Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas & Loyal, Ini Tipsnya!
Published

Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas & Loyal, Ini Tipsnya!

Mengetahui bagaimana cara merekrut karyawan yang berkualitas menjadi pengetahuan yang dibutuhkan oleh tim HRD atau rekruter. Jika perusahaan Anda saat ini kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang tepat serta memiliki turnover rate tinggi, silakan simak artikel berikut. Kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa pasar tenaga kerja saat ini semakin kompetitif. Banyak perusahaan bersaing untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki strategi rekrutmen yang efektif agar dapat menarik dan merekrut karyawan yang terbaik. Nah, jika Anda saat ini sedang mencari metode mudah untuk menemukan dan merekrut kandidat terbaik, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan. 

Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas 

1. Tulis deskripsi pekerjaan secara terperinci

Deskripsi pekerjaan merupakan bagian penting dari setiap proses rekrutmen dan harus bisa mendefinisikan persyaratan dengan jelas. Ini membantu pelamar untuk memahami peran pekerjaan dengan lebih baik dan memungkinkan mereka untuk mengevaluasi apakah mereka cocok untuk peran pekerjaan tersebut atau tidak.

Jadi, identifikasikan kebutuhan perusahaan terlebih dahulu. Diskusikan dengan tim Anda apa saja tugas-tugas yang akan dikerjakan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi yang kosong. 

Sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa Anda sediakan di bagian deskripsi pekerjaan:

  • job title (posisi yang dibutuhkan)
  • pengenalan singkat tentang perusahaan
  • tanggung jawab atau tugas sehari-hari
  • keterampilan yang diharapkan
  • kisaran gaji 
  • lokasi penempatan
  • benefit dan tunjangan 

2. Posting info lowongan pekerjaan

Langkah selanjutnya merupakan tahap penting di mana Anda mulai mempromosikan dan mengiklankan lowongan pekerjaan. Jika Anda perlu merekrut karyawan dengan cepat, maka posting info lowongan kerja sebanyak mungkin yang Anda bisa. Meskipun demikian, penting untuk tetap memilih platform job board dengan reputasi terbaik untuk menghindari datangnya lamaran yang tidak relevan. 

Selain itu, media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter juga merupakan platform yang efektif untuk mempromosikan lowongan pekerjaan. Untuk menjangkau lebih banyak kandidat, Anda dapat membagikan informasi tersebut di akun media sosial pribadi atau perusahaan.

3. Memanfaatkan LinkedIn

LinkedIn adalah platform media sosial profesional yang paling populer di dunia, dengan lebih dari 830 juta pengguna di lebih dari 200 negara. Platform ini juga menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu Anda mencari dan menemukan kandidat yang tepat, seperti pencarian lanjutan, rekomendasi, da lain-lain. Hal ini dapat membuat LinkedIn menjadi platform yang cukup efektif untuk merekrut karyawan berkualitas. 

Baca Juga: Apa Itu PKWT dan PKWTT? Pelajari Perbedaannya di Sini!

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

4. Cari kandidat pasif

Perlu Anda ketahui bahwa kandidat terbaik tidak selalu aktif mencari dan melamar pekerjaan. Oleh karena itu, gunakan teknik headhunting untuk mencari dan mendekati kandidat pasif yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan Anda. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, Anda bisa menggunakan LinkedIn untuk menemukan kandidat pasif yang berkualitas.

5. Minta referensi karyawan

Cara merekrut karyawan berkualitas selanjutnya adalah dengan meminta referensi dari karyawan Anda. Kandidat yang direkomendasikan oleh karyawan umumnya cenderung berkualitas dan cocok dengan budaya perusahaan Anda. Karyawan Anda sudah mengenal kandidat tersebut dan dapat memberikan penilaian yang jujur tentang keterampilan, pengalaman, dan kepribadian mereka. Karyawan Anda juga dapat memberikan informasi tentang bagaimana kandidat tersebut dapat cocok dengan budaya perusahaan.

Selain itu, perlu diingat bahwa proses rekrutmen bisa memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Nah, dengan meminta referensi karyawan, Anda dapat mengurangi jumlah kandidat yang perlu diwawancarai sehingga dapat menghemat banyak waktu.

6. Memanfaatkan layanan outsourcing

Memanfaatkan layanan outsourcing bisa menjadi cara merekrut karyawan berkualitas dengan cepat. Perusahaan outsourcing memiliki akses ke jaringan kandidat yang luas dan beragam. Mereka dapat membantu Anda menemukan kandidat yang memenuhi kualifikasi dan cocok dengan budaya perusahaan Anda.

Selain itu, perusahaan outsourcing juga akan menangani semua aspek proses rekrutmen, mulai dari posting lowongan pekerjaan hingga wawancara dan negosiasi gaji. Hal ini dapat menghemat waktu sehingga Anda dapat fokus pada hal-hal lain yang penting bagi bisnis.

Baca Juga: Contoh Proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan, Tahapan yang Perlu Dilalui

Cara Merekrut Karyawan yang Loyal

Untuk meningkatkan employee retention, Anda perlu merekrut karyawan-karyawan yang bisa loyal dengan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Temukan karyawan yang cocok dengan budaya perusahaan.

Dalam proses rekrutmen, tanyakan kepada kandidat tentang nilai-nilai dan tujuan mereka. Ini dapat membantu Anda menilai apakah mereka cocok dengan budaya perusahaan Anda. Pada umumnya, karyawan yang cocok dengan budaya perusahaan akan cenderung lebih merasa puas dan betah bekerja di perusahaan Anda.

2. Berikan gaji dan tunjangan yang kompetitif

Saat proses rekrutmen (offering) Anda perlu menginformasikan besaran gaji dan tunjangan yang akan didapat. Selain dapat membantu menarik kandidat, memberikan gaji dan tunjangan yang kompetitif juga dapat mempertahankan karyawan berkualitas yang sudah Anda miliki.

3. Berikan peluang pengembangan dan kemajuan karier

Berikan pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan karyawan. Karyawan yang merasa memiliki peluang untuk maju dalam karirnya akan lebih cenderung untuk tetap bekerja di perusahaan Anda.

4. Buat lingkungan kerja yang positif dan suportif

Buatlah lingkungan kerja yang menyenangkan dan santai. Karyawan yang merasa nyaman dan senang bekerja di perusahaan Anda umumnya akan lebih betah untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama di perusahaan Anda. Selain itu, berikan juga penghargaan dan pengakuan karena karyawan yang merasa dihargai oleh perusahaan mereka akan lebih memiliki loyalitas yang baik. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara merekrut karyawan berkualitas dan tips agar mereka bisa loyal terhadap perusahaan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menjalankan proses rekrutmen, Anda bisa mengandalkan KAZOKKU.

Kami adalah perusahaan outsourcing Jakarta yang dapat menyediakan tenaga kerja ahli di bidang IT. Kami bisa menyediakan software developer, software quality assurance, IT security engineer, project manager, dan masih banyak lagi. Jadi, jika Anda memiliki proyek pengembangan perangkat lunak dan membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas untuk membantu mengerjakannya, segera hubungi kami. KAZOKKU akan dengan senang hati menyediakan tenaga ahli IT yang Anda butuhkan. Hubungi kami sekarang!

Artikel Terkait

Contact Us