Tips Memilih Vendor Outsourcing IT Terbaik untuk Perusahaan Anda
Published

Tips Memilih Vendor Outsourcing IT Terbaik untuk Perusahaan Anda

Ada semakin banyak perusahaan yang mengandalkan vendor outsourcing IT untuk menyediakan tenaga IT profesional yang dapat membantu mengerjakan proyek pengembangan perangkat lunak. Hal ini umumnya dilakukan untuk menghemat waktu karena mereka bisa mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Jika saat ini Anda sedang berencana untuk menggunakan jasa outsourcing, berikut ini kami sajikan beberapa tips memilih vendor outsourcing IT yang tepat. Yuk, simak!

Vendor outsourcing IT adalah perusahaan atau agensi yang menyediakan dan menyalurkan spesialis IT ke perusahaan yang membutuhkan. Bekerja sama dengan vendor outsourcing IT ini akan memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan Anda. Beberapa di antaranya seperti mengurangi biaya pengembangan, mempercepat time-to-market, serta dapat menjadi salah strategi agar perusahaan bisa tetap menjadi yang terdepan di tengah persaingan bisnis.

Selain itu, memanfaatkan layanan outsourcing IT juga memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan keahlian yang tidak tersedia di dalam perusahaannya. Dengan demikian, maka perusahaan Anda bisa mengembangkan proyek digital yang kompleks dan lebih inovatif karena Anda bisa mendapatkan beragam tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Meskipun outsourcing bisa memberikan beragam keuntungan, namun sayangnya banyak perusahaan yang tidak mengetahui bagaimana cara menemukan vendor outsourcing IT yang tepat. Akibatnya, perusahaan bisa mengalami kerugian seperti gagalnya proyek pengembangan perangkat lunak.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda agar bisa menemukan vendor outsourcing IT terbaik, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Silakan simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perusahaan Outsourcing Dibutuhkan Banyak Bisnis

Tips Memilih Vendor Outsourcing IT Terbaik

1. Pilih vendor yang sudah berpengalaman

Ketika Anda mencari vendor outsourcing untuk menemukan tenaga kerja IT yang bisa membantu pengembangan perangkat lunak, maka Anda harus mencari vendor yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menghubungi vendor secara langsung untuk menanyakan proyek-proyek apa saja yang pernah dikerjakan oleh tenaga kerja outsourcing yang dimilikinya. 

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa apakah vendor outsourcing IT yang Anda pilih memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi, serta mengikuti tren teknologi terbaru yang sedang berkembang. Hal ini perlu dilakukan karena teknologi akan terus berubah dan berkembang sehingga perusahaan Anda dapat beradaptasi dengan mudah jika Anda memiliki tenaga kerja outsourcing yang uptodate dengan tren teknologi. 

2. Periksa track record vendor outsourcing IT

Sebelum menandatangani kontrak kerja sama, Anda perlu memeriksa track record vendor outsourcing tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah mereka bisa memberikan pelayanan yang memuaskan serta dapat menyediakan tenaga kerja yang berkualitas untuk para kliennya.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, contohnya seperti melakukan riset tentang proyek dan kerjasama antara vendor dengan klien sebelumnya. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menghubungi klien-klien dari vendor outsourcing IT tersebut untuk menanyakan apakah mereka mendapatkan pelayanan dan hasil yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

3. Pilih vendor outsourcing IT dengan komunikasi yang baik

Komunikasi yang dapat berjalan dengan baik dan lancar juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda prioritaskan. Bahkan jika Anda bekerjasama dengan vendor outsourcing yang paling berpengalaman sekalipun akan menjadi sia-sia jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan lancar. Oleh karena itu, Anda harus menetapkan aturan kerja sama yang jelas dan dapat dipahami dengan mudah.

Selain itu, sebelum bekerjasama dengan vendor atau agensi penyedia tenaga kerja, Anda juga perlu memastikan beberapa hal. Contohnya seperti apakah mereka dapat menanggapi pertanyaan dengan cepat? Bisakah mereka mengkomunikasikan ide-ide mereka dengan jelas dan dapat dimengerti? Apakah mereka dapat membantu memberikan saran-saran terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda? Jika jawaban dari semua pertanyaan ini adalah “ya”, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa vendor tersebut memiliki pelayanan yang baik.

4. Lihat budaya perusahaan

Menilai budaya perusahaan yang dibangun oleh vendor outsourcing IT dapat memberikan Anda pemahaman mengenai bagaimana cara mereka mengelola tenaga kerja alih daya yang dimilikinya. Selain itu, dari budaya perusahaan Anda juga dapat mengidentifikasi nilai-nilai yang mereka tanamkan dalam tim serta prinsip yang mereka pegang. Cari tahu juga skema kerja yang bisa mereka sediakan, apakah mereka menyediakan sistem remote, onsite, atau hybrid. Dengan demikian, maka Anda bisa memilih opsi skema kerja yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Pada dasarnya, mengevaluasi budaya perusahaan dapat membantu perusahaan Anda untuk mengidentifikasi apakah nilai dan visi dari vendor outsourcing IT selaras dengan perusahaan Anda. Tips ini akan membantu Anda untuk bisa menemukan penyedia layanan IT outsourcing yang paling sesuai dengan budaya perusahaan Anda sendiri. 

5. Pilih vendor dengan keahlian yang sesuai

Banyak vendor outsourcing IT yang beroperasi dengan spesialisasi keahliannya sendiri. Contohnya seperti hanya fokus menyediakan tenaga kerja untuk pengembangan perangkat lunak saja atau hanya dapat menyalurkan IT Support dan IT Help-desk.

Oleh karena itu, sebelum mulai mencari agensi outsourcing, maka sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu kebutuhan di perusahaan Anda. Dengan demikian, maka Anda bisa menemukan vendor IT outsourcing yang bisa mengirimkan tenaga kerja tim yang tepat untuk perusahaan Anda. 

Baca Juga: Kapan Anda Harus Menggunakan Layanan IT Outsourcing (ITO)? Cari Tahu di Sini!

Cari Vendor Outsourcing IT Profesional dan Tepercaya? Hubungi KAZOKKU

KAZOKKU adalah vendor outsourcing IT di Indonesia yang menyediakan spesialis IT untuk pengembangan perangkat lunak seperti aplikasi seluler dan website. Untuk proyek pengembangan perangkat lunak yang lancar serta dengan hasil yang berkualitas, kami dapat mengirimkan tenaga kerja outsourcing IT profesional mulai dari Back-end Developer, Front-end Developer, Software Quality Assurance, Mobile App Developer, dan lain-lain. Selain itu, kami juga dapat mengirimkan Business Analyst dan Project Manager.

Silakan hubungi tim KAZOKKU untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai layanan kami. Anda juga bisa klik Layanan Outsourcing IT KAZOKKU untuk melihat spesialis IT yang dapat kami sediakan untuk perusahaan Anda.

Proses penyediaan tenaga kerja outsourcing IT kami tidak rumit. Bahkan Anda bisa mendapatkan tenaga kerja yang Anda butuhkan dalam waktu yang cepat sehingga proyek digital Anda bisa segera dijalankan. 

Artikel Terkait

Contact Us