Alasan Mengapa JavaScript Developer Akan Terus Dibutuhkan oleh Perusahaan
Published August 11, 2022

Alasan Mengapa JavaScript Developer Akan Terus Dibutuhkan oleh Perusahaan

Cari JavaScript developer? Tenang, kami akan membantu menyediakannya untuk perusahaan Anda. Namun sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu mengapa salah satu keterampilan di bidang IT ini selalu dicari banyak perusahaan.

Tersedia Tenaga IT Outsourcing Siap Kerja!

JAVA Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, IT Operation Manager, dll.

Dapatkan spesialis IT dalam waktu cepat. KAZOKKU menyediakan kontrak kerja jangka pendek, garansi replacement, dan sepenuhnya dapat menangani proses rekrutmen. Temukan spesialis IT yang Anda cari di sini!

Seperti yang kita ketahui, saat ini ada begitu banyak bahasa pemrograman ataupun framework IT yang dipergunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Meskipun begitu, sampai saat ini kemahiran dalam menggunakan JavaScript (JS) tetap dinilai sebagai keterampilan IT paling populer dan paling diminati di seluruh dunia. 

Banyak developer berpendapat bahwa beragam bahasa pemrograman yang sudah ada ataupun yang baru muncul tidak dapat memenuhi kebutuhan akan pengembangan teknologi terbaru dan tidak memiliki kecanggihan yang bisa mengalahkan JavaScript. Inilah yang menyebabkan JavaScript developer terus diminati hingga sekarang.

Jika Anda masih asing dengan bahasa pemrograman ini, mari kita ulas secara singkat terlebih dahulu mengenai apa sebenarnya JavaScript itu.

Apa Itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis teks yang digunakan di sisi klien dan sisi server untuk menghasilkan halaman website yang interaktif. Umumnya, developer JavaScript akan menggunakan bahasa pemrograman ini untuk mengimplementasikan fitur-fitur komplek yang ada di dalam website.

Kemudian menurut para ahli, JavaScript dijabarkan dengan pengertian sebagai berikut:

  • Menurut Mac Bride (2007)

Di dalam bukunya yang berjudul “Java Script”, dijelaskan bahwa JavaScript merupakan bahasa pemrograman berbasis browser, di mana seluruh kodenya ditulis secara langsung ke dalam HTML dari halaman-halaman web yang kemudian diterjemahkan dan dieksekusi sebagai respon dari seluruh aktivitas yang terjadi pada halaman web.

  • Menurut Deitel (2012)

Deitel dalam bukunya yang berjudul “C: How to Program”, menyebutkan bahwa JavaScript adalah bahasa naskah yang sering digunakan untuk menambahkan suatu program ke dalam halaman website sebagai contoh animasi dan interaksi dengan pengguna serta didukung oleh hampir seluruh web browser.

  • Menurut William & Sawyer (2011)

Di dalam bukunya “Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications” dijelaskan bahwa JavaScript adalah bahasa naskah berorientasi obyek yang digunakan pada web browser dengan menambahkan fungsi interaktif di halaman website.

Apa Fungsi JavaScript untuk Developer ?

Alasan mengapa developer JavaScript diminati banyak perusahaan karena bahasa pemrograman ini memiliki banyak fungsi. Berikut beberapa di antaranya:

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, IT Operation Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

  1. Untuk menambahkan elemen interaktif sehingga website dapat berinteraksi dengan user. Contohnya seperti memperbesar atau mengecilkan gambar, menampilkan animasi, dan lain-lain.
  2. Mengembangkan website ataupun mobile app dengan mudah.
  3. JavaScript dapat digunakan untuk membuat game.
  4. JavaScript developer juga dapat menggunakan bahasa pemrograman JS untuk membangun web server sederhana dan mengembangkan infrastruktur back-end menggunakan Node.js. 

Baca Juga: Spesialis atau Profesi di Bidang IT yang Banyak Dicari Perusahaan (2022)

Sumber: www.freepik.com/rawpixel-com

Alasan Mengapa Developer JavaScript akan Terus Dicari & Dibutuhkan

1. JavaScript jadi bahasa pemrograman yang serbaguna

JavaScript dikenal sebagai bahasa pemrograman yang serbaguna. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai aplikasi dan sistem, contohnya seperti website, aplikasi seluler, aplikasi desktop, server, internet of things, dan masih banyak lagi. Dengan memiliki developer yang mahir menggunakan JavaScript maka perusahaan dapat mengembangkan beragam aplikasi yang berguna untuk mendukung jalannya bisnis.

