Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Benar & Sopan
Published July 14, 2023

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Benar & Sopan

KAZOKKU adalah perusahaan IT Outsourcing di Jakarta, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri kerja. Informasi ini bisa Anda gunakan jika membutuhkan panduan dalam menyusun surat resign yang profesional. 

Apakah Anda berencana untuk meninggalkan pekerjaan yang sedang Anda jalani saat ini? Jika iya, penting bagi Anda untuk menyusun surat pengunduran diri sebagai bentuk pemberitahuan resmi dan menjaga profesionalitas Anda. Namun, apa sebenarnya surat pengunduran diri itu, dan mengapa Anda perlu menulisnya? Kemudian, apa saja hal yang perlu Anda sertakan dalam surat tersebut, dan kapan sebaiknya surat pengunduran diri dikirimkan?

Nah, jika Anda ingin mengetahuinya, dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai contoh surat pengunduran diri atau surat resign. Dengan adanya surat pengunduran diri, Anda dapat memberikan pemberitahuan yang formal kepada atasan atau manajemen perusahaan mengenai niat Anda untuk berhenti. Surat ini tidak hanya membantu Anda mempertahankan citra profesional, tetapi juga memastikan bahwa pengunduran diri Anda dapat didokumentasikan secara resmi.

Selain itu, pada artikel ini kami juga akan membahas hal-hal penting yang sebaiknya Anda sertakan dalam surat pengunduran diri, seperti tanggal efektif pengunduran diri, alasan pengunduran diri, dan lain-lain. Dengan panduan yang disediakan, Anda akan memiliki pedoman yang berguna untuk menyusun surat pengunduran diri yang tepat, soran, dan profesional.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri Kerja?

Surat pengunduran diri adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk memberitahu perusahaan bahwa Anda memiliki niat untuk meninggalkan pekerjaan yang sedang Anda jalani. Fungsi utamanya adalah sebagai pemberitahuan secara tertulis mengenai pengunduran diri Anda. Surat ini berisi rincian penting seperti kepada siapa surat tersebut ditujukan, tanggal terakhir Anda bekerja, dan informasi relevan lainnya.

Baca Juga: Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview, Simak Agar Anda Lulus Tes!

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Surat Pengunduran Diri  Kerja?

Pemberian surat pengunduran diri sebaiknya dilakukan dengan waktu yang memadai, biasanya sekitar 1 bulan sebelum tanggal efektif berakhirnya pekerjaan. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan memiliki cukup waktu untuk mencari pengganti Anda. Selain itu, penting juga untuk memeriksa peraturan perusahaan atau kontrak kerja yang berlaku, karena Anda tetap harus mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan saat mengundurkan diri.

Disarankan untuk menyampaikan niat pengunduran diri kepada atasan secara langsung. Dengan melakukannya, atasan akan merasa dihargai dan tidak mendapatkan informasi tersebut dari pihak lain. Menjaga hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja sangat penting di hari-hari terakhir Anda bekerja. Dengan meninggalkan kesan positif, Anda dapat meningkatkan peluang untuk menjalin kerja sama yang baik di masa depan, meskipun Anda tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Apa Saja Isi Surat Pengunduran Diri Kerja?

Isi surat pengunduran diri dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan individu dan situasi kerja yang spesifik. Secara general, berikut ini adalah beberapa informasi yang perlu disertakan pada surat pengunduran diri kerja:

  • Tanggal saat surat pengunduran diri ditulis.
  • Penerima & alamat perusahaan
  • Identitas diri mencakup nama lengkap, posisi pekerjaan, dan departemen Anda di perusahaan.
  • Informasi pemberitahuan pengunduran diri dan tanggal efektif pengunduran diri. Pastikan tanggal ini sesuai dengan peraturan perusahaan atau kontrak kerja yang berlaku.
  • Jika Anda merasa perlu, Anda dapat menjelaskan alasan di balik keputusan Anda untuk mengundurkan diri. Namun, penting untuk menjaga nada positif dan profesional dalam menjelaskan alasan ini.
  • Ucapan terima kasih kepada perusahaan, atasan, dan rekan kerja atas kesempatan yang telah diberikan, pelatihan yang diterima, atau pengalaman yang didapat selama bekerja di perusahaan tersebut.
  • Jelaskan bahwa Anda akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan tugas dan memberikan bantuan yang diperlukan selama masa transisi agar handover berjalan dengan lancar.
  • Akhiri surat dengan salam penutup seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih dan hormat saya”.
  • Tanda tangan

