IT Staff Augmentation: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

IT Staff Augmentation: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

IT Staff Augmentation adalah suatu praktik di mana sebuah perusahaan akan menyewa tenaga kerja tambahan di bidang teknologi informasi (IT) untuk membantu melengkapi tim internal mereka. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan berbagai hal tentang layanan IT Staff Augmentation. Silakan simak penjelasan berikut.

Layanan IT Staff Augmentation di Indonesia sudah semakin mudah untuk ditemukan. Layanan tersebut bisa menjadi solusi yang tepat jika perusahaan Anda sedang ingin mengembangkan tim software development namun sulit untuk menemukan kandidat yang tepat.

Secara garis besar, solusi tersebut akan memungkinkan suatu perusahaan untuk mempekerjakan tenaga kerja IT eksternal untuk bekerja bersama tim internal. Dengan demikian, maka perusahaan bisa mendapatkan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan proyek secara lebih efisien.

Apa Itu IT Staff Augmentation?

IT Staff Augmentation adalah suatu praktik di mana sebuah perusahaan akan menyewa tenaga kerja eksternal yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi (IT) untuk membantu melengkapi tim internal mereka. Dalam konteks ini, perusahaan dapat menyewa individu atau tim ahli IT dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek atau tugas tertentu.

IT Staff Augmentation juga bisa dikatakan sebagai strategi pengelolaan tenaga kerja yang melibatkan proses perekrutan tenaga kerja untuk mengisi posisi tertentu di dalam perusahaan selama jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa memperoleh tenaga kerja back-end developer dan front-end developer selama beberapa bulan untuk membantu mengembangkan fitur tertentu di dalam proyek pengembangan website. Perlu diketahui, pendekatan ini merupakan bentuk outsourcing di mana ahli IT akan dimanfaatkan untuk mengisi kekosongan keterampilan/posisi tertentu di dalam tim Anda.

IT Staff Augmentation memungkinkan perusahaan untuk memperluas tim IT mereka dengan cara menyewa sumber daya manusia (SDM) tambahan dari luar perusahaan. Biasanya, perusahaan akan mengontrak tenaga ahli IT eksternal melalui perusahaan outsourcing profesional atau penyedia layanan IT yang khusus dalam penyediaan sumber daya manusia terlatih di bidang teknologi informasi.

Baca Juga: Mencari Ahli IT Terbaik Melalui Perusahaan Outsourcing Profesional Indonesia

5 Manfaat IT Staff Augmentation bagi Perusahaan

1. Time to market yang lebih cepat

Perusahaan Anda mungkin kekurangan software developer profesional dengan keterampilan yang relevan. Hal ini tentu dapat sangat menghambat kinerja Anda dalam mengerjakan proyek tertentu. 

Nah, dengan memanfaatkan layanan IT Staff Augmentation, maka perusahaan dapat memperoleh keterampilan dan keahlian yang diperlukan dengan cepat. Misalnya, suatu perusahaan yang bergerak di industri kesehatan perlu mengembangkan aplikasi telemedicine untuk memenuhi permintaan yang meningkat terhadap layanan perawatan kesehatan virtual. Dengan memanfaatkan layanan IT Staff Augmentation ini, maka perusahaan dapat dengan cepat mendatangkan ahli IT dengan pengalaman dalam mengembangkan aplikasi serupa, sehingga memungkinkan mereka untuk meluncurkan inovasi baru dengan lebih cepat.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

2. Mendapatkan keterampilan secara fleksibel

Staff augmentation memberikan tingkat fleksibilitas yang tinggi, memungkinkan Anda untuk dengan cepat meningkatkan atau mengurangi jumlah tenaga kerja sesuai dengan perubahan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, perusahaan Anda sedang mengerjakan proyek baru dan membutuhkan keterampilan IT khusus yang tidak dimiliki oleh tim Anda saat ini. Alih-alih mempekerjakan karyawan tetap dengan keterampilan tersebut, Anda dapat bekerja dengan penyedia layanan IT Staff Augmentation untuk menyewa pekerja sementara dengan keterampilan yang dibutuhkan. 

Pendekatan tersebut memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi karena Anda dapat dengan cepat mendapatkan keahlian yang diperlukan ke dalam tim Anda tanpa harus melakukan perekrutan jangka panjang. Setelah proyek selesai, Anda dapat dengan mudah mengakhiri kontrak dengan pekerja sementara tersebut.

