Spesialis atau Profesi di Bidang IT yang Banyak Dicari Perusahaan (2022)

Seiring dengan semakin majunya teknologi, saat ini terdapat berbagai jenis profesi di bidang IT yang diminati oleh banyak perusahaan. Simak terus artikel berikut untuk mengetahui apa saja spesialis IT tersebut.

Di tahun 2022 ini, sudah semestinya jika perusahaan mengimplementasikan teknologi dalam menjalankan bisnisnya. Tidak peduli ukuran perusahaan Anda, teknologi akan memberikan berbagai manfaat mulai dari meningkatkan brand awareness, mendorong lebih banyak penjualan, menjaga keamanan data sensitif, serta merampingkan dan meningkatkan efisiensi proses bisnis. Dengan beragam keuntungan tersebut, tidaklah mengherankan jika permintaan tenaga kerja di bidang IT menjadi semakin meningkat. 

Perlu Anda ketahui, saat ini sudah ada beragam profesi di bidang IT. Secara garis besar mereka memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan, menyiapkan, mengelola, dan memecahkan masalah sistem teknologi yang digunakan bisnis. Umumnya, mereka akan memiliki gelar sarjana Kandidat yang ideal akan memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer, teknik, atau bidang lain yang relevan.

Di tahun 2022 ini ada beberapa jenis profesi di bidang IT yang mendapatkan permintaan cukup tinggi. Profesi atau spesialis IT tersebut dibutuhkan untuk membantu menerapkan sistem  teknologi di dalam bisnis seperti mengembangkan web atau aplikasi, menjaga keamanan cyber, memelihara infrastruktur cloud, dan masih banyak lagi. 

Profesi di Bidang IT yang Banyak Dicari oleh Perusahaan

1. Software Engineer   

Seperti tahun sebelumnya, software engineer tetap dicari oleh banyak perusahaan. Pada dasarnya, software engineer adalah profesi di bidang IT yang memiliki tanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem perangkat lunak. Profesi ini banyak dibutuhkan karena keterampilan dan kemampuannya sangat dibutuhkan oleh lembaga kesehatan, pemerintah, ataupun perusahaan swasta untuk mengembangkan aplikasi. Mereka juga akan menerapkan engineering principles yang baik sehingga aplikasi yang dikembangkan dapat bekerja dengan optimal.

Saat merancang perangkat lunak untuk aplikasi komputer, aplikasi seluler, platform cloud, dan aplikasi web, mereka akan menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti C++, Java, dan Python. Mereka juga bekerja sama dengan spesialis IT lainnya contohnya seperti Software Quality Assurance untuk memastikan bahwa program bisa berjalan dengan lancar.

Perlu Anda ketahui, berdasarkan data yang dibagikan oleh www.codingame.com, di tahun 2022 ini terdapat beberapa bahasa pemrograman yang banyak dicari oleh para recruiter perusahaan. Bahasa permograman itu adalah Javascript, Java and Python.

Di KAZOKKU sendiri, saat ini kami menyediakan tenaga kerja yang menguasai bahasa pemrograman tersebut. Apabila perusahaan Anda membutuhkan spesialis IT ini, kami dapat membantu menyiapkannya untuk Anda. Silakan klik Front-end Engineer atau Back-end Engineer untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

2. IT Security/Cybersecurity

IT security juga menjadi salah satu profesi di bidang IT yang banyak dicari oleh perusahaan. Mereka memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan bahwa sistem yang sudah dikembangkan oleh perusahaan memiliki tingkat keamanan yang baik sehingga dapat terhindar dari beragam serangan cyber. 

Perlu Anda tahu, dengan semakin banyaknya bisnis yang memanfaatkan teknologi digital maka jumlah serangan cyber pun akan turut meningkat. Oleh sebab itulah, perusahaan mencari spesialis IT security yang dapat merancang dan menerapkan solusi keamanan IT untuk memastikan bahwa sistem atau jaringan perusahaan benar-benar terlindungi. 

Hal ini juga bisa dikatakan sebagai perlindungan yang wajib diperoleh perusahaan di era digital. Jika perusahaan sampai mengesampingkan keamanan cyber, maka bisnis bisa berisiko mengalami beragam kerugian. Contohnya seperti terjadinya kebocoran data sensitif, terkena serangan malware, hingga terkena denda atau tuntutan hukum karena perusahaan tidak dapat melindungi data sensitif pelanggan.

