8 Sertifikasi IT yang Berguna untuk Perkembangan Karir
Published September 13, 2023

8 Sertifikasi IT yang Berguna untuk Perkembangan Karir

Sertifikasi IT tidak hanya dapat memvalidasi pengetahuan Anda pada suatu keterampilan, namun juga dapat meningkatkan pendapatan serta membuat Anda terlihat lebih unggul daripada kandidat yang lain. Pada artikel berikut, kami akan menginformasikan 8 sertifikasi IT untuk tingkat pemula yang sangat layak didapatkan untuk perkembangan karir yang lebih baik.

Seperti yang telah diketahui, industri Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat. Agar bisa tetap kompeten di bidang ini, para profesional IT harus terus mengikuti perkembangan terbaru dan mengasah keterampilannya. Selain itu, memiliki sertifikasi IT yang sesuai juga dibutuhkan karena dapat memberikan nilai tambah ketika Anda bersaing untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

Apa yang Dimaksud dengan Sertifikasi IT?

Bagi yang belum memahami apa itu sertifikasi IT, sertifikasi IT adalah pengakuan resmi atau sertifikat yang diberikan kepada individu yang telah memenuhi standar tertentu dalam bidang Teknologi Informasi (IT). Sertifikasi ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang dibutuhkan dalam berbagai aspek IT, seperti jaringan, keamanan, pengembangan perangkat lunak, manajemen sistem, atau bidang lainnya. Biasanya, sertifikasi IT diberikan oleh lembaga atau penyedia sertifikasi yang terkemuka dan diakui di industri IT. Dengan mendapatkan sertifikasi IT ini, Anda dapat meningkatkan kredibilitas di pasar kerja sehingga membuka peluang karir yang lebih baik.

Baca Juga: Contoh Bahasa Pemrograman yang Populer Digunakan Saat Ini

Sertifikasi IT Populer untuk Tingkat Pemula

1. AWS Certified Cloud Practitioner

Cloud computing adalah bidang IT yang banyak diminati dan Amazon Web Services (AWS) saat ini menjadi cloud platform yang paling banyak digunakan di dunia. Jadi, mempelajari platform AWS dapat memberikan Anda keunggulan di industri yang berkembang ini. 

AWS Certified Cloud Practitioner adalah sertifikasi yang paling dasar dari sertifikasi AWS lainnya. AWS Certified Cloud Practitioner ini dirancang untuk membantu Anda memahami dasar-dasar pengetahuan AWS, dan dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang baru memulai karier di bidang IT. 

Meskipun demikian, saat ini banyak pekerjaan terkait cloud yang meminta sertifikasi AWS tingkat associate yaitu sertifikasi dengan tingkat lebih tinggi dibandingkan AWS Certified Cloud Practitioner ini. Jadi, jika Anda sudah memiliki pengalaman selama setahun dengan AWS, sertifikasi AWS Associate seperti AWS Solutions Architect, SysOps Administrator, atau Developer mungkin bisa dipilih untuk mempersiapkan Anda dalam mendapatkan pekerjaan cloud computing tingkat pemula. Anda juga dapat mempertimbangkan sertifikasi cloud lainnya, seperti Microsoft Azure Fundamentals, atau sertifikasi Google Associate Cloud Engineer.

  • Potensi pekerjaan yang didapat: cloud developer, cloud engineer, cloud architect.

2. Cisco Certified Network Associate (CCNA)

Cisco Certified Network Associate atau CCNA adalah sertifikasi tingkat asosiasi untuk dasar-dasar jaringan IT seperti network access, IP connectivity, dan IP services. Meskipun CCNA bukan sertifikasi vendor-netral (sertifikasi akan menguji Anda secara eksklusif pada produk dan alat Cisco), namuan CCNA ini tetap diminati karena dominasi Cisco di pasar jaringan. 

  • Potensi pekerjaan yang didapat: Network specialist, network administrator, systems administrator, network engineer

3. CompTIA A+ 

CompTIA A+ dianggap sebagai salah satu sertifikasi IT yang komprehensif untuk tingkat pemula. Mereka yang lulus ujian CompTIA A+ ini akan memiliki kualifikasi untuk menyelesaikan masalah dasar dalam jaringan, sistem operasi, keamanan, dan perangkat mobile. 

