Cara Kerja di Luar Negeri Secara Remote, Cek Tipsnya di Sini!
Published

Cara Kerja di Luar Negeri Secara Remote, Cek Tipsnya di Sini!

Kerja di luar negeri adalah opsi yang menarik bagi banyak pekerja karena menawarkan berbagai keuntungan. Meskipun demikian, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk bekerja dengan sistem ini. Nah, jika Anda tertarik untuk bekerja di luar negeri terutama dengan sistem remote working, silakan simak penjelasan kami berikut ini. 

Gaji yang lebih tinggi, peluang karir yang lebih luas, dan pengembangan diri yang lebih pesat menjadi beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat bekerja di luar negeri. Namun, bagi sebagian orang, opsi ini sulit diwujudkan karena mereka tidak dapat meninggalkan keluarga untuk menetap di negara lain.

Jika Anda mengalami masalah yang serupa, Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja di negara lain dengan sistem kerja remote. Dengan sistem ini, Anda bisa bekerja dari rumah atau dari mana saja di dunia, asalkan memiliki koneksi internet yang stabil. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bisa mendapatkan kesempatan kerja tersebut? Berikut informasinya untuk Anda.

Cara Kerja di Luar Negeri dengan Sistem Remote Working

1. Cari info terkait kebijakan kerja remote

Sebelum kita melangkah lebih jauh, Anda perlu melakukan sedikit penelitian untuk memastikan Anda dapat secara legal bekerja di luar negeri dengan sistem remote. Beberapa hal yang perlu Anda cari tahu seperti:

  • Pembayaran dan tanggung jawab pajak: pahami dengan seksama ketentuan mengenai pajak penghasilan atau PPh yang harus dibayarkan. 
  • Zona waktu yang berbeda: Anda juga perlu memastikan bahwa perbedaan zona waktu tidak menyulitkan Anda saat berkolaborasi dengan tim lain. Ada baiknya jika Anda memilih negara yang tidak memiliki perbedaan zona waktu terlalu jauh seperti Malaysia, Singapura, Myanmar, atau yang lain.
  • Bahasa yang digunakan: saat mencari kerja di luar negeri dengan sistem remote, pastikan Anda memiliki kemampuan berbahasa yang memadai untuk berkomunikasi dengan rekan kerja ataupun klien.

2. Evaluasi keterampilan kerja remote Anda

Ketika terlibat dalam sistem kerja jarak jauh, ada banyak aspek yang harus Anda tangani sendiri. Oleh karena itu, untuk meyakinkan atasan bahwa Anda benar-benar mampu beroperasi dalam lingkungan tersebut, Anda perlu menguasai beberapa keterampilan. Contoh-contoh dari keterampilan tersebut seperti:

  • Familiar dengan berbagai aplikasi kerja jarak jauh, seperti aplikasi HRIS, manajemen proyek, serta aplikasi konferensi video, dan sebagainya.
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri tanpa pengawasan langsung.
  • Penguasaan keterampilan manajemen waktu yang efektif.
  • Kemampuan komunikasi yang baik, termasuk dalam konteks kerja tim secara virtual.
  • Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang mungkin terjadi.
  • Fokus yang tinggi terhadap tugas-tugas pekerjaan yang ada.
  • Kesadaran terhadap keamanan siber dan langkah-langkah untuk melindungi informasi kerja.

3. Cari kesempatan kerja di luar negeri secara remote

Cara kerja di luar negeri yang selanjutnya adalah mencari lowongan kerja dengan sistem remote. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini ada semakin banyak perusahaan yang membuka kesempatan kerja jarak jauh untuk tenaga kerja dari overseas. Jadi, cari kesempatan tersebut melalui platform lowongan kerja populer seperti Linkedin, Jobstreet, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa mencari lowongan kerja di platform khusus untuk mencari pekerjaan jarak jauh, seperti Remote OK, We Work Remotely, dan FlexJobs. 

