Software Developer Outsourcing, Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya!

Menggunakan jasa software developer outsourcing akan memberikan beragam keuntungan bagi bisnis Anda. Meskipun demikian, masih ada banyak perusahaan yang belum menyadarinya. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan layanan ini. 

Kehadiran jasa software developer outsourcing tidak hanya mempermudah perusahaan non IT dalam proses pengembangan web dan aplikasi, namun juga dapat membantu perusahaan IT developer. Sering kali perusahaan IT developer berhasil memenangkan proyek digital, namun sayangnya mereka tidak memiliki sumber daya berkualitas yang mampu mengerjakannya. 

Dalam kondisi tersebut, merekrut karyawan baru tentu tidak dapat menjadi solusi. Proses seleksi karyawan akan memakan waktu yang lama, sedangkan proyek digital harus segera dikerjakan. Nah, untuk menghadapi kondisi tersebut, jasa software developer outsourcing hadir untuk memberikan solusi terbaik.

Apa yang Dimaksud dengan Software Developer Outsourcing?

Jika Anda masih asing dengan istilah ini, kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai apa itu Software Developer Outsourcing. Pada dasarnya, software developer outsourcing adalah sebuah jasa yang menawarkan tenaga kerja alih daya yang ahli di bidang software development. 

Saat Anda menggunakan jasa outsourcing ini, Anda bisa mendapatkan tenaga kerja dengan keterampilan seperti berikut:

  • UI/UX designer
  • Backend developer
  • Frontend developer
  • Mobile App developer
  • DevOps
  • IT Quality Assurance

Selain itu, perlu diketahui bahwa beberapa perusahaan software developer outsourcing yang komprehensif seperti KAZOKKU juga menyediakan spesialis IT lain demi kelancaran proyek digital yang Anda kelola. Beberapa di antaranya seperti Pentester (White Hat Hacker), Business Analyst, hingga Project Manager.

Baca Juga: 5 Perusahaan Besar yang Memanfaatkan Jasa Outsourcing dengan Sukses

Sumber: www.freepik.com/pressfoto

Alasan Mengapa Software Developer Outsourcing Dibutuhkan oleh Banyak Perusahaan

1. Memperoleh tenaga kerja yang dibutuhkan dalam waktu cepat

Perusahaan software developer outsourcing dapat menyediakan backend developer dan frontend developer dalam waktu yang cepat. Dengan demikian, perusahaan Anda tidak perlu lagi melakukan proses rekrutmen untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan. Biasanya perusahaan Anda hanya akan diminta untuk ikut terlibat saat proses user interview untuk memastikan bahwa tenaga kerja yang akan dikirimkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa perusahaan outsourcing biasanya memiliki talent pool sehingga mereka bisa lebih cepat dalam menyediakan tenaga kerja. Di KAZOKKU sendiri, data tenaga kerja yang terkumpul sudah mencapai lebih dari 50.000. Dengan cara ini, kami bisa segera menyediakan spesialis IT yang dibutuhkan oleh para klien.

2. Mudah beradaptasi dengan teknologi terus berkembang

Teknologi akan terus berkembang sehingga keterampilan tenaga kerja di industri software developer pun akan berubah. Seperti yang kita ketahui, saat ini beragam bahasa pemrograman baru telah diperkenalkan, metodologi baru juga terus dikembangkan, dan praktik standar industri sebelumnya sudah menjadi usang karena pendekatan yang lebih inovatif telah mengambil alih. Itulah penyebabnya mengapa menggunakan jasa software developer merupakan strategi penting yang harus dipergunakan oleh bisnis Anda.

3. Tidak perlu khawatir dengan biaya pelatihan yang tinggi

Teknologi terus berkembang sehingga perusahaan yang mempekerjakan karyawan in house harus melakukan pelatihan rutin agar keterampilan yang mereka kuasai bisa berkembang. Nah, saat perusahaan menggunakan jasa software developer outsourcing, maka perusahaan tidak perlu melakukannya karena Anda cukup mencari tenaga kerja dengan keterampilan spesifik yang Anda butuhkan.

