Apa Itu JavaScript & Fungsinya dalam Pengembangan Website

Apa Itu JavaScript & Fungsinya dalam Pengembangan Website

Apa itu JavaScript? JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web interaktif. Pelajari apa itu JavaScript sekaligus fungsinya pada artikel kami berikut ini.

KAZOKKU adalah perusahaan IT Outsourcing Indonesia yang menyediakan tenaga kerja ahli di bidang pengembangan software seperti tenaga kerja outsourcing React.JS, Vue.JS, dan Angular.JS Developer. Tenaga kerja outsourcing tersebut memiliki keterampilan dalam menggunakan kerangka kerja (framework) JavaScript untuk pengembangan user interface (UI) di aplikasi web. Namun apa itu JavaScript? Apa saja fungsi dari bahasa pemrograman tersebut? Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web interaktif. JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang paling umum digunakan dalam pengembangan web dan sudah ada sejak awal tahun 1990-an untuk memberikan kemampuan interaktif pada halaman web. Tanpa JavaScript, halaman web yang Anda kembangkan akan menjadi statis dan terlihat membosankan.

JavaScript biasanya dieksekusi di sisi klien (client-side), yang berarti kode JavaScript dieksekusi di browser web pengguna. Hal ini memungkinkan developer untuk bisa mengontrol interaksi halaman web secara dinamis. 

Dalam proses pengembangan website, JavaScript digunakan untuk mengubah elemen HTML, memanipulasi data, merespons tindakan pengguna, mengirim permintaan ke server, mengelola cookie, dan masih banyak lagi. Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan untuk membuat website yang lebih kompleks dengan menggunakan kerangka kerja (framework) seperti React, Angular, atau Vue.js.

Perlu Anda ketahui, JavaScript memiliki sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman C dan Java. Meskipun demikian, JavaScript memiliki fokus yang lebih pada interaksi dengan elemen-elemen web. Bahasa pemrograman ini juga mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming), pemrograman berbasis peristiwa (event-driven programming), dan pemrograman fungsional (functional programming).

JavaScript telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling penting dan banyak digunakan dalam pengembangan web. Kemampuan JavaScript yang terus berkembang menjadikannya sebagai bahasa pemrograman yang bekerja dengan sangat baik untuk menciptakan pengalaman interaktif dan dinamis pada website.

Baca Juga: Alasan Mengapa JavaScript Developer Akan Terus Dibutuhkan oleh Perusahaan

Apa Fungsi JavaScript dalam Pengembangan Website?

Setelah memahami apa itu JavaScript, berikut adalah fungsi bahasa pemrograman tersebut dalam pengembangan website.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

1. Merespon interaksi pengguna

JavaScript memungkinkan interaksi antarmuka pengguna yang dinamis dan responsif. Dengan JavaScript, Anda dapat merespon tindakan pengguna, seperti mengklik tombol, mengisi formulir, menggerakkan mouse, atau menggulir halaman. Selain itu, dengan JavaScript Anda juga dapat memvalidasi input pengguna, mengubah tampilan halaman, menampilkan pesan peringatan, atau memicu tindakan lainnya berdasarkan interaksi pengguna.

2. Manipulasi dan pengendalian DOM

JavaScript memungkinkan manipulasi elemen HTML dan struktur halaman menggunakan DOM (Document Object Model). Anda dapat menambahkan, menghapus, atau memodifikasi elemen HTML, mengubah atribut, mengganti isi teks, atau mengubah tata letak halaman. Dengan JavaScript, Anda dapat membuat perubahan pada elemen HTML secara dinamis berdasarkan kondisi atau interaksi pengguna.

3. Validasi formulir

JavaScript memungkinkan validasi formulir di sisi klien sebelum data dikirim ke server. Dengan demikian, Anda dapat memeriksa apakah input pengguna pada formulir sudah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan, seperti memastikan bidang yang dibutuhkan tidak dibiarkan kosong, memvalidasi format email, memeriksa panjang kata sandi, dan sebagainya. Dengan menggunakan JavaScript, Anda dapat memberikan umpan balik instan kepada pengguna tentang kesalahan input sebelum data dikirim.