CompTIA A+ ini dapat memberikan pengenalan umum tentang dunia IT. Dari sana, banyak profesional IT yang dapat melanjutkan untuk mempelajari bidang IT tertentu, seperti jaringan, keamanan, atau cloud computing.

  • Potensi pekerjaan yang didapat: Service desk analyst, technical support specialist, associate network engineer, desktop support administrator, system support specialist.

4. CompTIA Security+

CompTIA Security+ akan membekali Anda dengan keterampilan untuk melakukan fungsi keamanan dasar. Sertifikasi ini memberikan materi seperti enkripsi, keamanan fisik, dan keamanan wireless. 

Jika Anda tertarik untuk menjadi spesialis keamanan siber atau keamanan IT, Anda dapat melanjutkan untuk mengikuti sertifikasi keamanan yang lebih tinggi seperti Certified Information Systems Auditor (CISA), atau Certified Information Systems Security Professional (CISSP).

  • Potensi pekerjaan yang didapat: security engineer, security consultant, security administrator, security specialist,  network administrator, security analyst

5. CompTIA IT Fundamentals (ITF+)

ITF+ adalah sertifikasi IT tingkat pemula yang dirancang untuk orang-orang yang ingin melihat apakah karir di bidang IT sesuai dengan mereka. Jika Anda adalah seorang pelajar atau sedang mempertimbangkan untuk berkarir di dunia IT, maka ITF+ ini dapat membantu Anda. Namun jika Anda mencari sertifikasi yang bisa membantu memperoleh keterampilan pekerjaan di bidang IT, sertifikasi lain seperti CompTIA A+ lebih sesuai dengan kebutuhan tersebut.

  • Potensi pekerjaan yang didapat: technical support specialist, desktop support administrator, system support specialist, help desk technician.

6. CompTIA Network+

CompTIA Network+ adalah sertifikasi dasar untuk prinsip-prinsip jaringan/networking. Network+ bersifat vendor-netral. Artinya, CompTIA Network+ ini tidak akan menguji Anda tentang perangkat atau teknologi tertentu. Network+ dianggap lebih dasar dibandingkan dengan CCNA, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang baru memulai di bidang jaringan, atau merasa CCNA terlalu komprehensif untuk kebutuhan saat ini.

  • Potensi pekerjaan yang didapat: network administrator, network engineer, system administrator.

7. Certified Associate in Project Management (CAPM)

CAPM didesain untuk mempersiapkan Anda pada posisi yang berkaitan dengan manajemen proyek tingkat awal. Meskipun bukan sertifikasi IT, banyak tim di industri IT yang sangat membutuhkan keterampilan manajemen proyek. Untuk Anda yang memiliki latar belakang teknis dan bermaksud berpindah ke peran yang lebih fokus pada bidang manajemen proyek, maka CAPM akan Anda butuhkan.

8. Microsoft Technology Associate (MTA)

Microsoft Technology Associate (MTA) ini didesain untuk tingkat pemula bagi siapa saja yang ingin beralih karir atau memulai karir di bidang IT khususnya terkait pemrograman. Perlu Anda ketahui bahwa, MTA mencakup materi tentang dasar-dasar IT, seperti pengembangan perangkat lunak, basis data, pemrograman HTML, dan infrastruktur.

  • Potensi pekerjaan yang didapat: mobile app developer, video games designer, software engineer, web developer.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai sertifikasi IT untuk tingkat pemula. Di lingkungan teknologi yang terus berkembang, hal ini menjadi semakin penting daripada sebelumnya. Dengan memilikinya, Anda tidak hanya akan mendapatkan nilai lebih di mata recruiter namun juga dapat membuka pintu ke berbagai peluang karir yang menarik di dunia IT.

Baca Juga: Cara Negosiasi Gaji dengan HRD: Tips Bagi Fresh Graduate & Profesional Berpengalaman

Sulit Dapat Pekerjaan di Bidang IT? Tenang, KAZOKKU Akan Membantu!

KAZOKKU adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mengejar karir di dunia IT. Sebagai perusahaan perusahaan IT Outsourcing tepercaya, kami memiliki berbagai peluang pekerjaan menarik di bidang teknologi. Kami memahami betapa kompetitifnya pasar tenaga kerja di industri IT, oleh karena itulah kami hadir untuk membantu agar Anda bisa segera menemukan pekerjaan yang paling sesuai dengan keterampilan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi KAZOKKU ini, silakan klik Mulai Berkarir di Dunia IT

Artikel Terkait

Contact Us