Kapan Anda Harus Menggunakan Layanan IT Outsourcing (ITO)? Cari Tahu di Sini!

Kapan Anda Harus Menggunakan Layanan IT Outsourcing (ITO)? Cari Tahu di Sini!

Layanan IT Outsourcing atau ITO adalah praktik bisnis di mana perusahaan akan mempekerjakan individu di luar organisasinya (pihak ketiga) untuk melakukan operasi IT di perusahaannya. Seiring dengan perkembangan teknologi, layanan ITO ini menjadi semakin dibutuhkan. Namun, kapan waktu yang tepat untuk mulai mempergunakannya? Yuk cari tahu di sini!

Di era digital seperti saat ini, semua jenis bisnis harus bisa bekerja secara gesit, fleksibel, dan efisien. Perusahaan harus bisa beradaptasi dengan cepat untuk menanggapi perubahan yang terjadi di pasar, serta harus bisa menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan bisnis. Mungkin saat ini perusahaan Anda sudah memiliki tim IT internal yang dapat menangani berbagai masalah IT. Meskipun demikian, Anda juga perlu memastikan apakah tim IT internal yang Anda miliki juga mampu menangani hal-hal terkait IT yang ada di masa depan. 

Perlu Anda ingat, teknologi akan terus berubah dari waktu ke waktu. Perusahaan umumnya akan membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk tetap mengikuti tren terbaru dalam IT dan untuk melatih karyawannya. Oleh karena alasan inilah, banyak perusahaan yang pada akhirnya memanfaatkan layanan IT Outsourcing atau ITO ini.

Nah, jika perusahaan Anda belum mengetahui atau masih ragu-ragu kapan waktu yang tepat untuk mempergunakan layanan IT outsourcing, berikut kami sediakan informasi mengenai beberapa kasus di mana Anda harus memanfaatkan outsourcing fungsi IT pada bisnis Anda. Silakan simak penjelasn kami berikut ini.

Kapan Anda Harus Menggunakan Layanan IT Outsourcing (ITO)?

1. Ingin mengurangi biaya pengeluaran bisnis

Anda dapat memanfaatkan layanan IT outsourcing ketika Anda ingin menekan biaya pengeluaran bisnis. Perlu diketahui, ketika perusahaan Anda bekerjasama dengan outsourcing agency IT, maka perusahaan Anda memiliki peluang untuk mempekerjakan tenaga kerja dengan biaya upah yang lebih rendah. Indonesia sendiri memiliki range UMP yang beragam.

Agency IT outsourcing ini bisa menemukan spesialis IT di provinsi Indonesia dengan tingkat UMP yang lebih murah dari UMP di provinsi Anda sehingga perusahaan dapat mengehmat biaya pengeluaran. Selain itu, agency IT outsourcing seperti KAZOKKU umumnya juga dapat membantu mengelola tenaga kerja tersebut secara remote. Dengan demikian, tenaga kerja IT outsource tetap dapat bekerja dari wilayahnya masing-masing.

Akibat Covid-19, fokus utama sebagian besar perusahaan saat ini adalah melakukan penghematan biaya sekaligus meningkatkan keuntungan bisnis. Sebagai solusinya, IT outsourcing ini dimanfaatkan karena memungkinkan perusahaan untuk bisa mendapatkan tenaga kerja profesional dengan biaya yang lebih rendah.

2. Perusahaan tidak memiliki keahlian di bidang teknologi

Banyak bisnis tidak memiliki waktu dan upaya untuk merekrut dan memelihara staf IT karena pekerjaan teknis seringkali bersifat sementara. Di sisi lain, perusahaan harus tetap beradaptasi dengan tren perkembangan teknologi untuk memudahkan proses pemasaran produk/layanan atau untuk menjangkau target market yang lebih luas.

Oleh karena itu, jika perusahaan Anda ingin mengembangkan suatu sistem IT baik itu website ataupun aplikasi namun tidak memiliki banyak waktu dan tenaga untuk melakukan proses rekrutmen sendiri, maka Anda dapat bekerjasama dengan agency IT outsourcing. Mereka dapat berperan sebagai konsultan rekrutmen IT yang akan membantu menemukan tenaga kerja outsource dengan berbagai keahlian di bidang IT.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Jadi, temukan agency IT outsourcing yang menawarkan beragam jenis keterampilan di bidang IT. KAZOKKU sendiri merupakan perusahaan IT outsourcing di Indonesia yang dapat menyediakan spesialis IT untuk membantu proses software development. Kami memiliki tenaga outsource Back End Developer, Front End Developer, Mobile App Developer, QA, UI/UX Designer, bahkan hingga Project Manager.

