Apa Itu Java Developer: Peran, Keterampilan, dan Cara Merekrutnya
Published November 22, 2023

Apa Itu Java Developer: Peran, Keterampilan, dan Cara Merekrutnya

Java developer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman Java. Jika Anda tertarik untuk mempekerjakan profesional IT ini, silakan pelajari apa itu Java developer sekaligus perannya di artikel kami berikut ini.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para developer. Bahasa pemrograman ini bahkan masih berada di antara 5 bahasa pemrograman terpopuler di antara Python dan C family (TIOBE index).

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa permintaan Java developer berpengalaman masih tinggi, baik di industri teknologi, keuangan, maupun kesehatan. Banyak perusahaan membuka lowongan kerja Java developer untuk bisa mendapatkan tenaga ahli di bidang ini. Hal tersebut dikarenakan Java menjadi bahasa pemrograman yang serbaguna dan dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi. Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk merekrut Java Developer namun belum memahami apa sebenarnya tanggung jawab dan kemampuan yang ditawarkannya, berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu Java Developer?

Java developer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman Java. Mereka memiliki pemahaman mendalam tentang sintaks, konsep, dan prinsip pemrograman Java.

Tugas utama seorang Java developer adalah merancang, mengembangkan, dan memelihara aplikasi berbasis Java. Mereka menggunakan bahasa pemrograman ini untuk menulis kode program yang efisien dan dapat dijalankan di berbagai platform.

Penting untuk diketahui, di dunia pemrograman komputer, Java adalah salah satu bahasa tertua. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirancang oleh James Gosling pada tahun 1995. 

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang digunakan oleh para pengembang untuk mengembangkan berbagai perangkat lunak seperti aplikasi mobile, desktop, dan website. Java menjadi salah satu bahasa pemrograman populer dan digunakan oleh banyak pengembang karena bahasa pemrograman ini menawarkan berbagai kemampuan seperti mudah digunakan, menawarkan keamanan yang baik, dan memberi tim developer ekosistem framework serta library yang besar dan kuat. 

Baca Juga: Mempelajari Beragam Jenis Bahasa Pemrograman, Cek di Sini!

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Java Developer?

Profesi ini memiliki tanggung jawab harian yang beragam tergantung pada kebutuhan perusahaan. Namun, sebagian besar Java developer melaksanakan fungsi-fungsi serupa, termasuk:

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

1. Bekerjasama dengan pihak vendor IT

Beberapa perusahaan mengharapkan Java developer untuk bisa bekerjasama dengan pihak vendor yang menyediakan infrastruktur, perangkat lunak, dan platform untuk bisnis seperti Infrastructure-as-a-service (IaaS), platform-as-a-service (PaaS), dan Software-as-a-Service (SaaS). 

2. Berkoordinasi dengan tim IT lainnya

Developer memiliki tanggung jawab untuk bekerja dengan tim IT lain. Hal ini karena pengembangan perangkat lunak merupakan proses yang kompleks yang melibatkan berbagai peran dan keterampilan. Developer perlu bekerja sama dengan tim lain untuk memastikan bahwa aplikasi mereka memenuhi kebutuhan bisnis dan memenuhi standar teknis.

3. Pengembangan kode

Tugas paling dasar namun penting. Mereka menulis kode Java untuk pengembangan perangkat lunak baru atau memperbarui yang sudah ada.

4. Implementasi kode (Deployment)

Mereka bertanggung jawab untuk mendeploy atau mengimplementasikan perangkat lunak ke server. Dengan demikian, perangkat lunak bisa diakses dan digunakan oleh pengguna atau sistem lainnya. 

5. Debugging

Jika terjadi masalah, seorang developer juga bertanggung jawab untuk melakukan debugging. Mereka akan mendiagnosis masalah, mengembangkan solusi, dan memperbaikinya.

6. Menyiapkan dokumentasi pengguna akhir

Developer memiliki tanggung jawab untuk membuat dokumentasi pengguna akhir. Dokumentasi tersebut merupakan dokumen yang menjelaskan cara menggunakan aplikasi kepada pengguna. Dokumentasi ini biasanya berisi berbagai informasi seperti fitur dan fungsi aplikasi, serta cara menggunakannya.

