Panduan Merekrut On Demand Software Developer untuk Proyek Anda

Panduan Merekrut On Demand Software Developer untuk Proyek Anda

On demand software developer atau programmer adalah pengembang perangkat lunak yang dapat dipekerjakan secara fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan. Ini bisa menjadi solusi terbaik ketika perusahaan memiliki proyek yang memerlukan keterampilan atau keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh tim internalnya. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk merekrut on demand software developer, pelajari artikel berikut karena kami akan memberikan panduannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, permintaan akan software developer yang terampil menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Namun, menemukan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas dapat menjadi tantangan. 

Perlu Anda ketahui, sesuai statistik terbaru pada tahun 2021, jumlah software developer secara global adalah 25,6 juta dan diperkirakan akan meningkat menjadi 28,7 juta orang pada tahun 2024. Banyaknya software developer yang tersedia membuat perusahaan harus bisa melakukan seleksi dengan tepat agar bisa mendapatkan kandidat yang paling ideal.

Selain itu, terkadang tim pengembangan internal tidak memiliki sumber daya atau keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek dengan sukses sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan. Nah, di sinilah on demand software developer dibutuhkan.

Panduan ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara merekrut on demand software developer sekaligus memahami apa saja manfaat yang diperoleh ketika mempekerjakannya.  Kita akan mulai dengan memahami siapa on demand software developer itu, peran mereka, dan mengapa mereka sangat penting bagi keberhasilan proyek Anda.

Apa yang Dimaksud dengan On Demand Software Developer ?

Pada dasarnya, on demand software developer adalah developer yang dilibatkan oleh perusahaan untuk melakukan pekerjaan secara fleksibel atau sesuai kebutuhan. Perlu Anda pahami bahwa on demand software developer bukanlah developer internal. Sebaliknya, para developer ini adalah bagian dari:

  • Perusahaan outsourcing yang menyalurkan sumber daya manusia IT mereka untuk perusahaan mitra.
  • Perusahaan IT staff augmentation yang bertindak sebagai jembatan antara vendor dan developer.
  • Pekerja freelancer. 

Terlepas dari berbagai sebutan, on demand software developer memiliki ciri umum yang sama yaitu mereka bekerja berdasarkan proyek. Mereka membawa kontribusi tambahan berupa agility dan dinamisme. Selain itu, mereka umumnya bekerja secara remote.

Baca Juga: Apa Itu Programmer: Jenis & Panduan untuk Mendapatkan Programmer yang Tepat

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Parameter Kualitas yang Perlu Diperiksa Saat Merekrut On Demand Software Developer

Saat ingin merekrut on demand software developer, Anda harus memastikan orang yang akan Anda pekerjakan sesuai dengan persyaratan yang telah Anda uraikan untuk proyek Anda.

Perhatikan hal-hal seperti kurangnya pengalaman yang relevan atau keterampilan teknis yang tidak mumpuni karena dapat menghambat proyek. Oleh karena itu, saat Anda melakukan screening dan seleksi kandidat t on demand software developer, berikut ini adalah parameter kualitas yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Keterampilan teknis

Saat Anda mengembangkan aplikasi Android, membangun situs web, atau membuat perangkat lunak, keterampilan teknis sangat penting. Rekrut software developer yang memiliki pengalaman dengan bahasa pemrograman tertentu yang dibutuh proyek Anda seperti:

  • Kotlin atau Java untuk pengembangan Android
  • Swift untuk pengembangan iOS
  • Angular, React, atau Vue untuk pengembangan web
  • Node.js, PHP, Golang, Java Spring Boot, C# ASP .NET untuk pengembangan backend.

Melakukan technical interview atau coding test adalah dua cara untuk mengevaluasi kemahiran teknis seorang developer. Dari sini, Anda dapat menentukan seberapa baik mereka dapat memecahkan masalah dan membuat kode, serta seberapa baik mereka terbiasa dengan alat dan bahasa pemrograman yang diperlukan untuk proyek.

Baca Juga:  Contoh Bahasa Pemrograman yang Populer Digunakan Saat Ini

2. Keterampilan Komunikasi

Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan kolaborasi dengan developer. Carilah developer yang dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik dalam bentuk tertulis maupun lisan. Selain itu, penting juga untuk memeriksa kemampuan berbahasa inggrisnya.

3. Pengalaman

Penting untuk memeriksa pengalaman kerja sebelumnya untuk mengukur kemampuan mereka dalam memberikan hasil yang berkualitas. Pertimbangkan hal-hal berikut ini: 

  • Sudah berapa lama mereka bekerja?
  • Jenis proyek apa saja yang pernah mereka kerjakan di masa lalu?
  • Apakah mereka memiliki sertifikasi atau spesialisasi industri?
  • Apakah mereka pernah bekerja dengan klien atau pelanggan dalam industri atau jenis bisnis yang serupa?

