Tugas IT Project Manager Outsourcing yang Perlu Anda Ketahui
Published February 17, 2023

Tugas IT Project Manager Outsourcing yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja tugas IT Project Manager? Jika Anda saat ini memiliki rencana untuk menggunakan jasa IT project manager outsourcing, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan apa saja tugas dan tanggung jawab spesialis IT tersebut. Silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Seperti yang kita ketahui, saat ini teknologi sudah semakin maju dan ada begitu banyak perusahaan yang melakukan transformasi digital. Perusahaan-perusahaan dari berbagai bidang industri mengembangkan sebuah sistem modern yang bisa meningkatkan keuntungan bisnisnya. Mereka mengembangkan aplikasi atau website untuk menawarkan layanannya secara digital sehingga bisa dijangkau oleh para pelanggan dengan lebih mudah.

Nah, dalam proses pengembangan sistem tersebut, perusahaan harus bisa mengelola proyek pengembangan website atau aplikasi dengan baik. Perusahaan harus bisa melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan pengembangan sistem agar aplikasi atau website yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik serta bisa dipublish sesuai deadline yang telah ditentukan.

Untuk membantu proses tersebut, perusahaan membutuhkan IT Project Manager yang profesional. Mereka membuka lowongan Project Manager untuk bisa menemukan seseorang yang ahli mengelola proyek IT. Jika Anda masih asing dengan tugas IT Project manager, berikut kami sediakan penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Apa Itu IT Project Manager?

IT Project Manager adalah profesi yang bertugas untuk membantu merencanakan dan melaksanakan proyek IT di sebuah perusahaan. Seorang IT Project Manager  harus bisa memikirkan detail proyek IT dengan baik, mulai dari menangani permintaan yang terus berubah, mengelola budget atau anggaran yang sudah ditentukan, sampai merilis aplikasi/website ke end user sesuai dengan deadline yang telah disepakati bersama.

Perlu Anda ketahui, IT Project Manager ini juga sering disebut dengan istilah lain seperti Technical Project Manager, IT Operation Manager, atau IT Manager. Jadi, setiap perusahaan bisa saja menyebut profesi ini dengan istilah yang berbeda. Meskipun demikian, secara garis besar tugas dan tanggung jawab yang diemban tetaplah sama.

Nah, untuk IT Project Manager outsourcing sendiri merupakan tenaga alih daya yang menangani proyek-proyek IT seperti pengembangan website, pengembangan aplikasi seluler, cloud computing, dan masih banyak lagi. IT Project Manager tersebut akan bekerja di suatu perusahaan dengan lama masa kerja sesuai dengan kontrak yang telah disepakati oleh perusahaan dengan vendor penyedia jasa IT outsourcing. 

Baca Juga: Berapa Harga Jasa IT Outsourcing? Cek, di Sini Cara Memperkirakannya!

Apa Tugas IT Project Manager Outsourcing?

Meskipun IT Project Manager outsourcing merupakan tenaga alih daya yang disediakan oleh vendor/agensi namun mereka tetap memiliki tanggung jawab yang sama seperti IT Project Manager pada umumnya. Mereka juga memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni untuk mengelola proyek IT dengan baik. Berikut ini adalah tugas IT Project Manager yang perlu Anda ketahui.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

1. Initiating

Tugas IT Project Manager yang pertama adalah memulai proyek dengan memahami apa kebutuhan end user, tujuan bisnis, serta ruang lingkup proyek.  Mereka akan mengidentifikasi dan mendiskusikan informasi ini dari internal dan external stakeholders di perusahaan tempat mereka bekerja. Jika proyek mendapat “lampu hijau”, maka IT Project Manager akan membuat piagam proyek atau Project Initiation Document (PID) untuk menguraikan tujuan dan persyaratan proyek tersebut.

2. Planning

Tugas IT Project Manager yang selanjutnya adalah melakukan perencanaan. Nantinya, rencana yang ditetapkan selama proses ini dapat membantu IT Project Manager untuk bisa mengawasi ruang lingkup, biaya, sumber daya yang tersedia, serta jadwal pengerjaan proyek.

