk beralih memanfaatkan perangkat lunak berbasis cloud sehingga mereka dapat mengakses, menyimpan, atau mengelola data secara virtual dengan jaringan internet yang terhubung dengan server.

Adopsi cloud memang sudah berkembang selama beberapa tahun terakhir, namun tren pemanfaatan layanan tersebut telah dipercepat dengan adanya pandemi. Bahkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Alibaba Cloud di tahun lalu diketahui bahwa Indonesia secara aktif mengadopsi teknologi berbasis cloud selama pandemi. Sampai tahun 2021 sudah ada sebanyak 77% bisnis di Indonesia yang menggunakan solusi IT berbasis cloud. Angka tersebut juga diprediksikan akan semakin meningkat di tahun 2022 ini. 

Teknologi cloud menjadi bagian penting dari semua perusahaan baik itu perusahaan besar maupun kecil. Oleh karena itu, menerapkan infrastruktur ke platform cloud seperti Google Cloud, Microsoft Azure, AWS, atau Alibaba Cloud akan menjadi tantangan baru bagi banyak bisnis sehingga pertumbuhan permintaan untuk layanan pengembangan sistem berbasis cloud akan ikut meningkat.

2. Peningkatan cyber security

Perlu Anda tahu, pengembangan perangkat lunak serta penerapan layanan cloud akan terus diikuti oleh berbagai ancaman serangan cyber yang dapat membawa dampak buruk bagi bisnis modern. Menurut State of Cybersecurity Report 2021 milik Accenture, serangan cyber telah meningkat sebesar 31% dari 2020 hingga 2021. Hal tersebut membuat cyber security menjadi perhatian banyak perusahaan selama tahun 2022 dan beberapa tahun ke depan.

Berdasarkan hasil studi oleh PwC juga diketahui bahwa terdapat sekitar 69% perusahaan yang akan meningkatkan investasi dalam cyber security di tahun 2022. Selain itu, survei IDC tahun 2022 juga menginformasikan jika sekitar 1.414 dari 1.500 perusahaan di seluruh dunia menginformasikan bahwa mereka akan melakukan transformasi keamanan cyber yang lebih baik. Jadi, jika Anda mengembangkan perangkat lunak untuk perusahaan dan belum memberikan perhatian lebih pada sisi keamanan cyber-nya, maka di tahun ini Anda wajib untuk melakukannya. 

Sumber: www.freepik.com/rawpixel-com

3. Pertumbuhan DevSecOps

Seperti yang kita tahu, selama bertahun-tahun DevOps telah menjadi metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan oleh banyak perusahaan. Metode gabungan antara Development dan Operations ini memungkinkan perusahaan untuk bisa mengembangkan produk berkualitas lebih tinggi. 

Namun mengingat serangan cyber yang akan terus ada, maka perusahaan-perusahaan perlu menggunakan metode yang mencakup praktik keamanan di dalamnya. Oleh sebab itulah, DevSecOps dipergunakan.

Pertumbuhan penggunaan DevSecOps ini sebenarnya sudah terjadi selama beberapa tahun terakhir dan jumlahnya akan terus bertambah di tahun 2022. Metode ini akan menerapkan praktik keamanan dalam proses pengembangan perangkat lunak. Jadi, tim IT security akan bergabung dengan proyek sejak awal dan membantu tim development dan tim IT operations untuk mengoptimalkan keamanan perangkat lunak yang dikembangkan sejak tahap awal. 

4. JavaScript tetap populer digunakan untuk pengembangan web

Melihat pengembangan perangkat lunak yang semakin masif dilakukan oleh berbagai jenis perusahaan, Javascript menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Bahasa pemrograman ini sudah ada sejak tahun 1994. Meskipun demikian, sampai tahun 2022 ini masih banyak web developer yang tetap mengandalkan JavaScript untuk mengembangkan website dengan fungsionalitas yang baik. 

Di tahun 2022, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan kemampuan JavaScript karena bahasa pemrograman ini menjadi pilihan tepat bagi perusahaan yang ingin mengembangkan web modern. Dengan demikian, permintaan untuk tenaga kerja Front End developer yang menguasai JavaScript akan tetap meningkat. 