Baca Juga: Cara Melamar Kerja Lewat Email, Panduan Agar Dilirik Recruiter

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1

Jakarta, 3 Januari 2024

Kepada Yth,

Kepala HRD (Perusahaan Anda) / (nama atasan langsung Anda dan jabatannya)

di (Lokasi Perusahaan Anda)

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  •  Nama: Nama Anda
  • Tempat, tanggal lahir: Tempat, Tanggal Lahir
  • Alamat : Alamat Lengkap Anda
  • Departemen : Departemen/Posisi Jabatan Anda

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT (Nama Perusahaan). Saya mengajukan pengunduran diri karena ingin melanjutkan study magister. Melalui surat ini, saya juga ingin mengajukan untuk hari terakhir saya bekerja adalah tanggal (masukkan tanggal) sesuai dengan peraturan perusahaan.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 5 tahun ini. Saya memohon maaf jika selama saya bekerja pernah melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan. Hingga tanggal efektif pengunduran diri, saya berkomitmen untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sedang saya tangani dan akan membantu agar proses handover berjalan dengan lancar. 

Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga (Nama Perusahaan) akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

(Nama Anda)

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2

Tanggal: 9 Februari 2024

Kepada Yth,

Kepala HRD (Perusahaan Anda) / (nama atasan langsung Anda dan jabatannya)

di (Lokasi Perusahaan Anda)

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya, (Nama Anda), ingin mengajukan pengunduran diri dari posisi saya sebagai (masukkan jabatan Anda) di (masukkan nama perusahaan).

Saya mengambil keputusan ini karena keinginan saya untuk mengejar kesempatan dalam menjalankan bisnis pribadi. Dalam surat ini, saya juga ingin memberitahukan bahwa tanggal terakhir saya bekerja akan jatuh pada (masukkan tanggal). 

Hingga tanggal efektif pengunduran diri, saya akan menyelesaikan tugas-tugas yang masih berjalan dengan sebaik mungkin. Agar proses handover bisa berjalan lancar, saya juga akan memberikan bantuan.

Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 5 tahun bekerja di perusahaan ini. Saya ingin meminta maaf jika selama masa kerja saya ada kekurangan atau kesalahan yang mungkin telah merugikan perusahaan.

Dengan surat ini, saya ingin menyampaikan bahwa keputusan ini adalah kehendak saya sendiri dan tidak ada paksaan dari pihak lain. Saya berharap surat pengunduran diri ini dapat diterima dengan baik. Saya juga berharap agar (Perusahaan Anda) terus berkembang dan meraih kesuksesan di masa depan.

Hormat saya,

(Nama Anda)

KAZOKKU Membuka Berbagai Lowongan Kerja IT terbaru

Sebagai perusahaan outsourcing Jakarta, KAZOKKU melayani banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga IT Backend Developer, Frontend Developer, Project Manager, Software Quality Assurance, dan lain sebagainya. Silakan kirimkan CV Anda di kazokku.sugoisaiyo.com dan recruiter KAZOKKU akan menghubungi Anda. 

Jangan khawatir, sebagai tenaga kerja IT Outsourcing KAZOKKU Anda akan mendapatkan benefit spirit karyawan pada umumnya. Apa saja benefit yang akan Anda dapatkan?

Anda akan mendapatkan benefit berupa benefit financial dan non financial seperti berikut:

  • Anda dapat meminta kenaikan gaji mulai dari 10% hingga 30% dari gaji Anda saat ini. Kami terbuka untuk negosiasi gaji dan menghargai kandidat yang sudah memiliki pengalaman melimpah
  • Fasilitas BPJS TK, Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai dengan peraturan yang berlaku, kompensasi di akhir masa kontrak, dan masih banyak lagi.
  • Jenjang karir terbuka seluas-luasnya dan tidak terbatas pada posisi Anda saat ini.
  • Berkesempatan untuk terlibat dalam proyek-proyek skala besar dari klien KAZOKKU yang lain. 
  •  Ada kesempatan bekerja secara full-remote atau hybrid.

Ayo, apply lowongan kerja yang tersedia di KAZOKKU, dan kembangkan karir Anda!

Artikel Terkait

Contact Us