Apa Itu Software Quality Assurance? Cek Penjelasannya di Sini!
Published

Apa Itu Software Quality Assurance? Cek Penjelasannya di Sini!

Jika Anda saat ini sedang berencana untuk mengerjakan proyek digital, Anda perlu memahami apa itu Software Quality Assurance. Proses ini memainkan peranan yang sangat penting untuk memastikan bahwa produk digital yang sedang Anda rancang memiliki standar kualitas tinggi. Pelajari pengertian dan manfaat software quality assurance (SQA) di artikel kami berikut ini.

Seperti yang kita ketahui, saat ini perusahaan berlomba-lomba mengembangkan aplikasi ataupun website untuk menarik lebih banyak konsumen. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa konsumen membutuhkan sistem yang berkualitas. Nah, di sinilah Software Quality Assurance dibutuhkan. Proses ini akan memastikan bahwa produk digital yang dikembangkan oleh perusahaan Anda memiliki kualitas yang baik serta sesuai harapan. Untuk bisa lebih memahaminya, berikut kami sajikan penjelasan selengkapnya mengenai apa itu Software Quality Assurance.

Apa Itu Software Quality Assurance?

Software Quality Assurance (SQA) adalah metodologi dan proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya. SQA melibatkan serangkaian aktivitas yang dirancang untuk memantau dan meningkatkan kualitas perangkat lunak selama  software development life cycle. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah cacat, memastikan kinerja yang baik, dan memastikan bahwa perangkat lunak memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna serta perusahaan pengembang. SQA juga berfokus pada pengidentifikasian masalah potensial dalam proses pengembangan perangkat lunak sebelum masalah tersebut berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

Secara garis besar, SQA dilakukan dengan fokus pada beberapa hal seperti berikut:

  • portabilitas
  • kegunaan
  • pemakaian ulang
  • ketepatan 
  • kemudahan pemeliharaan
  • pengendalian error  

Baca Juga: Apa Itu Programmer: Jenis & Panduan untuk Mendapatkan Programmer yang Tepat

Manfaat Software Quality Assurance

Software Quality Assurance memiliki peran penting bagi perusahaan yang sedang mengembangkan perangkat lunak karena menawarkan berbagai manfaat sebagai berikut:

1. Memastikan produk perangkat lunak berkualitas tinggi

SQA memastikan bahwa perangkat lunak memenuhi standar kualitas dan persyaratan yang telah ditentukan. Dengan demikian, perusahaan dapat menghasilkan perangkat lunak yang dapat diandalkan, efisien, dan user-friendly.

2. Menghemat waktu dan biaya

SQA membantu menemukan bug dan error pada tahap awal pengembangan perangkat lunak. Dengan demikian, web developer bisa segera memperbaikinya. Ini akan membantu menghemat waktu dan biaya perbaikan sebelum masalah berubah menjadi semakin besar dan komplek.

3. Melindungi reputasi perusahaan Anda

Bisnis perlu memastikan bahwa produk mereka berfungsi sebagaimana mestinya sebelum rilis ke pasar. Jika pelanggan melihat kesalahan produk maka hal tersebut akan berdampak signifikan pada citra dan reputasi perusahaan Anda.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

4. Memastikan keamanan dan kepatuhan

Software Quality Assurance membantu perusahaan memastikan bahwa aplikasi mereka bekerja secara efisien, aman, dan dapat dipercaya. Selain itu, SQA juga membantu perusahaan dalam memenuhi persyaratan kepatuhan regulasi dan industri tertentu, seperti yang terkait dengan keamanan dan privasi data.

5. Memastikan kepuasan pelanggan

Aplikasi perangkat lunak Anda harus memenuhi semua kebutuhan untuk memuaskan pelanggan. Aplikasi harus berfungsi dengan lancar tanpa gangguan. Dengan SQA yang diterapkan, Anda dapat memastikan bahwa produk Anda memberikan segala yang diharapkan oleh pelanggan.

Baca Juga: Apa Tugas Data Analyst? Bagaimana Cara Mendapatkan Posisi Ini? Cek di Sini!

