Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Contohnya
Published

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Contohnya

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah proses merencanakan, merekrut, melatih, mengembangkan, dan mengelola sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan. Pelajari pengertian MSDM dan contohnya di artikel kami berikut ini. 

Saat menjalankan suatu bisnis, perusahaan akan membutuhkan sumber daya fisik, sumber daya finansial, serta sumber daya manusia. Jadi, walau perusahaan sudah dilengkapi dengan peralatan canggih, bahan-bahan berkualitas, dan modal yang cukup, namun kesuksesan bisnis tetap tidak dapat terwujud tanpa kontribusi aktif dari para tenaga kerjanya.

Oleh karena itulah, Manajemen Sumber Daya Manusia dibutuhkan. Dengan melakukan proses manajemen ini, perusahaan bisa memperoleh dan mempertahankan tenaga kerja berkualitasnya.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia adalah pendekatan sistematis dalam mengelola tenaga kerja suatu perusahaan. Proses manajemen SDM dapat mencakup berbagai hal seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian atas berbagai aspek yang terkait dengan orang-orang di dalam perusahaan.

Secara garis besar, tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia adalah untuk memastikan bahwa perusahaan bisa memiliki karyawan yang berkualitas, terampil, dan berkomitmen, serta untuk menciptakan lingkungan kerja positif. Dengan demikian, perusahaan bisa memiliki sumber daya manusia yang mampu mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis. 

Perlu diketahui, manajemen SDM biasanya menjadi tanggung jawab utama tim HRD (Human Resource Department). Mereka akan mengelola sumber daya manusia, termasuk melakukan perekrutan, memberikan motivasi, dan melakukan pengembangan karyawan secara efisien.

Selain itu, ketika perusahaan memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan outsourcing untuk memperoleh tenaga kerja, maka tim HRD dapat melakukan MSDM dengan cara seperti:

  • memilih perusahaan outsourcing yang tepat
  • menegosiasikan kontrak outsourcing
  • mengawasi kinerja perusahaan outsourcing
  • membangun dan menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dan penyedia layanan outsourcing

Baca Juga: KAZOKKU: Perusahaan Outsourcing Jakarta Terbaik di Bidang IT

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

1. Malayu S.P. Hasibuan

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

2. Mathis dan Jackson 

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sistem formal dalam suatu organisasi untuk memastikan penggunaan yang efektif dan efisien atas bakat manusia untuk mencapai tujuan organisasi.

3. Ricky W. Griffin

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah serangkaian kegiatan organisasi yang diarahkan untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang efektif.

Baca Juga: Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview, Simak Agar Anda Lulus Tes!

Contoh Manajemen Sumber Daya Manusia 

Setelah Anda memahami pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia, berikut ini adalah beberapa contoh praktik manajemen tersebut di perusahaan.

1. Rekrutmen dan seleksi karyawan

Rekrutmen dan seleksi karyawan adalah salah satu aspek penting dalam MSDM yang bertujuan untuk menarik, mengidentifikasi, dan memilih individu yang paling sesuai untuk memenuhi posisi tertentu dalam perusahaan. Proses ini melibatkan beberapa tahap, dan MSDM memainkan peran sentral dalam mengelolanya. Beberapa di antaranya adalah:

  • menganalisis kebutuhan tenaga kerja
  • merancang strategi rekrutmen yang efektif
  • mengiklankan info lowongan kerja
  • menerima dan meninjau lamaran yang diterima perusahaan
  • melakukan proses seleksi yang ketat
  • memilih karyawan yang dianggap paling sesuai untuk posisi
  • memberikan penawaran kerja hingga mengelola proses onboarding

2. Pembelajaran dan pengembangan karyawan

Pengembangan karyawan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan potensi karyawan dalam perusahaan. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan perusahaan. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa perusahaan yang menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan yang tepat cenderung dapat mempertahankan lebih banyak karyawan.