3. Executing

Tugas IT Project Manager adalah melakukan manajemen proyek untuk mendapatkan hasil yang berkualitas secara tepat waktu dan sesuai dengan budget. Untuk bisa mencapainya, maka IT Project Manager juga akan melakukan manajemen tugas, manajemen jadwal, melakukan pengelolaan biaya, serta memberikan konsultasi dan saran strategis untuk pemecahan masalah.

4. Monitoring

IT Project Manager akan memantau kemajuan proyek dan memastikan bahwa semua aktivitas yang terjadi sesuai dengan rencana manajemen proyek yang sudah dibuat. Oleh karena itu, mereka akan terus berkomunikasi secara profesional dan teratur dengan tim proyek, stakeholder, ataupun pihak management.

5. Closing

Saat produk digital telah selesai dikembangkan dan memiliki kualitas yang baik, maka IT Project Manager akan memeriksa bahwa semua pekerjaan telah diselesaikan dan memastikan bahwa proyek yang dikerjakan telah memenuhi tujuan yang ditetapkan. Untuk menutup proyek, IT Project Manager perlu mendapatkan konfirmasi dari semua pihak mulaid dari stakeholders hingga tim di dalamnya. Mereka juga akan secara resmi merilis sumber daya yang dipergunakan selama proyek baik itu anggota tim, kontraktor eksternal, atau yang lain.

Keterampilan yang Diperlukan untuk Menjadi IT Project Manager

Untuk bisa menjadi IT Project Manager, terdapat beberapa keterampilan yang harus dikuasai seperti:

1. Menguasai metodologi manajemen proyek

Sebagai IT project manager, Anda harus menguasai metodologi manajemen proyek. Untuk bidang IT sendiri, terdapat beberapa metodologi yang umum dipergunakan yaitu Agile, Waterfall, Scrum, Kanban, dan lain-lain.

2. Proses manajemen proyek 

IT Project Manager juga harus memahami dan menguasai cara mengelola setiap tahapan atau proses manajemen proyek. Berdasarkan PMBOK Guide (Project Management Body of Knowledge) yang dikembangkan oleh Project Management Institute (PMI), proses atau tahapan manajemen proyek tersebut terdiri dari lima tahap yaitu Initiating, Planning, Execution, Monitoring, dan Closing.

3. Memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang teknologi 

Karena Anda akan bekerja untuk mengelola proyek IT maka Anda juga perlu memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang teknologi. Sebagai contoh, jika Anda mengelola tim back end dan front end developer untuk pengembangan website, maka akan sangat membantu jika Anda juga memiliki pengetahuan teknis di bidang tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perusahaan Outsourcing Dibutuhkan Banyak Bisnis 

KAZOKKU Sediakan IT Project Manager Outsourcing untuk Anda

Dari penjelasan di atas bisa Anda pahami bahwa tugas yang dilakukan oleh IT Project Manager memiliki peran penting untuk kesuksesan proyek Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mempekerjakan seorang IT Project Manager profesional dan berpengalaman agar proyek bisa dikelola dengan sebaik mungkin.

Jika Anda saat ini sedang mencari IT Project Manager atau Technical Project Manager, maka Anda bisa menghubungi KAZOKKU. Kami dapat menyediakannya untuk perusahaan Anda.

Selain itu, kami juga dapat menyediakan beragam spesialis IT yang dapat mendukung kesuksesan proyek Anda, mulai dari  Java Developer, .Net Developer, React.JS Developer, Vue.JS Developer, dan masih banyak lagi. Silakan klik Layanan IT Outsourcing KAZOKKU untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan ini.

KAZOKKU dapat menyediakan kontrak kerja jangka pendek dan bisa memberikan garansi replacement. Hubungi kami sekarang juga! Kami memberikan layanan konsultasi GRATIS!

Artikel Terkait

Contact Us