Apa Tugas Software Quality Assurance Engineer?

Setelah Anda mengetahui apa itu Software Quality Assurance, kini saatnya memahami apa itu Software Quality Assurance engineer (SQA engineer). Secara garis besar, SQA engineer adalah profesi yang menjalankan proses SQA. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan kualitas produk perangkat lunak selama pengembangan. 

Berikut adalah beberapa tugas utama Software Quality Assurance engineer:

  • Merancang dan melaksanakan rencana pengujian perangkat lunak untuk memastikan fungsionalitas dan kualitas produk.
  • Mengidentifikasi, melaporkan, dan melacak bug atau error dalam perangkat lunak.
  • Memantau dan mengawasi proses pengembangan perangkat lunak untuk memastikan kepatuhan terhadap standar dan pedoman yang telah ditetapkan.
  • Merancang dan mengembangkan skrip pengujian otomatis untuk meningkatkan efisiensi pengujian.
  • Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk memahami kebutuhan dan spesifikasi produk.
  • Melakukan pengujian integrasi, regresi, fungsional, dan performa perangkat lunak.
  • Menganalisis hasil pengujian dan merumuskan laporan untuk menyajikan temuan masalah kepada tim pengembangan dan manajemen.
  • Berkontribusi pada proses perbaikan perangkat lunak.

Bagaimana Cara Menemukan Software Quality Assurance Engineer?

Mencari dan merekrut Software Quality Assurance engineer yang berkualitas bisa menjadi hal yang cukup menantang terlebih jika perusahaan Anda tidak memiliki pemahaman di bidang teknologi. Untungnya, saat ini ada banyak perusahaan IT Outsourcing Jakarta yang dapat menyediakan SQA engineer outsourcing berpengalaman.

Perlu Anda ketahui, perusahaan IT Outsourcing memiliki jaringan talenta berkualitas yang luas. Mereka juga memiliki tim yang terlatih yang mampu melaksanakan proses perekrutan dan penilaian kandidat dengan baik sehingga Anda bisa memperoleh SQA engineer yang berkualitas.

Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda peroleh saat memanfaatkan jasa IT Outsourcing untuk mencari Software Quality Assurance Engineer:

  • Kecepatan: Jasa IT outsourcing dapat membantu Anda menemukan kandidat yang sesuai dengan cepat, menghemat waktu dalam pencarian dan perekrutan.
  • Akses ke profesional terbaik: jasa ini memiliki akses ke berbagai profesional yang terampil dalam berbagai bidang, termasuk SQA. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh kandidat berkualitas.
  • Pengetahuan industri: Jasa IT Outsourcing seringkali memiliki pengetahuan mendalam tentang tren industri, kebutuhan proyek, dan skill yang diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak atau proses SQA.
  • Kemampuan penilaian: jasa ini mampu melakukan evaluasi mendalam terhadap calon kandidat, termasuk menguji keterampilan teknis.
  • Kemudahan manajemen: jasa IT Outsourcing juga dapat membantu melakukan manajemen administratif terkait kontrak kerja, penggajian, dan lain-lain.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh saat memanfaatkan jasa IT Outsourcing. Namun, pastikan untuk memilih vendor yang tepercaya dan memiliki rekam jejak yang baik dalam menyediakan profesional berkualitas seperti KAZOKKU

KAZOKKU Sediakan Software Quality Assurance Engineer Berkualitas

KAZOKKU adalah perusahaan IT Outsourcing Indonesia yang mampu membantu Anda untuk mendapatkan Software Quality Assurance engineer sesuai kebutuhan proyek. Kami juga dapat memastikan bahwa tenaga kerja outsourcing yang kami kirimkan memiliki keterampilan profesional untuk melakukan pengujian perangkat lunak.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan klik Software Quality Assurance Outsourcing. Anda juga bisa menghubungi tim KAZOKKU untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Selain menyediakan SQA engineer, kami juga memiliki tenaga ahli IT lain untuk membantu pengembangan perangkat lunak seperti:

Artikel Terkait

Contact Us