Contoh Bahasa Pemrograman yang Populer Digunakan Saat Ini
Published July 7, 2023

Contoh Bahasa Pemrograman yang Populer Digunakan Saat Ini

Bahasa pemrograman menjadi fondasi utama yang dibutuhkan dalam pengembangan perangkat lunak. Jika Anda ingin mengetahui contoh bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, silakan simak terus penjelasan kami di artikel berikut ini.

Bahasa pemrograman dapat dikatakan sebagai bahasa komunikasi yang digunakan antara manusia dan komputer. Dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut, maka software developer bisa memberikan instruksi yang dimengerti oleh komputer. 

Sebelum kami informasikan contoh bahasa pemrograman populer, ada baiknya jika kita pahami apa itu bahasa pemrograman terlebih dahulu. Berikut kami sajikan penjelasan selengkapnya untuk Anda. Yuk, simak!

Apa Itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk menulis instruksi dan perintah yang dapat dipahami oleh komputer. Bahasa ini memungkinkan software developer untuk bisa mengkomunikasikan logika dan algoritma pada komputer agar dapat menjalankan tugas tertentu.

Bahasa pemrograman memiliki sintaks dan aturan tertentu yang harus diikuti agar komputer dapat memahami dan menjalankan kode yang ditulis oleh software developer. Perlu Anda ketahui, kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman biasanya terdiri dari serangkaian pernyataan, fungsi, variabel, dan struktur data yang membentuk algoritma atau program.

Dalam pengembangan perangkat lunak, bahasa pemrograman berperan penting dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan serta kegunaan yang berbeda-beda tergantung pada jenis aplikasi yang dibangun.

Seiring dengan kemajuan teknologi, jenis-jenis bahasa pemrograman semakin berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengembangan perangkat lunak yang beragam seperti pengembangan web, aplikasi mobile, artificial intelligence, data analyst, pengembangan game, dan masih banyak lagi. Dengan adanya beragam jenis bahasa pemrograman, para software developer akan memiliki fleksibilitas untuk memilih bahasa yang paling sesuai dengan proyek yang sedang dikerjakan.

Baca Juga: Apa Itu Programmer: Jenis & Panduan untuk Mendapatkan Programmer yang Tepat

Contoh Bahasa Pemrograman Populer

Ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan perangkat. Berikut ini adalah beberapa contoh bahasa pemrograman populer yang umum digunakan:

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

1. C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari C. C++ mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek dan sering digunakan untuk pengembangan perangkat lunak yang kompleks, seperti permainan, aplikasi desktop, dan sistem terdistribusi.

2. C#

C# (dibaca “C sharp”) adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft dan banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak berbasis Windows dan aplikasi web. Bahasa pemrograman C# dirancang dengan menggunakan Object Oriented Programming (OOP) dan berfokus pada keamanan, kesederhanaan, dan integrasi dengan platform Microsoft. Bahasa ini memiliki sintaks yang mirip bahasa C++ dan Java, sehingga para developer yang sudah familiar dengan kedua bahasa tersebut dapat mempelajari bahasa pemrograman C# dengan mudah.

3. Java

Java adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan bagian back-end dari software, aplikasi Android, dan juga website. Java mampu dijalankan di berbagai platform tanpa perlu disusun ulang menyesuaikan platformnya. Hal itu dapat terjadi karena Java memiliki sistem syntax atau kode pemrograman level tinggi di mana ketika dijalankan, syntax akan di-compile dengan Java Virtual Machine (JVM) menjadi kode numeric (bytescode) platform. Dengan demikian, aplikasi Java bisa dijalankan di berbagai perangkat.

4. Python 

Python adalah bahasa pemrograman yang sintaksisnya sederhana dan memungkinkan para software developer untuk menulis kode yang mudah dimengerti. Bahasa pemrograman ini juga juga mendukung paradigma pemrograman yang beragam, termasuk pemrograman prosedural, pemrograman berorientasi objek, dan pemrograman fungsional. Python sering digunakan untuk pengembangan web, analisis data, kecerdasan buatan, dan automasi tugas.

5. JavaScript

Contoh bahasa pemrograman yang selanjutnya adalah JavaScript. Perlu Anda ketahui, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang berjalan di sisi klien (client-side) pada browser web. Bahasa ini umum digunakan untuk mengembangkan aplikasi web interaktif dan dinamis. 

JavaScript sendiri biasanya dikolaborasikan dengan HTML dan CSS, di mana HTML digunakan untuk membuat struktur website sedangkan CSS digunakan untuk merancang style halaman website. Selanjutnya, JavaScript akan berperan untuk menambahkan elemen interaktif yang bisa meningkatkan engagement dengan pengguna.