Apabila saat ini perusahaan Anda dapat menemukan JavaScript developer, Anda dapat menemukannya di sini Outsourcing Front End Developer.

5. Meningkatnya permintaan tenaga kerja outsourcing di bidang IT 

Melihat bisnis digital yang berubah dan berkembang dengan cepat, perusahaan-perusahaan menginvestasikan uang dan waktunya untuk bisa terus beradaptasi dengan tren pengembangan perangkat lunak terbaru. Hal tersebut pada akhirnya membuat permintaan tenaga outsourcing di bidang IT menjadi semakin meningkat di tahun 2022, bahkan tahun-tahun selanjutnya.

Pada umumnya, perubahaan teknologi yang begitu cepat membuat perusahaan tidak mampu menangani semua kebutuhan IT mereka sendiri. Mereka tidak memiliki banyak waktu untuk menyeleksi dan menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Di sisi lain, jasa outsourcing IT menyediakan sumber daya manusia berkualitas yang kompeten di bidang teknologi. Dengan menggunakan jasa tersebut, perusahaan bisa tetap fokus memikirkan strategi krusial lainnya sehingga mereka bisa tetap unggul di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat ini.

Spesialis IT yang Paling Dicari di Tahun 2022

Berdasarkan data yang diperoleh dari LinkedIn, terdapat beberapa spesialis IT yang memiliki banyak permintaan dengan angka yang cenderung stabil di tahun 2022. Pada Q1 2022 (1 Januari – 31 Maret) spesialis IT yang paling dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Software Engineer 
  • JavaScript Developer 
  • Java Software Engineer
  • Project Manager
  • DevOps Engineer
  • Full Stack Engineer
  • Business Analyst

Bagaimana Cara Perusahaan Menghadapi Tren Teknologi yang Cepat Berubah?

Perusahaan dituntut untuk bisa selalu update dengan perkembangan teknologi karena hal tersebut membawa pengaruh pada kemajuan bisnis. Saat perusahaan mengikuti perkembangan teknologi, maka hal tersebut memungkinkan bisnis untuk bisa meningkatkan penjualan, meluncurkan produk yang lebih inovatif, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Namun sayangnya, perusahaan seringkali kesulitan untuk menemukan spesialis IT dengan keterampilan tertentu. Mengadakan program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawannya pun membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Jadi, bagaimana cara terbaik yang bisa dilakukan perusahaan untuk menghadapi perubahan tren teknologi ini? Sebagai solusinya, perusahaan dapat menggunakan jasa IT Outsourcing yang mampu menyediakan spesialis IT berpengalaman dalam waktu cepat. Perusahaan tidak perlu melakukan proses seleksi dan rekrutmen yang panjang karena pihak vendor (penyedia jasa IT outsourcing) yang akan menyediakannya untuk perusahaan Anda.

Selain itu, perlu Anda tahu bahwa tenaga kerja outsourcing umumnya bekerja secara kontrak dengan jangka waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, ketika ada pembaruan teknologi dan perusahaan membutuhkan spesialis IT yang berbeda maka Anda bisa mengontrak tenaga kerja outsourcing lain dengan mudah.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada KAZOKKU yang menyediakan layanan IT outsourcing. Kami menyediakan beragam spesialis IT yang dapat membantu mengembangkan perangkat lunak yang bekerja dengan baik di perusahaan Anda. Tidak perlu khawatir dengan kualitas tenaga kerja outsource yang kami sediakan. Tim recruiter KAZOKKU sudah melakukan serangkaian tes untuk memastikan bahwa spesialis IT tersebut memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. 

Selain itu, kami juga memberikan GARANSI jika kinerja tenaga ahli IT yang kami sediakan tidak memenuhi ekspektasi pekerjaan. Segera hubungi kami, Anda dapat memulai konsultasi rekrutmen IT spesialis secara GRATIS dengan tim kami.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan ini, Anda juga bisa klik Layanan Outsourcing IT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Related Articles