Apa Itu Programmer: Jenis & Panduan untuk Mendapatkan Programmer yang Tepat

Apa Itu Programmer: Jenis & Panduan untuk Mendapatkan Programmer yang Tepat

Apa itu programmer? Programmer adalah individu yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi komputer. Simak artikel kami berikut, kami akan memberikan penjelasan selengkapnya mengenai apa itu programmer, jenis-jenisnya, dan panduan untuk mendapatkan programmer yang tepat. 

Perlu Anda ketahui, saat ini terdapat beberapa jenis programmer dengan keterampilan dan fokus yang berbeda-beda. Jika bisnis Anda sedang merencanakan pengembangan suatu perangkat lunak, maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu programmer serta jenis programmer yang sebaiknya dilibatkan dalam proyek tersebut

Apa Itu Programmer?

Programmer adalah profesi yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Perlu Anda ketahui bahwa seorang programmer pada umumnya akan bertanggung jawab secara keseluruhan untuk produk perangkat lunak yang dikembangkan. Jadi, programmer juga memiliki kemampuan untuk mengedit, memperbarui, memperluas, dan menguji kode yang sudah ada untuk meningkatkan kualitasnya.

Saat mengembangkan suatu sistem, mereka akan menggunakan bahasa pemrograman. Contohnya seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, Java, C++, C#, ASP.NET, dan lain-lain.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Brainware & Peran Pentingnya untuk Teknologi Informasi

Jenis-jenis Programmer

Setelah Anda mengetahui apa itu programmer, selanjutnya Anda perlu memahami berbagai jenis ahli pemrograman. Dengan demikian, maka Anda bisa membuat keputusan yang tepat saat membentuk tim pengembangan proyek dan merekrut spesialis yang sesuai untuk proyek Anda. Berikut adalah jenis-jenis programmer dan tugasnya secara garis besar.

1. Frontend Developer

Frontend Developer bertanggung jawab untuk mengembangkan user interface (UI) dan user experience (UX) di sisi depan (client-side) aplikasi/website. Mereka menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk menciptakan antarmuka yang ramah pengguna dan menarik secara visual. Selain itu, mereka juga akan bekerja sama dengan desainer dan front-end developer lainnya untuk memastikan bahwa situs web/aplikasi yang dikembangkan memiliki user interface dan user experience yang menarik dan menyenangkan untuk digunakan. Saat ini, ada banyak jenis programmer yang dapat melakukan pengembangan frontend dari sebuah website/aplikasi seperti React.JS Developer, VueJS Developer, Angular Developer, dll.

2. Backend Developer

Backend Developer fokus pada pengembangan sisi backend dan server dari sebuah situs web/aplikasi. Para Backend Developer akan menciptakan logika dan fungsionalitas yang dapat menggerakkan antarmuka yang telah dikembangkan oleh Frontend Developer. Dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, PHP, .NET, Golang, NodeJS dan C#, mereka membangun sisi backend, server, database, dan API. 

Perlu diketahui ada banyak jenis-jenis programmer yang dapat mengembangkan sisi backend dari sebuah aplikasi. Beberapa di antaranya seperti Java Programmer, .NET Programmer, Golang Developer, NodeJS Developer, PHP Developer, dll.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

3. Full Stack Developer

Full Stack Developer memiliki keahlian di kedua sisi pengembangan, yaitu front-end dan back-end sehingga mereka dapat menghandle seluruh proses pengembangan aplikasi, dari awal hingga selesai. Pemahaman menyeluruh mereka tentang proses pengembangan membuat Full Stack Developer menjadi aset berharga, karena mereka memiliki fleksibilitas dan keahlian dI berbagai area. Saat ini ada banyak programmer yang dapat menguasai pengembangan sisi frontend dan backend dari suatu aplikasi. Contohnya seperti programmer yang dapat menggunakan Java dan ReactJS, programmer yang menguasai .NET dan VueJS, dll.

4. Mobile App Developer

Mobile App Developer memiliki tugas untuk membangun aplikasi perangkat seluler seperti smartphone dan tablet. Untuk mengembangkan aplikasi Android mereka akan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java dan Kotlin, sedangkan untuk mengembangkan aplikasi iOs mereka akan menggunakan Swift dan Objective-C. Selain itu, ada juga Mobile App Developer yang dapat menggunakan cross-platform framework seperti Flutter Developer dan React Native Developer. Mobile App Developer akan bekerja sama dengan desainer untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna (UX) saat menggunakan aplikasi di perangkat seluler. 

Cara Mendapatkan Programmer yang Tepat untuk Proyek Anda

Setelah Anda memahami apa itu programmer dan jenis-jenisnya, kini adalah saatnya mencari programmer yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Untuk memudahkan Anda, berikut kami sediakan panduannya.

Langkah 1: Tentukan Kebutuhan Anda

Pertama, pahami kebutuhan bisnis dan teknis proyek digital Anda. Jadi, tentukan terlebih dahulu, apakah Anda ingin mencari seorang programmer untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak baru atau untuk memelihara aplikasi yang sudah ada? Penting bagi Anda untuk menjadi transparan mengenai tujuan proyek agar dapat dengan tepat menyampaikan harapan Anda kepada calon kandidat.

