5 Perusahaan Besar yang Memanfaatkan Jasa Outsourcing dengan Sukses

5 Perusahaan Besar yang Memanfaatkan Jasa Outsourcing dengan Sukses

Ketika perusahaan Anda mampu memanfaatkan jasa outsourcing dengan baik, layanan tersebut akan membawa kesuksesan untuk bisnis. Pada artikel berikut, kami akan memberikan contoh beberapa perusahaan raksasa yang berhasil memanfaatkan tenaga alih daya untuk mendorong kesuksesan pada bisnisnya.

Tahukah Anda, ada begitu banyak perusahaan raksasa yang mengawali bisnisnya dengan menggunakan jasa outsourcing. Mereka memanfaatkan tenaga kerja alih daya untuk membantu mengembangan aplikasi, menyediakan konten, melayani pelanggan, ataupun mengembangkan produk-produknya. Hal ini dilakukan karena jasa outsourcing menawarkan solusi untuk bisa mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan dengan biaya yang lebih hemat. Tidak heran jika jasa outsourcing ini banyak digunakan oleh banyak perusahaan, terutama bagi mereka yang membutuhkan efisiensi biaya ketika memulai bisnisnya.

Meskipun begitu, perusahaan-perusahaan tersebut berhasil memanfaatkan kehadiran jasa outsourcing dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari kesuksesan bisnis yang telah mereka raih saat ini.

Ingin tahu contoh perusahaan besar yang mengawali bisnisnya dengan menggunakan jasa outsourcing? Simak artikel kami berikut ini.

Apa Itu Jasa Outsourcing? Apa Saja Jenis-jenisnya?

Sebelum kami informasikan perusahaan raksasa yang menggunakan tenaga kerja outsource atau alih daya, ada baiknya jika Anda memahami apa yang dimaksud dengan jasa outsourcing.

Jasa outsourcing adalah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan outsourcing (vendor) di mana mereka akan menyediakan sumber daya eksternal atau tenaga kerja alih daya yang bisa bekerja dalam jangka waktu tertentu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jenis-jenis jasa outsourcing ini pun saat ini sudah semakin banyak, yaitu:

1. Jasa IT outsourcing

IT outsourcing adalah jasa yang menyediakan tenaga kerja alih daya di bidang IT. Jenis outsourcing ini bisa dipilih jika perusahaan Anda membutuhkan spesialis IT untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan bidang teknologi informasi. Contohnya seperti pengembangan aplikasi seluler, pengembangan website, pembuatan desain website, peningkatan sistem keamanan siber, atau yang lain. 

Jika Anda mencari layanan ini, salah satu IT outsourcing Indonesia yang bisa Anda andalkan adalah KAZOKKU. Perusahaan ini menyediakan beragam keterampilan yang Anda butuhkan untuk bisa sukses di era digital contohnya seperti tenaga outsource back end developer, front end, ui/ux designer, QA, Dev Ops, dan masih banyak lagi.

2. Manufacturing outsourcing

Jasa manufacturing outsourcing adalah jasa yang dapat menyediakan tenaga kerja untuk membantu proses produksi di sebuah perusahaan. Tenaga kerja yang tersedia bisa membantu merakit atau membangun produk secara keseluruhan.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

3. Project Outsourcing

Saat perusahaan tidak memiliki banyak waktu atau mengalami kekurangan keterampilan untuk mengerjakan suatu proyek, mereka juga bisa mengalihdayakan tugas tersebut dengan memanfaatkan jasa project outsourcing. Dengan begitu, proyek bisnis bisa tetap berjalan meskipun perusahaan tidak dapat mengelolanya sendiri.  

4. Professional Outsourcing

Professional outsourcing menyediakan tenaga kerja profesional di bidang legal, accounting, purchasing, dan administrative. Contoh penggunaan jasa professional outsourcing adalah ketika perusahaan memakai jasa biro akuntansi untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan daripada merekrut satu orang akuntan.

5. Business Process Outsourcing

Business Process Outsourcing atau BPO adalah jasa outsourcing yang menyediakan layanan pihak ketiga untuk menjalankan fungsi bisnis non-inti untuk perusahaan Anda. Umumnya BPO menyediakan 2 layanan yaitu operasi back office dan front office.

Baca Juga: IT Outsourcing: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

jasa outsourcing

Perusahaan Besar yang Memanfaatkan Jasa Outsourcing 

1. WhatsApp

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chat ini. WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi chat paling populer yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Bahkan, kesuksesannya tersebut membuat Facebook mengakuisisi Whatsapp seharga 19 miliar dolar AS.