3. Kompensasi dan Tunjangan

Manajemen Sumber Daya Manusia yang efektif melibatkan pemberian kompensasi dan tunjangan secara adil kepada seluruh karyawan. Tindakan ini dapat mendorong keterlibatan karyawan, sehingga retensi dan loyalitas karyawan perusahaan pada akhirnya juga akan meningkat.

Perlu Anda pahami bahwa kompensasi yang diberikan oleh perusahaan dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu kompensasi primer dan kompensasi sekunder. Kompensasi primer mencakup pembayaran uang, seperti gaji bulanan dan upah lembur. Sementara itu, kompensasi sekunder mencakup segala bentuk imbalan non-moneter, seperti cuti, tunjangan kesehatan, tunjangan pensiun, tunjangan makan siang, dan sebagainya. Memberikan paket kompensasi yang seimbang dan adil adalah langkah penting dalam memotivasi karyawan dan membangun hubungan kerja yang positif.

4. Manajemen kinerja

Manajemen kinerja juga menjadi contoh Manajemen Sumber Daya Manusia. Saat perusahaan melakukan manajemen kinerja maka mereka akan menjalankan proses sistematis untuk mengukur, menilai, dan memberikan umpan balik kepada karyawan tentang kinerjanya. 

Jika hal ini dilakukan dengan benar maka pengelolaan tenaga kerja ini akan memberikan berbagai hasil positif seperti:

  • mendorong kinerja dan produktivitas karyawan yang tinggi
  • dapat mengidentifikasi kelemahan karyawan sehingga pelatihan dapat dilakukan secara tepat
  • pengambilan keputusan secara tepat terkait promosi, bonus, pelatihan lanjutan, dan pengembangan karir sehingga mendorong employee engagement yang positif

5. Pengelolaan budaya perusahaan

Pengelolaan budaya perusahaan dilakukan untuk menciptakan dan mempertahankan budaya kerja yang positif dan produktif di perusahaan. Beberapa contoh strategi yang dilakukan dalam pengelolaan budaya perusahaan yang baik seperti:

  • memastikan bahwa calon karyawan yang direkrut sesuai dengan budaya perusahaan
  • memastikan bahwa budaya perusahaan mendukung keberagaman dan inklusivitas
  • menciptakan budaya kerja yang didukung oleh komunikasi terbuka dan jujur antara manajemen dan karyawan
  • menciptakan lingkungan di mana karyawan merasa diberdayakan dan didengar
  • memberikan program penghargaan untuk merayakan prestasi karyawan

Baca Juga: Apa Itu Programmer: Jenis & Panduan untuk Mendapatkan Programmer yang Tepat

Dari penjelasan tentang pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia di atas, bisa kita ketahui bahwa proses manajemen ini tidak hanya akan menguntungkan pihak perusahaan namun juga karyawan. Melalui proses manajemen yang baik, perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja berkualitas dan produktif. Di sisi lain, karyawan juga bisa mendapatkan pengembangan karir dan kesejahteraan.

Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas dan fokus pada inti bisnis, banyak perusahaan melibatkan layanan outsourcing dalam manajemen SDM-nya. Outsourcing dapat membantu perusahaan untuk mengelola beberapa aspek SDM, seperti administrasi, gaji, rekrutmen, hingga manajemen kinerja. Dengan mengintegrasikan strategi MSDM internal yang baik dengan praktik outsourcing yang cerdas, perusahaan bisa meraih tujuan bisnis dengan lebih mudah.

Apabila Anda saat ini sedang mencari layanan IT outsourcing yang profesional dan tepercaya, maka KAZOKKU adalah jawabannya. Kami adalah penyedia layanan IT Outsourcing di Indonesia yang menyediakan beragam ahli IT untuk mendukung pengembangan software.

Beberapa ahli IT yang kami miliki seperti:

Silakan hubungi kami segera untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari Tim KAZOKKU!

Artikel Terkait

Contact Us