Selanjutnya, tentukan kebutuhan teknis Anda dengan cara membuat daftar keterampilan dan keahlian tertentu yang dibutuhkan proyek. Misalnya, Anda mungkin membutuhkan programmer yang mahir dalam bahasa pemrograman atau framework tertentu.

Setelah Anda mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan teknis, Anda perlu membuat info lowongan kerja IT dengan informasi yang jelas. Info lowongan kerja yang baik harus menyajikan deskripsi yang informatif, jelas, ringkas, serta mencantumkan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi yang ingin Anda rekrut. Anda juga dapat menyebutkan kisaran gaji atau meninggalkan topik ini untuk pembahasan lebih lanjut selama wawancara tatap muka.

Jangan lupa,  sediakan info profil perusahaan Anda agar kandidat dapat mempelajari misi dan nilai-nilai perusahaan Anda, melihat prestasi Anda, dan memahami tujuan bisnis Anda. Untuk menarik minat kandidat, sebutkan juga benefit yang akan Anda berikan, seperti tunjangan, jam kerja yang fleksibel, bekerja dari rumah, pelatihan dan pengembangan serta peluang untuk pengembangan karir.

Langkah 2: Cari Programmer

Setelah menentukan kebutuhan Anda dan membuat deskripsi lowongan kerja, maka kini saatnya masuk ke tahap pencarian programmer. Perlu Anda ketahui, terdapat tiga solusi yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari programmer yaitu job portal, freelancer marketplace, dan penyedia jasa IT Outsourcing.

Job portal

Job portal memungkinkan perusahaan untuk bisa memposting posisi pekerjaan yang tersedia dan menerima aplikasi dari kandidat. Contoh job portal yang dapat digunakan adalah situs web seperti karir.com, LinkedIn, dll.

Keuntungan menggunakan job portal adalah Anda bisa menerima banyak lamaran dari kandidat potensial, sehingga Anda memiliki peluang besar untuk menemukan kandidat dengan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan. Selain itu, banyak job portal yang memungkinkan Anda untuk menyaring lamaran berdasarkan karakteristik tertentu, termasuk tingkat pendidikan, tahun pengalaman, keterampilan, gaji yang diinginkan, dan lokasi.

Freelance marketplace

Jika Anda ingin mempekerjakan programmer freelance, maka Anda bisa memanfaatkan freelance marketplace. Saat ini adalah banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk mencari tenaga kerja freelance seperti Upwork, Fiverr, dan Freelancer. Platform tersebut memungkinkan perusahaan memposting posisi pekerjaan dan menerima lamaran dari para freelancer yang tersedia.

Keuntungannya yang ditawarkan oleh freelance marketplace adalah platform tersebut memiliki banyak freelancer dengan berbagai keterampilan. Dengan demikian, Anda dapat menemukan spesialis IT dengan keterampilan spesifik di sana. Selain itu, mempekerjakan freelancer juga umumnya lebih fleksibel daripada karyawan penuh waktu. Anda bisa mempekerjakannya berdasarkan proyek atau membayar untuk tugas yang telah selesai dikerjakan.

Penyedia layanan tenaga IT Outsourcing

Mendapatkan programmer dari perusahaan penyedia layanan tenaga IT Outsourcing adalah pilihan yang baik untuk menemukan programmer yang berkualitas. Perusahaan penyedia layanan IT Outsourcing seperti KAZOKKU memahami apa itu programmer sehingga mereka bisa menyarankan jenis programmer yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek Anda.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh saat menggunakan layanan IT Outsourcing. Keuntungan yang pertama adalah Anda bisa mendapatkan programmer yang berkualitas. Perlu Anda ketahui, perusahaan IT Outsource di Indonesia seperti KAZOKU akan melakukan proses screening, test coding, dan technical interview untuk memastikan kliennya bisa memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan harapan.

Penyedia layanan outsourcing juga menawarkan berbagai keunggulan menarik seperti fleksibilitas kontrak sehingga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan jangka waktu kontrak dengan kebutuhan proyek Anda. Proses mendapatkan tenaga IT pun bisa menjadi lebih mudah, cepat, dan hemat karena penyedia layanan memiliki database kandidat atau talent network yang luas. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengerjakan tugas-tugas administratif seperti mengelola pembayaran gaji karyawan, manajemen benefit, pemenuhan kewajiban pajak, pengurusan kontrak/legal, dan tugas administratif lainnya karena semua tugas tersebut menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia layanan tenaga IT Outsourcing.  

Langkah 3: Seleksi Kandidat

Periksa CV dan portofolio

Langkah pertama dalam menilai kandidat adalah menganalisis CV, portofolio, dan referensi mereka. Langkah ini akan memberikan gambaran tentang pengalaman dan keterampilan mereka, serta membantu Anda memutuskan apakah mereka cocok untuk proyek tersebut. Penting juga untuk memverifikasi keabsahan referensi mereka.

