Keterampilan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan & Diburu HRD
Published

Keterampilan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan & Diburu HRD

Perlu Anda ketahui bahwa terlepas dari posisi apa yang sedang dicari, terdapat beberapa keterampilan yang paling banyak dicari perusahaan dan diburu oleh HRD. Dengan memiliki keterampilan tersebut, Anda dapat terlihat lebih menonjol sehingga peluang untuk bisa diterima bekerja akan menjadi lebih besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas 11 contoh keterampilan kerja yang banyak dicari oleh perusahaan dari para kandidat.

Menyajikan keahlian Anda secara mencolok di dalam CV dan surat lamaran akan memudahkan perekrut untuk dengan cepat melihat apa value yang Anda tawarkan sebagai kandidat. Semakin relevan keahlian Anda, semakin menarik Anda di mata perekrut. Meskipun setiap industri dan pekerjaan memiliki kebutuhan akan keterampilan khusus, namun perlu Anda pahami bahwa terdapat beberapa keterampilan yang dibutuhkan oleh berbagai profesi. Nah, jika Anda saat ini sedang aktif melamar lowongan kerja IT Jakarta ataupun lowongan kerja untuk profesi dan tempat yang lain, berikut adalah keterampilan kerja yang paling banyak dicari perusahaan ataupun HRD. 

11 Keterampilan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan 

1. Keterampilan komunikasi

Keterampilan berkomunikasi sangat penting untuk semua jenis profesi. Perusahaan tentu ingin mendapatkan tenaga kerja yang bisa memahami dengan baik apa yang diminta dari mereka dan mampu berkomunikasi secara efisien dengan orang lain. Pada umumnya, keterampilan komunikasi yang dicari oleh perusahaan mencakup kemampuan menulis, berbicara, mendengarkan, dan bernegosiasi. Jadi, jika Anda memiliki keterampilan tersebut maka jangan lupa untuk menginformasikannya di dalam CV Anda.

Baca Juga: Cara Berkomunikasi yang Baik, Asah Soft Skill Anda!

2. Keterampilan kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan adalah salah satu soft skill yang dicari oleh banyak perusahaan dan dapat berguna untuk pengembangan karir Anda. Dengan menguasai keterampilan ini, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengelola dan memimpin tim dalam suatu proyek hingga membantu memastikan tugas-tugas bisa diselesaikan dengan baik secara tepat waktu. Keterampilan kepemimpinan yang umum dicantumkan dalam CV seperti dapat mendengarkan secara aktif, bisa diandalkan, serta dapat memberi dan menerima feedback.

3. Keterampilan kerja tim

Keterampilan kerja tim adalah aset penting bagi setiap karyawan yang menjadi bagian dari sebuah tim atau mereka yang bekerja dengan individu lain. Terlepas dari jabatan atau industri Anda, banyak perusahaan menganggap bahwa keterampilan kerja tim sebagai suatu keharusan saat meninjau pelamar. Contoh keterampilan kerja tim yang umumnya dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi, kejujuran, komunikasi, dan tanggung jawab.

4. Keterampilan interpersonal

Keterampilan interpersonal adalah kemampuan yang memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi dan bekerja secara efektif dengan orang lain. Banyak perusahaan mencari kandidat dengan keterampilan ini karena meskipun Anda mungkin tidak bekerja di posisi yang melibatkan kontak langsung dengan pelanggan, kemungkinan besar Anda akan tetap berinteraksi dengan rekan kerja yang lain. Dengan menguasai keterampilan ini, Anda bisa membangun hubungan dengan baik, berkomunikasi dengan efektif, dan bisa mengatasi situasi dengan cara yang tepat. Pada umumnya, perusahaan akan mencari kandidat dengan keterampilan interpersonal seperti memiliki motivasi tinggi untuk bekerja, dapat beradaptasi dengan perubahan, dan memiliki kemampuan untuk berempati.

5. Keterampilan belajar atau beradaptasi

Keterampilan belajar adalah kemampuan untuk memperoleh, memahami, dan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan baru. Ini melibatkan proses pengamatan, analisis, dan pemahaman terhadap informasi baru, serta kemampuan untuk mengembangkan keterampilan baru atau memperbaiki keterampilan yang sudah ada.

Menguasai keterampilan ini memungkinkan Anda untuk bisa mempelajari hal-hal baru dan beradaptasi dengan situasi baru. Hal ini sangat penting mengingat lingkungan kerja dapat terus berubah agar perusahaan tetap bisa bersaing. Untuk dapat menguasai keterampilan belajar, pada umumnya Anda perlu menguasai beberapa keahlian seperti bisa berkomunikasi, dapat berpikir kritis, dan kemampuan untuk dapat berkolaborasi dengan rekan kerja yang lain.

