Strategi Rekrutmen Modern yang Efektif untuk Mendapat Spesialis IT Berbakat

Mendekati tahun 2023 perusahaan dirasa perlu memikirkan kembali strategi rekrutmen yang efektif untuk menjangkau talenta berbakat. Jika perusahaan Anda saat ini memiliki keinginan untuk mengembangkan kemampuan bisnis yang berkaitan dengan teknologi, berikut adalah pendekatan rekrutmen yang Anda butuhkan.

Salah satu tantangan terbesar bagi pemilik perusahaan di berbagai bidang industri adalah menemukan talenta berbakat. Saat ini persaingan pasar tenaga kerja pun sudah semakin ketat. Masing-masing perusahaan berlomba-lomba melakukan strategi rekrutmen dengan menawarkan tunjangan ataupun gaji yang tinggi sehingga bisa menemukan talenta yang mereka butuhkan.

Namun sayangnya, tidak semua perusahaan dapat menjalankan strategi tersebut dengan baik. Tidak sedikit perusahaan yang harus kembali kehilangan karyawan berkualitasnya karena karyawan tersebut tertarik dengan penawaran di perusahaan lain. Akibatnya, perusahaan perlu kembali mengulang proses seleksi yang memakan banyak waktu dan tenaga.

Di era yang sudah semakin modern seperti saat ini, tidak ada salahnya jika perusahaan mencoba strategi rekrutmen lain Berikut ini adalah beberapa strategi atau pendekatan yang bisa perusahaan Anda coba lakukan.

Strategi Rekrutmen Modern yang Efektif Mendapat Talenta Berbakat

1. Tawarkan sistem kerja yang fleksibel

Seperti yang kita ketahui, ketika perusahaan hanya menyediakan sistem kerja on-site, maka lowongan kerja yang diposting akan lebih menarik bagi para kandidat dengan domisili yang sama dengan lokasi perusahaan Anda. Sebagian besar karyawan enggan untuk meninggalkan wilayah domisilinya karena tidak mau jauh dari keluarga, memikirkan biaya akomodasi, dan lain-lain. 

Nah, dengan menawarkan sistem kerja yang fleksibel seperti remote working maka lowongan yang Anda posting akan jauh lebih menarik. Selain itu, perusahaan Anda juga bisa mengakses pasar tenaga kerja yang jauh lebih luas. Itu, artinya Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Batasan wilayah tidak lagi menjadi masalah dan perusahaan tetap bisa mempekerjakan karyawan berkualitas meskipun mereka berada di wilayah yang berbeda.

Perlu diingat bahwa saat ini beragam remote working tools pun telah banyak tersedia untuk memudahkan kolaborasi tim dari jarak jauh sekalipun. Aplikasi HRIS juga mudah ditemukan sehingga monitoring karyawan remote bisa tetap dilakukan secara real time.

2. Lakukan kemitraan akademik

Institusi akademik, mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi teknik, memiliki masalah yang sama dengan perusahaan Anda yaitu sering mencari cara agar para siswanya bisa segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Pada umumnya, pihak universitas akan mengadakan program magang untuk mempersiapkan para mahasiswanya agar bisa siap bekerja ketika mereka lulus. Anda tentu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk bisa mendapatkan bakat berbiaya rendah.

Selain itu, perusahaan juga bisa menjalin kemitraan akademik dengan institusi pendidikan vokasi. Biasanya institusi pendidikan vokasi memiliki kurikulum yang fokus pada skill untuk menciptakan para lulusan yang siap kerja dengan kemampuan  mumpuni di bidangnya. Dengan menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan ini maka mereka akan membantu menyalurkan lulusan berbakat ke perusahaan Anda. 

3. Memanfaatkan jasa outsourcing IT

Menggunakan jasa outsourcing IT juga menjadi strategi rekrutmen yang sangat efektif untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan. Sebenarnya, strategi rekrutmen ini bukanlah hal baru di dunia IT. Bahkan sudah ada banyak perusahaan teknologi raksasa yang memulai bisnisnya dengan memanfaatkan jasa outsourcing seperti WhatsApp, Google, dan masih banyak lagi.  