4. Portofolio dan referensi 

Portofolio developer mungkin merupakan sumber daya paling penting yang dapat Anda manfaatkan untuk menilai kualitas pekerjaan mereka. Anda bisa melihat proyek-proyek sebelumnya dengan melihat portofolio mereka. Anda harus mencari beragam proyek yang menunjukkan kemampuan mereka seperti:

  • Keahlian teknis
  • Keterampilan pemecahan masalah
  • Keterampilan pengkodean
  • Kemampuan untuk memenuhi spesifikasi klien.

5. Profesionalisme

Profesionalisme mencakup segala hal, mulai dari cara developer  mempresentasikan diri mereka hingga cara mereka menangani konflik. Carilah kandidat yang tepat waktu, sopan, dan dapat bekerja di bawah tekanan dengan tetap tenang.

Keuntungan Mempekerjakan On Demand Software Developer

Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi adalah dengan mempekerjakan on demand software developer. Dengan memanfaatkan keahlian on demand software developer, Anda dapat menyelesaikan proyek pengembangan perangkat lunak dengan sukses. 

Berikut adalah beberapa manfaat signifikan yang bisa Anda dapat saat mempekerjakan on demand software developer:

1. Selalu mengikuti perkembangan teknologi dan mendorong inovasi 

Industri teknologi terus berkembang, sehingga sangat penting untuk mendapatkan developer yang mahir dalam mempelajari tren dan tools terbaru. Selain itu, Anda membutuhkan on demand software developer yang dapat membawa pendekatan inovatif dan ide-ide segar. 

2. Pekerjaan berkualitas tinggi

On demand software developer yang dipekerjakan di suatu perusahaan biasanya adalah para profesional yang telah melalui proses penilaian secara menyeluruh dan terlatih di bidangnya masing-masing. Mengandalkan keterampilan mereka untuk bisnis Anda dapat memberikan dampak yang signifikan untuk kesuksesan proyek. Mereka juga akan membantu agar perusahaan Anda bisa mengembangkan perangkat lunak dengan kualitas yang unggul. 

3. Tingkat produktivitas tinggi 

On demand software developer yang profesional akan selalu memberikan hasil dengan kualitas tinggi dan memberikan kesan positif kepada klien mereka. Ini mendorong pencapaian produktivitas kerja yang tinggi karena mereka berkomitmen untuk memenuhi deadline yang ketat dan melampaui harapan yang sudah ditetapkan.

4. Fleksibilitas 

Keuntungan mempekerjakan on demand software developer selanjutnya adalah Anda bisa dengan mudah menambah atau mengurangi tim Anda sesuai dengan kebutuhan proyek. Anda bisa menambahkan anggota baru ketika beban kerja Anda meningkat, atau mengurangi anggota tim ketika Anda tidak lagi membutuhkan terlalu banyak orang dalam proyek .

5. Solusi hemat biaya

Ketika Anda mempekerjakan on demand software developer, Anda bisa menghindari kekhawatiran tentang biaya operasional seperti pemeliharaan ruang kantor, peralatan, dan asuransi atau benefit lainnya.

Hal ini membuat pemilik bisnis dapat menghemat banyak pengeluaran. Selain itu, Anda juga dapat fokus pada proyek mereka tanpa perlu repot-repot mengelola hal-hal administratif terkait SDM.

6. Ideal untuk proyek jangka pendek

Apabila proyek memiliki durasi yang singkat, penggunaan On demand software developer adalah pilihan yang tepat. Dengan cara ini, Anda bisa mempekerjakan software developer dalam jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan proyek.

Baca Juga: KAZOKKU: Perusahaan Outsourcing Jakarta Terbaik di Bidang IT

KAZOKKU Sediakan On Demand Software Developer untuk Anda

KAZOKKU adalah perusahaan penyedia jasa outsourcing di Jakarta yang dapat memberikan solusi on demand software developer kepada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja software developer berkualitas. Dengan proses yang mudah, cepat dan biaya yang hemat, KAZOKKU menjadi partner yang tepat untuk bisnis Anda. Saat ini kami memiliki banyak tenaga ahli IT yang tersedia:

  • Backend developer outsourcing
  • Frontend developer outsourcing
  • Project Manager
  • Business Analyst
  • Software Quality Assurance
  • dan lain-lain

 Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut atau klik Jasa IT Outsourcing.

Artikel Terkait

Contact Us