Baca Juga: Apa Itu Virtual Assistant: Definisi, Tugas, & Cara Menjadi VA

4. Bergabung dengan perusahaan outsourcing

Perusahaan outsourcing berperan sebagai penghubung antara perusahaan klien dengan tenaga kerja. Jadi, perusahaan outsourcing juga dapat membantu klien untuk menemukan dan mempekerjakan tenaga kerja dari luar negeri. Proses ini umumnya dikenal dengan istilah offshoring.

Perlu Anda ketahui, banyak perusahaan yang mencari tenaga kerja overseas melalui perusahaan outsourcing karena beragam keuntungan yang bisa didapatkan. Beberapa diantaranya seperti:

  • perusahaan klien tidak perlu repot-repot untuk mengurus perizinan dan administrasi lainnya. 
  • biaya yang dikeluarkan perusahaan klien untuk mempekerjakan tenaga kerja melalui perusahaan outsourcing biasanya lebih rendah daripada jika perusahaan klien melakukannya sendiri.
  • perusahaan klien mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas karena perusahaan outsourcing biasanya memiliki jaringan yang luas dan dapat menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan klien

5. Lamar posisi yang sesuai dengan keterampilan Anda

Langkah selanjutnya, Anda bisa melamar pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan Anda. Siapkan CV yang mencantumkan pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan Anda, serta tulis surat lamaran yang mencerminkan minat dan kualifikasi Anda untuk pekerjaan tertentu.

Perlu diketahui bahwa di beberapa negara, format CV dan surat lamaran yang umum digunakan berbeda dengan format yang umum digunakan di Indonesia. Jadi, gunakan format yang sesuai dengan negara tujuan.

Baca Juga: Perbedaan Offshoring dan Outsourcing, Cek Penjelasannya di Sini!

Tips Kerja di Luar Negeri dengan Sistem Remote

Untuk memastikan Anda bisa bekerja dengan lancar, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan koneksi internet yang kuat dan stabil

Saat bekerja dari jarak jauh, koneksi internet memegang peran penting. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil, andal, dan aman. 

2. Pahami peraturan dan kebijakan kerja remote

Kenali aturan dan kebijakan perusahaan terkait pekerjaan remote. Pastikan Anda memahami hak dan tanggung jawab Anda dengan baik.

3. Jaga kedisiplinan

Meskipun Anda bekerja dari jarak jauh, Anda tetap perlu menjaga kedisiplinan. Fokus pada ketepatan dan kualitas pekerjaan Anda untuk membangun reputasi yang baik. Pastikan juga untuk bisa selalu memberikan hasil kerja yang sesuai dengan harapan.

4. Beradaptasi dengan lingkungan baru

Saat bekerja dengan tim di luar negeri, Anda akan menemukan budaya kerja yang berbeda. Jadi, Anda perlu segera beradaptasi agar bisa berkolaborasi dan bekerja bersama tim secara efisien. 

Baca Juga: Teknik Wawancara Kerja dan Contoh Pertanyaan yang Diajukan

Ingin Bekerja di Lingkungan Kerja yang Multikultural? Yuk, Gabung dengan KAZOKKU!

KAZOKKU adalah perusahaan IT outsourcing profesional yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Kami berperan sebagai penghubung tenaga kerja ahli IT dengan perusahaan yang membutuhkan. 

Selain dapat membantu mempersiapkan tenaga kerja untuk perusahaan di Indonesia, kami juga dapat membantu perusahaan di luar negeri. Jadi, dengan bergabung bersama KAZOKKU, maka Anda bisa berkesempatan untuk bekerja dengan rekan kerja dari negara lain.

Untuk mengetahui lowongan kerja yang tersedia, silakan klik Lowongan Kerja IT. Anda juga bisa menghubungi kami jika mengalami kendala saat proses melamar pekerjaan.  

Artikel Terkait

Contact Us