5 Kelebihan IT Outsourcing yang Menguntungkan Bisnis Anda

Jika Anda masih ragu untuk menggunakan layanan IT outsourcing, artikel kali ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan. Silakan simak, 5 kelebihan IT outsourcing yang bermanfaat bagi bisnis berikut ini.

Perlu Anda ketahui, banyak perusahaan yang pada akhirnya memutuskan untuk mengalihdayakan sebagian tugas pengembangan software karena layanan IT outsourcing menawarkan begitu banyak manfaat atau keuntungan bagi bisnis. Secara garis besar, layanan ini akan menghemat pengeluaran operasional karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya rekrutmen yang tinggi. Selain itu, layanan ini juga memungkinkan perusahaan untuk dapat menggunakan tenaga kerja IT dengan tingkat upah minimum yang lebih rendah.

Jika Anda sedang berencana untuk menggunakan layanan IT outsourcing, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkannya.  Silakan simak penjelasan kami berikut ini.

5 Kelebihan IT Outsourcing yang Bermanfaat Bagi Bisnis

1. Biaya proyek digital yang lebih rendah

Seperti yang sudah sempat kami jelaskan di bagian awal, manfaat atau keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan layanan IT outsourcing adalah pengurangan biaya. Masing-masing proyek memang akan membutuhkan dana dan waktu yang berbeda-beda, meskipun demikian tentu perusahaan Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengembangkan software yang berfungsi secara optimal serta bebas bug. 

Melihat kondisi ekonomi global yang belum stabil seperti saat ini, banyak bisnis yang lebih berhati-hati dalam mengelola anggaran. Mereka memprioritaskan agar bisa menggunakan solusi paling hemat biaya untuk menjalankan proyek digitalnya. 

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa menempatkan tim in-house dapat menghabiskan biaya jutaan dolar, sedangkangkan menggunakan jasa IT outsourcing akan jauh lebih menghemat sekitar 30-50%. Oleh karena itu, para pemilik bisnis menjadi cenderung memilih layanan IT Outsourcing untuk membantu menjalankan proyek digitalnya.

Berikut adalah contoh bagaimana solusi ini dapat menghemat anggaran perusahaan. Berdasarkan data yang diperoleh neuvoo.co.uk , rata-rata harga tenaga kerja Java Developer di Inggris adalah sekitar $55.000/tahun, sedangkan Java developer yang sudah berpengalaman dapat mencapai $90.000/tahun. Sebaliknya, harga tenaga kerja untuk pekerjaan yang setara di pasar tenaga kerja IT Vietnam hanya membutuhkan sekitar $10.000. Nah, ketika perusahaan mengalihdayakan (offshoring) maka mereka dapat jauh menghemat anggaran pengembangan softwarenya.

2. Berpeluang tinggi untuk mendapatkan talenta berbakat

Perusahaan yang tidak memiliki pengalaman dalam digitalisasi dan teknologi seringkali kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja terampil yang mereka butuhkan. Pada umumnya, mereka akan kesulitan untuk menentukan persyaratan atau keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah website atau aplikasi.

Oleh karena itulah, IT outsourcing dipergunakan. Dengan menggunakan layanan terserbut, maka perusahaan tidak perlu khawatir tentang proses rekrutmen karena semuanya sudah diurus oleh vendor yang berpengalaman. Di KAZOKKU sendiri, kami memiliki tenaga ahli IT yang akan membantu mengadakan technical test sehingga tenaga kerja yang akan kami kirimkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Baca Juga: Software Developer Outsourcing, Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya!

3. Dapat mengikuti perkembangan pasar dengan mudah

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak konsumen yang menuntut serangkaian fitur yang uptodate. Ketika perusahaan tidak mampu memenuhi tuntutan tersebut, maka bisnis akan berpeluang kehilangan keuntungan. Produk yang sudah usang dapat ditinggalkan oleh pelanggan karena mereka akan cenderung menggunakan aplikasi/web yang menawarkan user experience yang lebih baik serta mampu memenuhi kebutuhannya. 

Nah, untuk bisa terus mengikuti tuntungan pasar/pelanggan, maka perusahaan bisa menggunakan layanan IT outsourcing. Dengan menggunakan layanan tersebut maka Anda bisa memperoleh tenaga kerja IT dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru.

4. Jasa IT outsourcing menawarkan fleksibilitas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi pasar serta tren teknologi akan terus berubah. Oleh karena itulah, vendor IT outsourcing juga harus memiliki fleksibilitas dan agility untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan demikian, perusahaan pengguna layanan tersebut pun bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan tren yang sedang berkembang.

Berikut adalah kelebihan IT outsourcing sangat penting untuk bisnis Anda:

  • Tim outsourcing dapat beradaptasi dengan goal perusahaan Anda.
  • Tim outsourcing dapat menyesuaikan dengan proses operasi internal.
  • Memungkinkan perusahaan untuk mengubah atau menyesuaikan fokus proyek, terutama dalam metodologi Agile.
  • Anda dapat menambah dan mengurangi jumlah personel outsourcing secara fleksibel dan mudah.

5. Perusahaan bisa fokus ke aktivitas bisnis inti 

Banyak aktivitas pengembangan software yang membuat perusahaan menjadi tidak fokus untuk mencapai tujuan bisnis yang ingin dicapai. Akibatnya, seiring bertambahnya pekerjaan, maka aktivitas penting bisnis pun akan semakin tidak mendapatkan perhatian.

Untuk mengatasi masalah tersebut, perusahaan bisa bekerja sama dengan vendor IT outsourcing. Perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari IT outsourcing dengan mendelegasikan beberapa tugas kepada pihak vendor. Dengan demikian, perusahaan bisa tetap fokus pada aktivitas bisnis inti.

Baca Juga: Strategi Rekrutmen Modern yang Efektif untuk Mendapat Spesialis IT Berbakat

KAZOKKU Tawarkan Layanan IT Outsourcing Profesional

KAZOKKU adalah perusahaan IT Outsourcing di Indonesia yang menawarkan beragam tenaga kerja terampil di bidang IT. Kami dapat membantu perusahaan Anda untuk mengembangkan software yang bekerja secara optimal dengan menyediakan tenaga kerja Back-end Developer (Java, Node.JS, Golang, dll); Front-end Developer (Angular.JS, React.JS, dll), UI/UX Designer; QA; dan masih banyak lagi. 

Kami dapat mengirim tenaga kerja yang memiliki keterampilan sesuai kebutuhan perusahaan Anda dalam waktu yang cepat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Related Articles