Namun tahukah Anda bahwa perusahaan raksasa ini juga memulai bisnisnya dengan memanfaatkan jasa outsourcing? Pada tahun 2012, WhatsApp merupakan perusahaan kecil yang memiliki 30 karyawan tetap dan 5 orang karyawan part time. Perusahaan ini juga memulai bisnisnya dengan model sebesar $ 250.000. Oleh karena itu, untuk menekan biaya pengeluaran maka perusahaan ini mencari bakat developer di Eropa Timur sebagai pusat outsourcing terbesar untuk menemukan keterampilan yang mereka butuhkan.

2. Google

Google adalah contoh perusahaan raksasa yang sukses menggunakan jasa outsourcing. Perusahaan ini sebenarnya memiliki ribuan tenaga kerja internal. Meskipun begitu, karena beban kerja yang sangat besar akhirnya membuat Google menggunakan tenaga kerja alih daya.

Google sendiri mulai menggunakan jasa outsource sejak tahun 2011. Pada dasarnya, salah satu alasan mengapa Google memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing ini adalah karena layanan outsourcing memungkinkan Google untuk bisa memperoleh bakat dan keahlian global yang tidak dimiliki. Dengan memanfaatkan tenaga kerja alih daya, Google bisa mempertahankan profitabilitas raksasa teknologi dari tahun ke tahun.

Baca Juga: KAZOKKU: Perusahaan Outsourcing Jakarta Terbaik di Bidang IT

3. Alibaba

Alibaba raksasa e-commerce Asia adalah contoh perusahaan lain yang sukses menggunakan jasa outsourcing. Hingga sekarang, perusahaan ini sudah memiliki 779 juta pelanggan aktif dan memiliki pendapatan hingga mencapai 853,1 miliar CNY. 

Perlu diketahui bahwa faktanya Alibaba juga mengalihdayakan pekerjaan desain dan pengembangan situs webnya. Pada awalnya, Jack Ma yaitu pendiri Alibaba menghadapi kelangkaan bakat pengembang di negaranya. Selain itu, China juga memiliki pembatasan internet sehingga menjadi penghalang untuk pengembangan situs web e-commercenya. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Jack Ma mulai mencari mitra outsourcing ke luar negeri dan akhirnya menemukan sumber daya manusia yang dibutuhkan di AS. Dengan mempekerjakan spesialis IT di luar negeri, situs web Alibaba pun mulai berkembang pesat.

4. Slack

Slack adalah aplikasi chat yang umumnya digunakan untuk komunikasi internal di dalam sebuah perusahaan. Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Slack menyewa perusahaan outsourcing IT yaitu Metalab untuk bertanggung jawab penuh atas pemeliharaan web serta pembuatan desain logonya. Pada tahun 2017, Slack juga kembali mengalihdayakan pembuatan logo, desain situs web, pengembangan  web dan aplikasi seluler ke Metalab. 

Dengan memanfaatkan tenaga kerja alih daya, Slack mampu menjadi salah satu aplikasi chat populer di dunia. Jumlah penggunanya pun terus bertambah dan saat ini sudah diperkirakan sudah mencapai hingga lebih 18 juta pengguna aktif.

5. Nike

Nike adalah produsen sepatu, peralatan olahraga, dan pakaian yang paling terkenal di dunia. Perusahaan ini juga bisa sukses karena bantuan tenaga kerja alihdaya.

Sejak awal, Nike telah mengalihdayakan proses pembuatan produknya di luar negeri seperti Jepang, Taiwan dan Cina. Dengan cara ini, Nike bisa lebih efisien dalam memproduksi produknya dan mampu mengurangi biaya pengeluaran.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja Lewat Email, Panduan Agar Dilirik Recruiter

Membutuhkan Jasa Outsourcing Terbaik di Bidang IT? Hubungi KAZOKKU

Dari beberapa contoh sukses perusahaan-perusahaan raksasa yang sudah kami sebutkan di atas bisa kita lihat bahwa layanan outsourcing bisa membantu bisnis meraih kesuksesan. Perlu diingat bahwa untuk mewujudkan ide yang cemerlang membutuhkan tenaga kerja profesional, dan jasa outsourcing memungkinkan perusahaan Anda untuk bisa segera mendapatkannya.

Jika Anda sedang mencari jasa outsourcing IT di Indonesia, KAZOKKU merupakan pilihan yang tepat. KAZOKKU merupakan perusahaan outsourcing Jakarta dengan tim recruiter profesional yang mampu mencari spesialis IT profesional. Kami juga menyediakan GARANSI jika tenaga kerja yang kami sediakan ternyata tidak cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Berikut adalah keterampilan tenaga kerja outsource yang tersedia di KAZOKKU:

  • UI/UX Designer
  • Back end developer
  • Front end developer
  • Mobile developer
  • QA/tester
  • IT security
  • DevOps
  • Business Analyst
  • Project Manager

Silakan konsultasikan kebutuhan Anda kepada tim KAZOKKU. Kami akan dengan senang hati membantu Anda. Silakan klik Layanan Outsourcing IT untuk info lebih lanjut. 

Artikel Terkait

Contact Us