Menggunakan tenaga kerja outsource seperti “menyewa keterampilan” yang dibutuhkan perusahaan untuk menyelesaikan proyek. Tenaga kerja tersebut akan bekerja untuk perusahaan Anda dengan status kontrak sehingga ketika proyek selesai maka tenaga kerja tersebut akan dilepaskan. 

Strategi ini dinilai jauh lebih efektif dan efisien karena Anda bisa memperoleh keterampilan yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Mereka akan mengisi kekosongan dalam tim dan Anda dapat memastikan bahwa mereka dapat bekerja untuk perusahaan Anda hingga proyek benar-benar selesai.

Selain itu, saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing IT maka perusahaan Anda akan melakukan praktik RPO atau Recruitment Process Outsourcing. Perusahaan Anda akan mengalihkan sebagian atau bahkan seluruh proses perekrutan kepada pihak ketiga yaitu perusahaan outsourcing penyedia jasa perekrutan. Dengan demikian, maka proses perekrutan akan dialihkan ke pihak ketiga. Itu artinya, Anda tidak perlu mengelola proses rekrutmen yang panjang. 

Perusahaan IT outsourcing juga akan bertindak sebagai perpanjangan dari fungsi SDM atau HRD perusahaan. Mereka akan membantu mengelola SDM yang dikirim serta mengatur dan menjamin proses administratif dan finansial sesuai perjanjian. Strategi ini tentu jauh lebih praktis bagi perusahaan Anda.

Baca Juga: 5 Perusahaan Besar yang Memanfaatkan Jasa Outsourcing dengan Sukses

4. Manfaatkan headhunter

Jika Anda mencari tenaga kerja di level manajerial, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa headhunter. Strategi rekrutmen ini juga bisa secara efektif membantu proses seleksi kandidat di perusahaan Anda. Secara garis besar, ketika Anda mempraktikkan strategi ini maka Anda akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membantu menemukan kandidat yang berkualifikasi tinggi untuk mengisi posisi yang kosong.

Perlu Anda ketahui, headhunter berbeda dengan outsourcing. Jika Anda menggunakan jasa outsourcing maka perusahaan Anda “menyewa” tenaga kerja dari pihak ketiga. Sedangkan ketika menggunakan headhunter, maka perusahaan “membeli” tenaga kerja dari pihak ketiga. Jadi, calon karyawan yang akan dipekerjakan nantinya akan menjadi milik perusahan sepenuhnya. Dengan begitu, manajemen SDM untuk tenaga kerja yang dikirimkan nantinya akan menjadi tanggung jawab perusahaan Anda sepenuhnya. 

Baca Juga: Perbedaan Outsourcing dan Headhunter, Mana yang Sebaiknya Dipilih? 

Sumber: www.freepik.com/ijeab

Kelebihan Menggunakan Outsourcing IT saat Proses Rekrutmen

Itu dia beberapa strategi rekrutmen yang bisa Anda coba lakukan untuk memperoleh tenaga kerja IT yang Anda butuhkan. Perlu Anda ketahui, strategi RPO atau Recruitment Process Outsourcing memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan strategi rekrutmen yang lain. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Perusahaan outsourcing IT pada umumnya dapat menyediakan tenaga kerja dalam waktu yang relatif cepat. Dengan begitu, proyek digital Anda bisa segera dijalankan.

2. Perusahaan tidak perlu mengadakan pelatihan dan bisa lebih mudah untuk mengikuti tren perkembangan teknologi. Perusahaan cukup menginformasikan requirements yang mereka butuhkan untuk suatu proyek dan perusahaan outsourcing IT akan menyediakannya.

3. Perusahan tidak perlu mengkhawatirkan manajemen SDM tim eksternal karena perusahaan outsourcing yang akan melakukannya untuk perusahaan Anda. Mereka akan mengatur proses administratif dan finansial sesuai perjanjian, penggajian, serta pajak penghasilan dari IT Profesional yang dikirimkan.

Salah satu perusahaan IT outsourcing Indonesia yang dapat menyediakan tenaga kerja profesional di bidang IT adalah KAZOKKU. Kami menyediakan Backend Developer, Frontend Developer, Quality Assurance, Mobile App Developer, UI/UX Developer, dan masih banyak lagi. Silakan hubungi tim kami jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut. Anda juga bisa klik Jasa IT Outsourcing untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai layanan ini.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Related Articles