Apa Itu Layanan IT Staffing: Jenis & Manfaatnya bagi Perusahaan

Apa Itu Layanan IT Staffing: Jenis & Manfaatnya bagi Perusahaan

Layanan IT staffing adalah jasa untuk menemukan dan mempekerjakan profesional IT yang dapat menyelesaikan tugas atau proyek tertentu. Jasa ini biasanya ditawarkan oleh vendor atau pihak ketiga untuk bisa menemukan kandidat yang memenuhi syarat dengan cepat.

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah ada semakin banyak perusahaan yang mengembangkan website atau aplikasi yang mampu mendukung proses bisnisnya. Hal ini membuat permintaan ahli IT menjadi semakin meningkat.

Di sisi lain, teknologi merupakan suatu hal yang akan terus berkembang dan berubah sehingga menemukan dan mempekerjakan ahli IT yang berkualitas menjadi tantangan besar bagi kebanyak perusahaan. Oleh karena itulah, perusahaan bekerjasama dengan perusahaan penyedia layanan IT staffing untuk membantunya. 

Jika Anda saat ini masih asing dengan istilah IT staffing, berikut kami sediakan penjelasannya untuk Anda. Silak simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Layanan IT Staffing?

Layanan IT staffing adalah jasa untuk menemukan dan mempekerjakan profesional IT yang bisa menyelesaikan tugas atau proyek tertentu. Proses ini sebenarnya dapat diselesaikan secara internal oleh tim HR, tetapi kebanyakan perusahaan cenderung lebih memilih untuk mempercayakan tugas penting ini kepada perusahaan penyedia layanan IT staffing atau juga dikenal sebagai perusahaan IT outsourcing

Vendor atau penyedia layanan ini bisa menyediakan beragam profesional IT, seperti:

Jenis-jenis Layanan Agensi IT Staffing

Agensi IT staffing adalah perusahaan yang menghubungkan spesialis IT dengan perusahaan yang sedang membutuhkannya. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis layanan agensi IT staffing, yaitu:

  • Direct/permanent placement 
  • Temporary/contract 
  • Retained recruiting services
  • Contract-to-hire 

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan .Net Developer Outsourcing

Apa Itu Layanan Temporary/Contract IT Staffing?

Pada dasarnya, temporary/contract staffing adalah layanan untuk menyediakan tenaga kerja secara sementara atau berdasarkan kontrak. Jadi, temporary/contract IT staffing sendiri merupakan layanan untuk menyediakan tenaga ahli IT secara kontrak selama periode tertentu.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Contract IT staffing ini cocok untuk dipilih untuk kondisi-kondisi tertentu, seperti:

  • saat perusahaan kekurangan keterampilan selama periode tertentu, contohnya seperti ketika karyawan internal yang dimiliki perusahaan sedang cuti
  • membutuhkan tenaga kerja untuk proyek khusus
  • membutuhkan tenaga kerja IT untuk membantu tim internal di tengah periode sibuk  

Keuntungan Menggunakan Layanan Temporary/Contract IT Staffing

1. Akses ke keterampilan khusus

Layanan ini memungkinkan perusahaan Anda untuk bisa mempekerjakan karyawan dengan keterampilan tertentu dengan jangka waktu singkat. Perusahaan IT staffing dapat menyediakan tenaga kerja IT profesional sehingga Anda bisa mendapatkan ahli IT yang memiliki keterampilan tingkat tinggi untuk mengerjakan proyek digital Anda.

2. Memenuhi kebutuhan bisnis jangka pendek

Ketika perusahaan mencari tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, maka menggunakan layanan staffing ini bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan menggunakan layanan ini, maka perusahaan Anda akan memiliki  akses ke tenaga kerja terampil untuk durasi waktu yang lebih singkat.  

3. Akses ke talent pool yang lebih besar

Manfaat bekerja dengan perusahaan IT staffing yang berpengalaman adalah mereka memiliki talent pool yang besar. Sebagai konsultan rekrutmen IT, mereka sudah memiliki jaringan kandidat yang terampil. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam waktu cepat. 

4. Temukan orang yang tepat untuk proyek Anda

Perusahaan sering kali kesulitan untuk mengevaluasi apakah kandidat IT yang mereka temukan cocok untuk perusahaannya. Nah, untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka Anda bisa mempergunakan layanan contract IT staffing. 

Layanan ini memungkinkan Anda untuk mempekerjakan kandidat dalam jangka pendek sehingga Anda bisa melihat apakah kandidat tersebut cocok untuk perusahaan Anda. Selain itu, penyedia layanan ini biasanya juga dapat menyediakan pengganti jika Anda merasa tidak cocok dengan tenaga kerja yang dikirimkan.  

5. Menghindari PHK karyawan full-time

Saat Anda mempekerjakan karyawan full-time untuk mengerjakan proyek dengan jangka yang pendek, maka kemungkinan besar perusahaan akan melakukan pemutusan hubungan kerja dengan karyawan tersebut ketika proyek selesai. Padahal, karyawan full-time pada umumnya ingin bekerja untuk jangka yang panjang. Nah, untuk menghindari masalah ini, maka sebaiknya Anda menggunakan layanan contract staffing untuk proyek yang membutuhkan waktu pengerjaan singkat.

6. Mengurangi beban kerja departemen SDM

Memanfaatkan layanan ini dapat meringankan beban  departemen SDM Anda. Agensi IT staffing akan membantu perusahaan Anda untuk menemukan tenaga kerja yang dibutuhkan sekaligus mengelolanya. Dengan cara ini, maka tim SDM di perusahaan Anda dapat fokus mengelola tenaga kerja internal yang Anda miliki.

Baca Juga: Mobile App Developer: Native atau Hybrid Developer yang Harus Dipekerjakan?

Kunci Keberhasilan dalam Menggunakan Layanan IT Staffing

Kunci keberhasilan dalam menggunakan layanan ini adalah menemukan agensi dengan kriteria berikut:

  • Memiliki jaringan talenta berkualitas yang luas 
  • Memiliki reputasi yang baik dan layanan yang berkualitas
  • Menawarkan opsi layanan yang lengkap
  • Dapat beradaptasi dan fleksibel sesuai kebutuhan Anda
  • Berspesialisasi di industri IT

Agensi atau perusahaan penyedia layanan staffing dengan kriteria di atas akan memberikan pelayanan terbaik untuk perusahaan Anda. Selain dapat menyediakan tenaga kerja yang profesional, mereka juga dapat mengirimkannya dalam waktu yang cepat sehingga Anda bisa segera menjalankan proyek. Kriteria yang kami sebutkan di atas, bisa Anda temukan pada KAZOKKU.

KAZOKKU, Agensi IT Staffing Profesional di Indonesia

KAZOKKU adalah agensi yang menyediakan layanan temporary IT staffing. Kami dapat mengirimkan spesialis IT untuk proyek pengembangan perangkat lunak dengan beragam keterampilan seperti berikut:

Jika Anda saat ini sedang mencari ahli IT atau membutuhkan layanan temporary IT staffing, silakan klik Layanan IT Outsourcing KAZOKKU. Anda juga bisa menghubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Tim KAZOKKU akan dengan senang hati membantu Anda.

Artikel Terkait

Contact Us