6. TypeScript

Typescript adalah bahasa pemrograman berbasis JavaScript yang menambahkan fitur strong-typing & konsep pemrograman OOP klasik (class, interface). Di dalam dokumentasinya, TypeScript disebut sebagai super-set dari JavaScript, artinya semua kode JavaScript adalah kode TypeScript juga. Bahasa pemrograman ini menawarkan class, module, dan interface yang membuat developer bisa mengembangkan aplikasi kompleks dengan lebih mudah. Hal inilah yang membedakan TypeScript dengan JavaScript.

7. PHP

PHP juga menjadi salah satu contoh bahasa pemrograman populer. PHP adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses. PHP merupakan bahasa pemrograman server-side, maka script dari PHP nantinya akan diproses di server. Jenis server yang sering digunakan bersama dengan PHP antara lain Apache, Nginx, dan LiteSpeed.

8. Ruby

Ruby sering digunakan dalam pengembangan web dan dikenal melalui framework Ruby on Rails. Ruby adalah contoh bahasa pemrograman berbasis skrip dan berorientasi pada objek. Bahasa pemrograman yang satu ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman open source sehingga bisa digunakan untuk membangun aplikasi web sederhana dengan cepat.

9. Swift

Swift adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple untuk pengembangan aplikasi di platform iOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Daripada Objective-C, bahasa pemrograman ini lebih aman, lebih cepat, dan lebih mudah dipelajari. Bahasa pemrograman ini juga menggabungkan fitur-fitur pemrograman modern, termasuk pengelolaan memori otomatis, tipe data yang kuat, dan sintaksis yang ekspresif. Swift juga memiliki library standar yang kaya dan alat pengembangan yang kuat.

10. Kotlin

Contoh bahasa pemrograman yang selanjutnya adalah Kotlin. Kotlin adalah bahasa pemrograman yang berjalan di atas Java Virtual Machine (JVM) atau juga bisa berjalan menggunakan kompilator LLVM. Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang berbeda dari yang lain dan karena itu Kotlin dapat mengelola pemrograman Android yang cukup kompleks sekaligus menjadi pesaing ketat Java.

11. Go/Golang

Go adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google. Bahasa pemrograman ini dirancang untuk menyediakan kinerja yang tinggi serta dapat memudahkan pengembangan aplikasi berskala besar. Go menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer karena program diketik secara statis, bukan secara dinamis seperti JavaScript dan Python.

Perlu diketahui, program yang diketik secara statis tidak akan berjalan sampai kesalahan sudah diperbaiki. Berbeda dengan bahasa yang diketik secara dinamis di mana program akan tetap bisa dijalankan bahkan jika ada error.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai contoh bahasa pemrograman. Seperti yang telah kami jelaskan, saat ini ada begitu banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan. Jika Anda memiliki rencana untuk mengembangkan suatu perangkat lunak, maka penting untuk memilih jenis bahasa pemrograman yang paling sesuai untuk proyek Anda.

Baca Juga: Layanan Temporary Staffing: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

Membutuhkan Software Developer dengan Keterampilan Bahasa Pemrograman Tertentu? Hubungi KAZOKKU!

KAZOKKU adalah perusahaan outsourcing terpercaya di Indonesia yang dapat menyediakan tenaga IT Software Developer professional. Kami sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam melayani kebutuhan berbagai perusahaan akan tenaga IT untuk pengembangan software. 

Jika perusahaan Anda membutuhkan Java Developer, .NET Developer, atau developer dengan keterampilan bahasa pemrograman lain untuk pengembangan software dan aplikasi, maka Anda dapat menghubungi KAZOKKU. Anda hanya perlu memberitahu kami tentang kualifikasi kandidat yang dibutuhkan dan kami akan segera mengirimkan CV atau profil kandidat kepada Anda dalam waktu 3 hari kerja. Selain dapat menyalurkan tenaga ahli IT dari berbagai keterampilan, KAZOKKU juga dapat menyediakan tenaga ahli IT dari berbagai level, mulai dari junior, middle, senior, lead hingga departemen head.

Bagaimana dengan anggaran yang perlu disiapkan perusahaan untuk mendapatkan tenaga IT Outsourcing dari KAZOKKU?

KAZOKKU menawarkan harga minimum berdasarkan level tenaga IT seperti berikut:

  1. Junior: Rp 12.000.000
  2. Middle: Rp 17.000.000
  3. Senior: Rp 22.000.000

Angka tersebut merupakan penawaran paling rendah yang dapat diberikan untuk setiap tenaga IT yang didapat dari KAZOKKU. Silakan hubungi tim KAZOKKU untuk mendapatkan info selengkapnya mengenai layanan ini. Tidak perlu khawatir, layanan konsultasi dapat kami berikan secara GRATIS.

Artikel Terkait

Contact Us