6. Keterampilan self-management

Keterampilan self-management adalah keterampilan yang memungkinkan Anda untuk mengatur waktu dan menjadi seproduktif mungkin di tempat kerja. Menguasai keterampilan ini dapat membantu Anda untuk bisa mengatur prioritas tugas dengan efektif, fokus pada pengembangan profesional, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan. Contoh self-management yang sebaiknya dicantumkan dalam CV Anda meliputi kemampuan manajemen waktu, berorganisasi, dan self-motivation. 

Baca Juga: Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview, Simak Agar Anda Lulus Tes!

7. Keterampilan organisasi

Keterampilan organisasi sangat penting untuk produktivitas, manajemen waktu, dan pencapaian tujuan seorang karyawan. Selain itu, keterampilan juga ini bermanfaat untuk berbagai posisi dan sangat dicari oleh perusahaan. Beberapa contoh keterampilan organisasi yang perlu Anda cantumkan di dalam CV seperti kemampuan perencanaan yang baik, dapat berpikir kritis, memperhatikan detail, dan manajemen konflik.

 8. Keterampilan komputer

Banyak pekerjaan membutuhkan penggunaan komputer, sehingga sangat penting untuk mencantumkan keterampilan ini dalam CV Anda. Hal ini dapat menunjukkan kepada perusahaan atau HRD, jika Anda memiliki pemahaman dasar tentang penggunaan komputer. Selain itu, jika pekerjaan yang Anda lamar memerlukan keterampilan komputer lebih lanjut, pastikan Anda juga menginformasikannya di dalam CV.

Beberapa contoh keterampilan komputer yang sebaiknya di-highlight seperti kemampuan untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen teks menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Word, Google Docs, atau aplikasi serupa. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan kemampuan mengelola media sosial, visualisasi data, dan komunikasi melalui email. 

9. Keahlian problem-solving

Keterampilan memecahkan masalah mengacu pada kemampuan untuk mengelola situasi yang menantang di tempat kerja secara produktif dan positif. Hal ini sangat penting bagi karyawan yang bekerja di perusahaan besar atau sebagai bagian dari tim. Beberapa contoh keterampilan problem-solving yang bisa Anda highlight adalah keterampilan komunikasi, pengambilan keputusan, dan penelitian.

10. Berpikiran terbuka

Berpikiran terbuka adalah keterampilan penting bagi siapa saja yang akan memasuki posisi baru. Bahkan jika Anda telah mengemban posisi yang sama di perusahaan sebelumnya, perusahaan baru tempat Anda bekerja mungkin memiliki metode kerja yang berbeda. Oleh karena itu, mau bersikap terbuka untuk mempelajari cara baru dalam menjalankan tugas dan bersedia belajar serta mencoba hal-hal baru merupakan keterampilan penting bagi calon pekerja.

11. Etos kerja yang kuat

Etos kerja yang kuat juga menjadi salah satu keterampilan yang paling banyak dicari perusahaan. HRD atau perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang bisa dipercaya dan dapat menyelesaikan tugas-tugasnya secara tepat waktu tanpa perlu diawasi secara terus-menerus. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa menguasai keterampilan ini.

Demikian beberapa keterampilan yang paling banyak dicari perusahaan untuk profesi apa pun. Dengan mencantumkan keterampilan tersebut di dalam CV, Anda tentu akan terlihat lebih menarik sehingga meningkatkan peluang lamaran Anda untuk diproses ke tahap selanjutnya. Meskipun demikian, tetap pastikan bahwa Anda benar-benar memiliki keterampilan tersebut. Jangan sampai Anda mencantumkan informasi yang tidak benar karena kejujuran dalam menyusun CV juga sangat penting.

Baca Juga: 8 Sertifikasi IT yang Berguna untuk Perkembangan Karir

KAZOKKU adalah perusahaan outsourcing di Jakarta yang fokus pada penyediaan tenaga kerja IT. Di KAZOKKU Anda bisa melamar berbagai lowongan kerja IT. Beberapa di antaranya seperti programmer, backend developer, frontend developer, mobile app developer, software quality assurance, project manager, UI/UX designer, devops engineer, IT security dan lain sebagainya. Tunjukkan keterampilan terbaik dalam CV serta portofolio,  dan apply posisi yang sesuai background pengalaman Anda. Selanjutnya, Anda dapat menunggu hingga dihubungi oleh tim recruiter kami untuk melanjutkan proses lamaran ke tahap selanjutnya. Ayo, apply sekarang!

Artikel Terkait

Contact Us