3. Mempercepat time to market

Layanan IT outsourcing perlu Anda pergunakan ketika perusahaan ingin mempercepat time to market atau waktu yang dipergunakan dari saat menyusun gagasan tentang suatu produk hingga meluncurkan produk atau layanan akhir. Saat ini, pasar IT memang bergerak dengan semakin cepat. Orang-orang terus menuntut pembaruan sistem, meminta fitur-fitur baru, mendesak rilis produk dengan cepat, dll. Oleh karena itu, layanan IT outsourcing dipergunakan untuk mengatasi permintaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memanfaatkan layanan IT outsourcing dapat  mempercepat time to market:

  • Anda dapat mengalihdayakan berbagai fungsi departemen IT secara bersamaan. Sebagai contoh, Anda dapat mengalihdayakan pengembangan perangkat lunak ke satu agency dan pengujian perangkat lunak ke agency lain. Dengan cara ini, time to market bisa dilakukan dengan lebih cepat karena proses pengembangan dan pengujian dapat dilakukan secara bersamaan.
  • Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melatih karyawan baru karena agency IT outsourcing akan membantu mengelolanya.
  • Anda dapat bekerja dengan para spesialis IT ahli saat Anda mengalihdayakan fungsi IT. Pengalaman dan kemahiran tenaga kerja outsource yang Anda miliki akan berkontribusi besar pada penyelesaian proyek digital dengan cepat.

Baca Juga: Software Developer Outsourcing, Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya!

4. Mengalami kesulitan dalam perekrutan tim IT

Jika perusahaan Anda mengalami kesulitan untuk menemukan dan mendapatkan tenaga kerja IT, maka Anda bisa mempercayakannya pada agency IT outsourcing. Perusahaan seringkali menemukan beragam masalah ketika harus melakukan proses seleksi ataupun manajemen tenaga kerja IT, contohnya seperti berikut:

  • talent pool yang terbatas khususnya di wilayah lokal
  • tidak memiliki banyak waktu untuk menarik minat kandidat seperti melakukan employer branding, penawaran training, mengelola pemberian benefit, dan lain-lain
  • membutuhkan banyak biaya untuk mengelola tim IT internal 
  • turnover rate yang tinggi sehingga harus terus menerus melakukan proses rekrutmen yang panjang

Untuk mengatasi berbagai masalah di atas, agency IT outsourcing dapat membantu perusahaan Anda. Mereka dapat membantu menemukan dan mengelola tenaga kerja IT di perusahaan Anda. Selain itu, tenaga kerja outsourceing juga bekerja dengan sistem kontrak sehingga perusahaan bisa memastikan bahwa mereka memperoleh keahlian yang diperlukan hingga proyek selesai.

5.  Terlalu banyak waktu dan tenaga dalam manajemen tim IT

Dengan IT Outsourcing, Anda dan staf Anda tidak akan terjebak dengan aktivitas non-inti. Misalnya, sebelum memulai sebuah proyek digital, umumnya perusahaan akan melakukan sesi pelatihan untuk memberikan informasi dan pengetahuan mendasar untuk diikuti oleh tim IT. Terkadang, proses pelatihan ini bisa memakan waktu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa bekerja sama dengan agency IT outsourcing yang menyediakan tenaga kerja outsource terlatih sehingga perusahaan tidak akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan berbagai persiapan saat ingin mengerjakan proyek. Selain itu, agency IT Outsourcing juga akan membantu mengelola tenaga kerja yang mereka sediakan sehingga tim HR internal perusahaan Anda bisa fokus ke kegiatan inti bisnis yang lain.

Baca Juga: Berapa Harga Jasa IT Outsourcing? Cek, di Sini Cara Memperkirakannya!

Alih Dayakan Fungsi IT di Perusahaan Anda pada KAZOKKU

KAZOKKU adalah perusahaan IT outsourcing di Indonesia yang menyediakan spesialis IT untuk proses pengembangan software. Jika perusahaan Anda mengalami kesulitan untuk menemukan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk prose pengembangan software, silakan hubungi kami.

Perlu Anda ketahui, saat ini IT outsourcing atau ITO sudah menjadi strategi bisnis yang dilakukan oleh banyak perusahaan di Indonesia untuk mendapatkan tenaga kerja IT profesional dalam waktu yang cepat. Layanan ini juga memungkinkan perusahaan untuk bisa lebih menghemat biaya pengeluaran sekaligus mempercepat proses time to market. Oleh karena itu, segera hubungi kami untuk strategi bisnis yang lebih efisien untuk mendapatkan tenaga kerja IT yang Anda butuhkan! Tim KAZOKKU akan dengan senang hati membantu Anda!

Artikel Terkait

Contact Us