Mengurangi Beban Biaya Tenaga Kerja dengan Jasa IT Outsourcing KAZOKKU
Published

Mengurangi Beban Biaya Tenaga Kerja dengan Jasa IT Outsourcing KAZOKKU

Pada dasarnya, beban biaya tenaga kerja adalah total pengeluaran yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk membayar karyawan atau tenaga kerjanya. Untuk mengurangi beban biaya tenaga kerja sambil mempertahankan efisiensi operasional, perusahaan tentu memerlukan keputusan strategis. Di sisi lain, kondisi ekonomi global juga menjadi semakin tidak pasti. Oleh karena itu,untuk mengatasi kondisi tersebut jasa outsourcing hadir sebagai salah satu solusi yang wajib dipertimbangkan banyak perusahaan.

Perlu Anda pahami, mendelegasikan tugas tertentu kepada penyedia layanan eksternal dapat menghemat biaya tenaga kerja secara signifikan tanpa mengorbankan kualitas. Solusi ini ditawarkan oleh perusahaan outsourcing terkemuka seperti KAZOKKU yang dapat menyediakan tenaga kerja IT untuk software development. Dengan menyerahkan tugas-tugas terkait pengembangan produk digital atau aplikasi kepada KAZOKKU, perusahaan dapat mengakses tenaga kerja IT berkualitas tinggi tanpa harus memikul beban biaya rekrutmen, pelatihan, dan manajemen internal secara penuh.

Jika Anda saat ini sedang mencari tenaga kerja, pada artikel kali ini kami akan membandingkan perekrutan in-house dengan outsourcing. Kami juga akan menjelaskan bagaimana IT Outsourcing KAZOKKU dapat membantu Anda mengurangi beban biaya tenaga kerja.  

Apa Itu Biaya Tenaga Kerja?

Sebelum kami jelaskan bagaimana cara mengurangi beban biaya tenaga kerja, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan beban biaya tersebut. Secara garis besar, biaya tenaga kerja adalah total pengeluaran yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk membayar gaji, upah, tunjangan, dan benefit lainnya kepada karyawan yang bekerja untuk perusahaan tersebut. Biaya tenaga kerja merupakan salah satu komponen terbesar dalam biaya operasional suatu perusahaan dan dapat memengaruhi profitabilitas perusahaan secara signifikan. Oleh karena itu, manajemen biaya tenaga kerja menjadi sangat penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan karena dapat memengaruhi efisiensi operasional dan keberlanjutan bisnis.

Baca Juga: Perbedaan Offshoring dan Outsourcing, Cek Penjelasannya di Sini!

Mana yang Harus Dipilih, In-House atau Outsourcing? 

Pilihan untuk membangun tim in-house atau outsourcing sering kali membuat banyak perusahaan sulit mengambil keputusan. Sebaiknya, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mempertimbangkan secara cermat pro dan kontranya terlebih dahulu.

1. Efisiensi biaya

Mempekerjakan karyawan sendiri bukanlah cara yang tepat jika Anda ingin mengurangi biaya tenaga kerja. Anda perlu mengeluarkan biaya seperti gaji, tunjangan, pelatihan, dan lain sebagainya. Selain itu, biaya-biaya ini bisa menjadi sangat besar dan kurang dapat diprediksi dari waktu ke waktu.

Outsourcing menawarkan solusi yang lebih hemat biaya. Anda, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pelatihan, sertifikasi, benefit dan tunjangan lainnya sebab hal tersebut menjadi tanggung jawab perusahaan vendor outsourcing. 

2. Skalabilitas dan fleksibilitas

Menambah atau mengurangi tenaga kerja bisa jadi tidak praktis. Selain itu, mempekerjakan serta melatih karyawan baru atau melakukan perampingan jumlah karyawan juga dapat memakan banyak waktu dan sumber daya.

Outsourcing menawarkan skalabilitas dan fleksibilitas yang lebih baik. Anda dapat dengan cepat menyesuaikan jumlah tenaga kerja Anda untuk melakukan suatu pekerjaan tanpa biaya perekrutan dan pelatihan internal.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

3. Keamanan dan kerahasiaan

Dengan staf internal, Anda memiliki kendali lebih besar atas keamanan dan kerahasiaan data. Meskipun demikian, risiko pelanggaran internal tetap bisa muncul.

Perusahaan alih daya terkemuka memprioritaskan keamanan dan kerahasiaan. Klien juga dapat membuat NDA terkait kerahasiaan data dengan tenaga kerja profesional yang disediakan.

4. Time to Market

Membangun tim Anda sendiri mungkin akan membutuhkan banyak waktu. Anda perlu melakukan proses rekrutmen yang panjang, pelatihan, mempersiapkan perangkat untuk tenaga kerja, dan lain-lain. Hal tersebut pada akhirnya dapat menunda inisiasi proyek dan peluncuran produk.

Outsourcing memungkinkan Anda untuk dengan cepat merekrut para profesional yang terampil, mengurangi waktu fulfillment, dan meningkatkan daya saing perusahaan Anda. KAZOKKU sendiri memiliki track record tercepat untuk pengiriman tenaga kerja outsourcing hanya dalam 7 hari kerja.

Perlu diketahui bahwa banyak bisnis sukses yang sering kali menggunakan kedua pendekatan tersebut dalam waktu yang bersamaan. Mereka mempertahankan talenta internal untuk fungsi-fungsi inti dan mengalihdayakan tugas-tugas non-inti ke perusahaan outsourcing.

Baca Juga: Pekerja Sementara vs Pekerja Tetap, Mana yang Lebih Baik?

Bagaimana Bermitra dengan KAZOKKU dapat Membantu Mengurangi Beban Biaya Tenaga Kerja?

Outsourcing muncul sebagai solusi menarik untuk mengurangi biaya tenaga kerja. Layanan ini menawarkan beragam kelebihan untuk menghemat biaya kepegawaian namun tetap menjaga kualitas tenaga kerja.

Berikut adalah beberapa kelebihan outsourcing yang dapat membantu Anda mengurangi beban biaya tenaga kerja:

  • Anda dapat meminta tenaga kerja kepada vendor IT Outsourcing sesuai dengan budget atau salary yang Anda tentukan.
  • Tidak perlu membayarkan benefit maupun tunjangan karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab vendor outsourcing. 
  • Tidak memerlukan biaya pelatihan karena tenaga kerja yang disalurkan merupakan tenaga kerja siap kerja dan berpengalaman.

Mencari perusahaan outsourcing tepercaya? Hubungi KAZOKKU!

KAZOKKU adalah perusahaan outsourcing Jakarta yang fokus pada penyediaan tenaga kerja di bidang IT. Kami siap menyalurkan tenaga kerja IT profesional untuk membantu proses pengembangan perangkat lunak di perusahaan Anda. Beberapa tenaga kerja outsourcing yang kami sediakan seperti:

  •  Backend Developer
  •  Frontend Developer
  •  Mobile App Developer
  •  UI/UX Designer
  •  Software Quality Assurance
  •  Project Manager
  •  dan masih banyak lagi

Segera hubungi kami dan bangun tim IT Anda dengan Jasa Outsourcing KAZOKKU!

Artikel Terkait

Contact Us