Tidak perlu khawatir jika perusahaan mengalami kesulitan untuk menemukan spesialis IT security yang kompeten karena KAZOKKU sudah mempersiapkan tenaga kerja outsource yang siap bekerja. Silakan klik IT Security Profesional untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber: www.freepik.com/freepik

Baca Juga: Tren Pengembangan Perangkat Lunak di Tahun 2022 & Cara Bisnis Menghadapinya

3. Network/cloud architect

Network/cloud architect atau arsitek jaringan/cloud bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, menerapkan, mengelola, dan memelihara semua lingkungan cloud dalam organisasi. Arsitek jaringan/cloud biasanya memiliki pemahaman yang kuat tentang beberapa sistem operasi serta keterampilan jaringan, pemrograman, dan keamanan. 

Ketika mencari spesialis di bidang network/cloud architect ini, umumnya perusahaan akan lebih menyukai kandidat yang memiliki sertifikat dari penyedia layanan cloud computing. Contohnya seperti Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, Google Cloud Platform (GCP), Alibaba Cloud, atau IBM Cloud. Hal tersebut diperlukan untuk menunjukkan bahwa kandidat benar-benar memiliki kemampuan untuk mengelola aplikasi dan infrastruktur cloud yang dipergunakan perusahaan.

Anda juga bisa menghubungi tim KAZOKKU jika membutuhkan bantuan untuk menemukan network/cloud architect berpengalaman. Kami akan memastikan bahwa tenaga kerja outsource yang kami sediakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

4. DevOps Engineer

Profesi di bidang IT selanjutnya yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah DevOps engineer. DevOps sendiri merupakan gabungan kata dari kata Development dan Operations. Profesi ini memang semakin dibutuhkan karena mereka memiliki kemampuan untuk membantu perusahaan agar pengembangan perangkat lunak bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dengan produktivitas yang lebih tinggi.

Secara garis besar, DevOps engineer adalah spesialis IT yang memiliki pengetahuan luas tentang development dan operation termasuk pengkodean, manajemen infrastruktur, administrasi sistem, dan DevOps toolchains. Ketika bekerja, mereka akan bekerja sama dengan software engineer, system operators, serta staff IT operations staff untuk mengawasi dan memfasilitasi penerapan kode berdasarkan continuous integration dan continuous delivery workflow (CI/CD).

Perlu Anda ketahui bahwa banyak recruiter mengalami kesulitan ketika harus mencari DevOps berpengalaman. Penyebabnya adalah karena keterampilan tersebut tidak bisa dikuasai hanya dengan mengandalkan pendidikan sekolah. Para DevOps engineer mendapatkan sebagian besar keahliannya melalui pembelajaran mandiri serta praktik langsung di lapangan. Selain itu, permintaan akan DevOps juga terus meningkat sehingga mencari kandidat yang mampu menduduki posisi ini menjadi cukup menantang. 

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. KAZOKKU akan membantu menyediakan DevOps engineer yang kompeten untuk perusahaan Anda. Silakan klik tenaga kerja outsource DevOps Engineer untuk mendapatkan detail penjelasannya. 

5. Project Manager

Dengan masifnya permintaan perusahaan untuk mengembangkan sistem atau software, maka kebutuhan akan project manager pun ikut terpengaruh. Peran project manager ini adalah untuk mengawasi perencanaan, implementasi, dan pemeliharaan perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Mereka juga diharapkan untuk bisa melakukan manajemen proyek agar sistem atau aplikasi yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan dapat diselesaikan secara tepat waktu dan sesuai dengan budget.

Saat mencari seseorang untuk mengisi posisi project manager, perusahaan biasanya akan lebih menyukai kandidat yang memiliki  sertifikasi project management seperti sertifikasi PMP dari PMBOK. Jika perusahaan Anda saat ini juga membutuhkan project manager bersertifikat, kami juga dapat menyiapkannya untuk Anda. Silakan klik tenaga outsource Project Manager untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Profesi di bidang IT akan terus dibutuhkan untuk jangka yang panjang. Tren pengembangan IT pun akan terus berubah sehingga perusahaan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi tersebut. Mengingat proses seleksi dan rekrutmen memakan waktu yang panjang, ada baiknya jika perusahaan bekerja sama dengan perusahaan outsourcing IT seperti KAZOKKU yang mampu menyediakan sumber daya manusia berpengalaman di bidang IT dalam waktu yang relatif cepat.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan hubungi kami. Dengan senang hati, tim KAZOKKU akan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Related Articles