Baca Juga: Alasan Mengapa JavaScript Developer Akan Terus Dibutuhkan oleh Perusahaan

c# vs java
Sumber: www.freepik.com

Keterampilan Dasar yang Perlu Dikuasai Java Developer

Terdapat beberapa keterampilan dasar yang perlu dikuasai. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pemrograman Java

Developer tentu perlu menguasai bahasa pemrograman Java itu sendiri. Mereka harus mengerti sintaks dasar, struktur kontrol, tipe data, manipulasi string, exception handling, dan lain-lain.

2. Konsep Object-Oriented Programming (OOP)

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, sehingga penting untuk memahami konsep-konsep dasar OOP. Contohnya seperti enkapsulasi, pewarisan, polimorfisme, dan lain-lain,

3. Penggunaan framework Java

Kemampuan untuk menggunakan dan memahami framework Java seperti Spring, Hibernate, atau Jakarta EE. Framework-framework ini dapat membantu mempercepat proses pengembangan perangkat lunak.

4. Pemahaman database dan SQL

Mengetahui cara berinteraksi dengan database menggunakan JDBC. Serta memahami bahasa SQL untuk menjalankan operasi database seperti query, insert, update, dan delete.

5. Pengembangan aplikasi web

Memahami konsep dasar pengembangan aplikasi web. Serta berpengalaman dengan teknologi-teknologi web seperti Servlet, JSP, dan RESTful Web Services.

6. Pengujian perangkat lunak

Mampu melakukan pengujian unit, integrasi, dan pengujian fungsional pada kode Java.

Developer juga perlu memahami konsep pengujian otomatis dan dapat menggunakan alat-alat seperti JUnit.

7. Pengetahuan tentang keamanan

Pemahaman tentang praktik-praktik keamanan dalam pengembangan perangkat lunak. Pengetahuan ini dibutuhkan sehingga dapat mencegah munculnya kerentanan keamanan potensial.

Baca Juga: Peran & Tugas Backend Developer, Serta Tools yang Digunakan

Bagaimana Cara Mendapatkan Java Developer Profesional?

Salah satu solusi untuk merekrut Java developer profesional adalah dengan memanfaatkan layanan IT outsourcing. Layanan IT outsourcing adalah layanan yang menyediakan tenaga kerja IT secara profesional, termasuk developer dengan keterampilan Java programming.

Dengan memanfaatkan layanan IT outsourcing, perusahaan dapat memperoleh developer profesional tanpa harus merekrut dan melatih mereka sendiri. Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat biaya dan waktu.

Sebagai perusahaan outsourcing Jakarta yang fokus pada bidang IT, KAZOKKU dapat menyediakan tenaga kerja Java developer outsourcing. Kami memiliki tim penguji yang andal untuk memastikan bahwa tenaga kerja yang dikirimkan ke perusahaan klien memiliki kualifikasi dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan. Tim penguji kami juga memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas di bidang IT, sehingga dapat memberikan penilaian yang akurat dan objektif. Selain Java, kami menyediakan tenaga ahli IT lain seperti .NET Developer, Golang, Node.Js, PHP, dan masih banyak lagi.

Kelebihan KAZOKKU sebagai Penyedia Layanan  Java Developer Outsourcing

KAZOKKU memiliki beberapa kelebihan sebagai penyedia layanan Java developer outsourcing, yaitu:

  • Tenaga kerja yang berkualitas
  • Tersedia kontrak jangka pendek dan panjang
  • Harga yang kompetitif
  • Dapat menyediakan tenaga kerja siap kerja dalam waktu yang cepat
  • Garansi replacement
  • Memiliki kebijakan keamanan yang ketat

Jika Anda sedang mencari penyedia layanan IT outsourcing yang berkualitas dan profesional, KAZOKKU adalah pilihan yang tepat. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Artikel Terkait

Contact Us