Melakukan wawancara

Setelah Anda menilai CV dan menyaring kandidat, tahap selanjutnya adalah melakukan wawancara secara tatap muka atau daring. Berbicara dengan calon karyawan akan memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang pengalaman, keterampilan, attitude,, serta personality kandidat.

Lakukan penilaian teknis (technical assessment)

Melakukan penilaian teknis untuk menilai keterampilan kandidat dapat memberikan bukti nyata tentang keahlian mereka di bidang tersebut. Anda dapat melakukan penilaian teknis secara daring atau tatap muka. Metode pengujian mana pun yang Anda pilih akan membantu Anda menilai kemampuan kandidat dalam bidang software engineering, arsitektur, analisis data, dan lain sebagainya.

 Baca Juga: Tips Menghadapi Online Coding Test, Cek di Sini!

5 Manfaat Utama Mendapatkan Programmer atau IT Developer dari Penyedia Layanan IT Outsourcing

1. Proses lebih cepat dan mudah

Salah satu manfaat utama adalah proses perekrutan yang lebih cepat dibandingkan merekrut secara internal. Penyedia layanan memiliki database programmer yang terampil dan mereka dapat dengan cepat menemukan kandidat yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Terlepas dari ukuran perusahaan Anda, apakah itu startup, bisnis menengah, atau besar, penyedia layanan IT Outsourcing dapat memenuhi kebutuhan Anda. Memanfaatkan layanan ini akan membantu menyederhanakan proses perekrutan, menghemat waktu dan upaya Anda, dan memungkinkan Anda untuk fokus pada kegiatan inti bisnis lainnya.

2. Biaya perekrutan yang lebih rendah

Mempekerjakan programmer dari penyedia layanan IT Outsourcing adalah ide yang bagus karena dapat mengurangi biaya pengeluaran secara signifikan. Ketika Anda merekrut secara internal, Anda perlu memperhatikan gaji, tunjangan karyawan, dan pengeluaran lainnya seperti pajak gaji, asuransi kesehatan, dan lain-lain. Namun, ketika Anda mempekerjakan programmer dari penyedia layanan IT Outsourcing, maka Anda hanya perlu membayar service fee. Dengan demikian, Anda bisa jauh lebih menghemat dan bisa mengalokasikan anggaran dengan lebih efisien.

3. Kandidat sudah diseleksi

Ketika Anda mendapatkan programmer dari penyedia layanan IT Outsourcing, Anda bisa mendapatkan kandidat yang sudah diseleksi dan berkualitas tinggi. Penyedia layanan memiliki proses perekrutan yang ketat dan hanya memilih spesialis IT dengan keahlian terbaik untuk memenuhi kebutuhan klien.

4.  Tidak perlu memikirkan tentang employee retention (mempertahankan talenta)

Manfaat lain dari merekrut programmer dari penyedia layanan IT Outsourcing adalah Anda tidak perlu mengkhawatirkan employee retention karena hal itu sudah ditangani oleh penyedia layanan. Mereka akan mengelola tenaga kerja yang mereka sediakan dengan baik termasuk melakukan tugas administratif yang terkait penggajian, pajak, legal, dll. 

5. Tidak perlu ada komitmen jangka panjang

Mempekerjakan programmer atau IT Developer dari penyedia layanan IT Outsourcing juga memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi. Ketika Anda merekrut secara internal, Anda harus berkomitmen pada kontrak kerja jangka panjang seperti PKWTT yang sulit untuk diakhiri jika Anda tidak lagi membutuhkan jasa mereka. Namun, ketika Anda mempekerjakan programmer dari penyedia layanan IT Outsourcing, maka Anda dapat mempekerjakan mereka selama yang Anda butuhkan dan mengakhiri kontrak kerja sesuai kesepakatan.

Baca Juga: Overview dan Tren IT Outsourcing 2023, Cek Informasinya di Sini!

Dapatkan Programmer Profesional dari KAZOKKU

Sejak tahun 2017, KAZOKKU telah memberikan solusi penyediaan tenaga IT Outsourcing terbaik untuk berbagai klien dari bermacam bidang industri. Kami dapat berperan sebagai konsultan rekrutmen IT dan sudah terbiasa dalam menyalurkan tenaga IT Outsourcing seperti Java programmer, .NET Programmer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Golang Developer, NodeJS Developer, Futter Developer, dan lain sebagainya. Kami memiliki database kandidat programmer berpengalaman dengan berbagai keahlian untuk pengembangan software.

Kesimpulan

Mencari programmer untuk proyek Anda dapat menjadi tugas yang menantang. Namun, kami berharap informasi mengenai apa itu programmer, jenis-jenis, dan panduan yang kami berikan ini bisa membantu Anda untuk memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan programme yang berkualitas. 

Jika Anda membutuhkan bantuan dari penyedia layanan IT Outsourcing, KAZOKKU dengan senang hati akan menyediakan spesialis untuk pengembangan aplikasi mulai dari Software Developer, Software tester, Business Analyst, Project Manager, UI/UX dan lain sebagainya. Kami akan membantu memastikan bahwa tenaga kerja IT yang kami kirimkan sesuai dengan kebutuhan atau kualifikasi Anda. Hubungi kami sekarang!

Artikel Terkait

Contact Us