4. Meningkatkan kemampuan pengembangan perusahaan IT developer

Selain dapat digunakan oleh perusahaan non IT, jasa software developer juga berguna bagi perusahaan IT developer. Dengan adanya tenaga alih daya yang dipergunakan maka kemampuan tim developer internal akan menjadi lebih lengkap dan kuat.

Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan produktivitas bisnis dalam pengembangan software sehingga proses delivery bisa dilakukan sesuai dengan deadline yang telah ditentukan atau bahkan lebih cepat. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengorbankan kualitas untuk mempercepat proses pengemangan software.

5. Solusi software development yang hemat biaya

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan jasa software developer dapat membantu menghemat biaya pengembangan software. Berikut ini kami sediakan beberapa contoh penghematan anggaran pengembangan software Anda yang bisa diperoleh dengan menggunakan jasa software developer outsourcing.

  • a. Perusahaan tidak perlu mengadakan proses rekrutmen dan seleksi karyawan yang memakan banyak anggaran. Seperti yang kita ketahui proses seleksi membutuhkan banyak biaya, contohnya seperti biaya untuk pemasangan iklan lowongan kerja, membayar jasa pihak ketiga seperti headhunter, fasilitas untuk seleksi, dan lain-lain.
  • b. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya pelatihan karena Anda sudah mendapatkan tenaga kerja yang menguasai keterampilan yang dibutuhkan.
  • c. Banyak perusahaan yang dapat menghemat anggaran pengembangan software dengan mempekerjakan tenaga kerja outsource dari wilayah dengan tingkat upah minimum yang lebih rendah. Banyak perusahaan maju seperti dari Amerika yang melakukan strategi offshoring (outsourcing ke negara lain) dengan mengalihkan proses pengembangan software di negara-negara berkembang untuk menghemat biaya pengembangan software di perusahaannya.

6. Perusahaan dapat fokus ke aktivitas bisnis inti

Selain menyediakan tenaga kerja engineer atau developer untuk pengembangan sistem, penyedia jasa outsourcing juga akan membantu mengelola tenaga kerja yang telah mereka sediakan. Perlu Anda ketahui, pihak vendor atau penyedia jasa software developer outsourcing akan memiliki tanggung jawab untuk mengatur proses administratif tenaga kerja yang merek kirimkan seperti penggajian, pajak penghasilan, asuransi, dan lain-lain.

Itu artinya, perusahaan tidak perlu memikirkan manajemen SDM tim eksternal sehingga Anda bisa fokus ke aktivitas bisnis inti. Perusahaan juga tidak perlu memusingkan untuk menambah HR baru saat perusahaan memiliki lebih banyak tim developer.

Baca Juga: Tips Memilih Perusahaan IT Outsourcing yang Terbaik untuk Proyek Anda

Gunakan Jasa Software Developer Outsourcing KAZOKKU untuk Pengambangan Web/Aplikasi yang Lebih Efisien!

Jika Anda sedang mencari penyedia tenaga outsourcing dengan beragam keterampilan di bidang IT, silakan hubungi tim KAZOKKU. Kami dapat membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan spesialis IT yang Anda butuhkan dalam waktu yang cepat! Anda cukup menginformasikan kualifikasi yang dibutuhkan, dan kami akan mencari tenaga kerja yang paling sesuai dengan persyaratan yang Anda tetapkan.

Jika Anda ingin mengembangkan perangkat lunak dan tidak mengetahui keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek digital tersebut, Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim kami. KAZOKKU adalah perusahaan berbasis teknologi sehingga dapat memberikan saran-saran profesional agar Anda bisa menjalankan proyek tersebut dengan baik.

Saat ini, KAZOKKU menyediakan berbagai opsi layanan seperti:

Silakan klik Layanan IT Outsourcing untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Anda juga dapat klik Hubungi KAZOKKU untuk terhubung dengan tim kami. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Related Articles