2. Banyak aplikasi yang sudah dikembangkan dengan JavaScript

JavaScript diciptakan oleh Brendan Eich pada tahun 1995 sehingga sejak 27 yang lalu sudah ada begitu banyak aplikasi ataupun sistem yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman ini. Itu artinya, untuk memelihara dan membangun model sistem baru dari aplikasi-aplikasi yang sudah ada maka perusahaan akan membutuhkan keterampilan dari JavaScript developer.

Selain itu, perlu Anda ketahui jika Github, Stack Overflow, Code Project, dan repository lainnya menilai bahwa JavaScript merupakan bahasa pemrograman dengan jumlah pull request tertinggi. Itu berarti ada jutaan developer yang menulis kode menggunakan JavaScript.

3. Sebagian besar framework berjalan di JavaScript

Framework adalah platform pemrograman yang digunakan oleh jutaan developer untuk menyederhanakan proses pengembangan aplikasi. Platform ini memiliki pola dasar, konsep, atau pun plugin untuk membangun web dan aplikasi sehingga developer bisa lebih cepat untuk mengembangkannya. Nah, perlu Anda tahu bahwa saat ini sebagian besar framework pengembangan berjalan di JavaScript. Contohnya seperti AngularJS, Node.js , VueJS, Meteor JS, dan lain-lain. Hal inilah yang menyebabkan mengapa developer JavaScript selalu dicari.  

4. JavaScript developer dapat mengembangkan aplikasi yang interaktif

Sistem atau aplikasi yang dikembangkan menggunakan JavaScript umumnya lebih interaktif sehingga menyenangkan untuk dioperasikan oleh pengguna. Dengan demikian, ketika perusahaan memiliki developer JavaScript maka mereka dapat mengembangkan aplikasi yang bisa berinteraksi secara mulus. Memiliki developer yang mahir menggunakan JavaScript juga dapat memastikan bahwa aplikasi yang dikembangkan akan menyediakan user experience yang baik untuk para penggunanya.

5. Perusahaan membutuhkan Full Stack developer

Full Stack developer bisa dikatakan sebagai aset yang sangat diperlukan oleh perusahaan karena keterampilan yang dimilikinya dapat mengurangi biaya dan waktu pengembangan. Para Full Stack developer ini mampu membangun sistem atau aplikasi baik dari sisi front end, back end, ataupun sistem database menggunakan JavaScript. Oleh karena itulah, developer JavaScript dibutuhkan karena pemahamannya yang sangat kuat terhadap JavaScript memungkinkan mereka untuk berperan sebagai Fullstack developer di perusahaan. 

6. Untuk pengembangan aplikasi lintas platform

JavaScript memastikan bahwa aplikasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik di berbagai platform seperti Android ataupun iOS. Pengembangan aplikasi lintas platform ini bisa menjadi solusi untuk menghemat waktu dan biaya untuk proses pengemangan aplikasi.

Perlu diketahui, sekarang sudah ada begitu banyak perusahaan raksasa yang memanfaatkan kelebihan JavaScript yang mampu digunakan untuk pengembangan aplikasi lintas platform ini. Beberapa di antaranya adalah Facebook, Instagram, dan LinkedIn. 

Baca Juga: IT Outsourcing: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Apakah Anda Membutuhkan JavaScript Developer? Kami Dapat Membantu!

Jika Anda mencari JavaScript developer, KAZOKKU dapat mempersiapkannya untuk perusahaan Anda. KAZOKKU memiliki akses ke talenta terbaik dan akan memilih tim ahli hanya untuk proyek Anda. 

Tenaga kerja yang tersedia dapat bekerja dengan skema outsourcing sehingga mereka akan bekerja untuk perusahaan Anda sesuai dengan kontrak yang telah disepakati bersama. Selain itu, KAZOKKU juga dapat memberikan GARANSI penggantian tenaga kerja JavaScript developer jika perusahaan Anda merasa tidak cocok dengan tenaga kerja IT outsourcing yang sudah kami sediakan. 

Saat ini kami juga memiliki tenaga kerja IT lain seperti back end developer, front end developer, QA, DevOps, IT security, dan masih banyak lagi. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai layanan ini. Anda juga bisa klik Layanan Outsourcing IT untuk mengetahui tenaga kerja apa saja yang bisa KAZOKKU sediakan untuk perusahaan Anda.

Related Articles