3. Biaya tenaga kerja yang lebih rendah

Benefit yang selanjutnya adalah biaya tenaga kerja yang lebih rendah. Perlu diketahui bahwa ketika sebuah perusahaan menyewa pekerja sementara melalui penyedia IT Staff Augmentation, maka mereka dapat  menghemat biaya tenaga kerja yang perlu dikeluarkan. 

Hal tersebut bisa diperoleh karena pekerja sementara biasanya dipekerjakan berdasarkan proyek, sehingga perusahaan dapat menghindari pengeluaran untuk pembayaran asuransi kesehatan, asuransi pensiun, atau yang lain. Hal tersebut pada akhirnya bisa menjadi strategi untuk penghematan biaya yang signifikan dalam jangka panjang. Selain itu, IT Staff Augmentation juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja dari wilayah dengan biaya Upah Minimum Provinsi (UMP) yang lebih rendah. 

Baca Juga: Cari Tenaga Kerja IT Outsourcing Backend Developer, Frontend Developer, & Mobile Developer? Ini Solusinya!

Bagaimana Cara Memilih Perusahaan Penyedia IT Staff Augmentation?

Tidak semua perusahaan IT Staff Augmentation dapat diandalkan karena kualitas layanan yang mereka tawarkan dapat bervariasi. Beberapa perusahaan mungkin tidak memiliki proses penyaringan ketat sehingga kandidat yang dikirimkan tidak memiliki keterampilan yang berkualitas. Selain itu, beberapa penyedia solusi ini mungkin juga kurang transparan dalam penetapan harga atau memiliki ketentuan kontrak yang kaku. 

Nah, jika Anda sedang mencari vendor IT Staff Augmentation di Indonesia yang dapat diandalkan, maka periksa poin-poin berikut sebelum menjalin kerja sama:

1. Pengalaman dan keahlian

Cari perusahaan dengan rekam jejak yang terbukti dalam menyediakan layanan ini. Anda bisa memeriksa bagaimana kemampuan mereka dalam menyediakan tenaga kerja IT profesional dengan melakukan riset di internet. Cari tahu tenaga kerja apa saja yang bisa mereka sediakan, periksa siapa saja klien sebelumnya, serta lihat testimoni yang mereka peroleh. Pastikan untuk memilih  perusahaan yang ahli di bidang keterampilan khusus sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

2. Kualitas kandidat

Poin penting selanjutnya adalah terkait kualitas kandidat. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengevaluasi bagaimana proses penyaringan dan seleksi yang mereka lakukan. Selain itu, tanyakan juga kriteria mereka saat memilih dan memverifikasi kandidat, program pelatihan yang diberikan, serta bagaimana cara mereka dalam menjaga kualitas talenta yang mereka miliki.

3. Fleksibilitas dan skalabilitas

Pilih perusahaan yang dapat memberikan tingkat fleksibilitas dan skalabilitas yang tepat. Cari perusahaan yang dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan bisnis Anda dan mampu menyediakan tenaga kerja tambahan saat diperlukan.

4. Komunikasi dan kolaborasi

Pastikan perusahaan yang Anda pilih komunikatif dan bisa memberikan respon dengan cepat serta tepat. Pastikan tim mereka mudah dihubungi sehingga kolaborasi dan kerja sama bisa berjalan dengan lancar.

5. Penetapan harga dan penagihan.

Cari perusahaan IT Staff Augmentation dengan model penetapan harga yang transparan dan memiliki proses penagihan yang sederhana. Selain itu, sebaiknya pilih perusahaan yang menawarkan opsi penetapan harga yang fleksibel sesuai dengan anggaran Anda.

KAZOKKU adalah perusahaan IT Staff Augmentation terbaik di Indonesia. Kami merupakan perusahaan outsourcing Jakarta terbaik yang fokus menyediakan ahli IT untuk pengembangan software. Saat ini kami memiliki banyak kandidat siap kerja, mulai dari back-end developer, front end developer, project manager, dan masih banyak lagi. Kami juga dapat menyediakan layanan outsourcing IT dengan harga yang fleksibel sesuai anggaran Anda. Silakan hubungi kami sekarang!

Artikel Terkait

Contact Us