4. Membuat animasi dan efek visual

JavaScript juga berfungsi untuk membuat animasi, efek visual, dan perubahan tampilan halaman yang menarik. Dengan memanfaatkan bahasa pemrograman ini, Anda dapat membuat animasi perpindahan elemen, perubahan warna, efek transparansi, perubahan ukuran, dan masih banyak lagi. Saat JavaScript dan CSS dipergunakan maka website yang dikembangkan dapat memberikan pengalaman visual yang interaktif dan menarik kepada pengguna.

5. Pemanggilan HTTP (AJAX)

JavaScript memungkinkan pemanggilan asinkron ke server menggunakan teknik yang dikenal sebagai AJAX (Asynchronous JavaScript and XML). Dengan AJAX, Anda dapat mengambil dan mengirim data ke server tanpa harus memuat ulang seluruh halaman. Hal ini memungkinkan pengembangan aplikasi web yang responsif dan dapat memperbarui konten secara dinamis.

6. Pembuatan aplikasi web yang kompleks

JavaScript juga digunakan untuk mengembangkan aplikasi web yang lebih kompleks, baik di sisi klien maupun sisi server. Dengan kerangka kerja JavaScript seperti React, Angular, atau Vue.js, Anda dapat membangun aplikasi web yang kuat dan interaktif. Di sisi server, saat menggunakan runtime seperti Node.js maka JavaScript dapat digunakan untuk mengembangkan server web, API (Application Programming Interface), dan aplikasi berbasis server lainnya.

7. Integrasi dengan API

JavaScript memungkinkan integrasi dengan berbagai API (Application Programming Interface) untuk mengakses dan memanfaatkan data dan layanan dari pihak ketiga. Contohnya adalah mengambil data dari API Twitter untuk menampilkan tweet terbaru, menggunakan API Google Maps untuk menampilkan peta interaktif, atau memanfaatkan Open Finance API untuk untuk mengintegrasikan metode pembayaran yang aman dan efisien ke dalam website. 

Baca Juga: Memahami Apa Itu Brainware & Peran Pentingnya untuk Teknologi Informasi

Kerangka Kerja (Framework) JavaScript Populer

1. React.JS

React.JS adalah kerangka kerja JavaScript yang digunakan untuk membangun antarmuka pengguna (UI) interaktif. Perlu diketahui bahwa  React.JS menggunakan komponen reusable untuk memisahkan logika dan tampilan sehingga memudahkan pengembangan dan pemeliharaan website. React.JS juga menggunakan Virtual DOM untuk meningkatkan performa pembaruan tampilan.

2. Angular.JS 

Angular.JS adalah kerangka kerja JavaScript yang dikembangkan oleh Google. Angular.JS memungkinkan pengembang untuk membangun website yang kompleks dengan arsitektur yang terstruktur. Kerangka kerja ini menyediakan banyak fitur, seperti manajemen state, routing, validasi form, dan integrasi dengan API.

3. Vue.JS

Vue.JS adalah kerangka kerja JavaScript yang fleksibel dan mudah dipelajari. Framework Vue.JS ini dirancang untuk membangun antarmuka pengguna yang kompleks dengan menggunakan komponen yang dapat digunakan kembali. Kerangka kerja ini fleksibel dan memiliki dokumentasi yang baik.

Baca Juga: Cari Tenaga Kerja IT Outsourcing Backend Developer, Frontend Developer, & Mobile Developer? Ini Solusinya!

Membutuhkan React.JS, Vue.JS,dan Angular.JS Developer? Hubungi KAZOKKU

KAZOKKU merupakan perusahaan IT Outsourcing di Indonesia yang menawarkan tenaga ahli di bidang IT untuk membantu pengerjaan proyek digital di perusahaan Anda. Untuk mendukung pengembangan perangkat lunak yang sukses, kami dapat menyediakan tenaga kerja outsourcing seperti Front End Developer (React.JS, Vue.JS, dan Angular.JS), Back End Developer (Java, .Net, Golang,Node.JS ,dan PHP), Project Manager Outsourcing, dan masih banyak lagi.

Layanan kami tersedia untuk proyek jangka pendek ataupun panjang sehingga Anda dapat memilih kontrak kerja sama secara fleksibel. Selain itu, kami juga memiliki garansi penggantian tenaga kerja outsourcing. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai layanan kami. KAZOKKU akan memberikan pelayanan terbaik untuk perusahaan Anda. 

Artikel Terkait

Contact Us