ReactJS Developer: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui
Published

ReactJS Developer: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

ReactJS Developer adalah profesi yang bertanggung jawab dalam pembuatan komponen user interface untuk aplikasi web dan seluler berbasis JavaScript menggunakan React. Pelajari apa saja tanggung jawab dan keterampilan yang perlu dikuasai oleh React JS Developer di artikel kami berikut ini.

ReactJS menjadi salah satu library JavaScript populer yang diminati oleh banyak developer. Hal ini karena ReactJS memberikan cara yang lebih efisien untuk mengembangkan antarmuka pengguna (UI) web dan seluler.

Perlu Anda ketahui, ReactJS umumnya dipilih dalam beragam proyek karena library ini menawarkan beragam kelebihan seperti mudah digunakan, memiliki performa tinggi, serta dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi. Jika Anda saat ini sedang berencana untuk menjalankan proyek menggunakan ReactJS, maka Anda akan membutuhkan peran ReactJS Developer ini. 

Pengertian ReactJS Developer

ReactJS Developer adalah software developer yang memiliki keahlian dan pengetahuan dalam menggunakan library JavaScript yaitu ReactJS untuk mengembangkan komponen antarmuka pengguna (UI) yang responsif dan interaktif dalam aplikasi web dan mobile. Mereka memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dan prinsip ReactJS, serta mampu memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh pustaka atau library tersebut. 

ReactJS Developer bertanggung jawab untuk membangun antarmuka pengguna (UI) software. Mereka menggunakan pengetahuan mereka tentang JavaScript, HTML, dan CSS untuk membuat komponen UI yang responsif, efisien, dan menarik. Dalam suatu proyek, ReactJS Developer akan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk software quality assurance, UI/UX Designer, hingga project manager untuk memastikan bahwa aplikasi yang mereka kembangkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna ataupun bisnis.

Apa Itu ReactJS?

ReactJS atau yang sering disebut dengan React atau React.JS adalah sebuah library JavaScript yang dikembangkan oleh Facebook. ReactJS menjadi salah satu library JavaScript front-end populer yang banyak digunakan untuk pengembangan elemen antarmuka pengguna (UI) yang cepat dan interaktif pada aplikasi web dan mobile. 

ReactJS memiliki beberapa fitur unggul yang membuatnya menjadi pilihan populer  perusahaan-perusahaan besar. Contohnya seperti kemampuannya untuk membangun aplikasi web berskala besar dan dapat mengubah data tanpa perlu me-reload halaman. Selain itu, ReactJS juga dapat berfungsi dengan baik ketika digabungkan dengan library JavaScript lain seperti AngularJS.

Berikut ini adalah beberapa contoh fitur yang dimiliki oleh ReactJS:

  • SX(JavaScript Syntax Extension)
  • Virtual DOM
  • One-way Data Binding
  • Komponen Reusable

Baca Juga: Apa Itu Java Developer: Peran, Keterampilan, dan Cara Merekrutnya

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Mengapa Perusahaan Memilih ReactJS Developer untuk Proyeknya?

ReactJS telah digunakan oleh banyak perusahaan ternama seperti Dropbox, Khan Academy, Yahoo! Mail, New York Times, Netflix, Facebook, Instagram, WhatsApp, Codecademy, Instagram, Uber, dan lain-lain. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan memilih untuk merekrut ReactJS Developer dalam proyeknya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Fleksibel

Keuntungan utama dari penggunaan ReactJS adalah karena fleksibilitasnya. Kode React mudah dirawat dan diperbarui karena struktur modularnya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu perusahaan dalam menghemat waktu dan uang untuk proyek pengembangan softwarenya. Selain itu, produk-produk digital yang dikembangkan dengan React juga sangat adaptif dan mudah untuk diskalakan.

2. Pengembangan yang lebih cepat

ReactJS memungkinkan developer untuk membangun antarmuka pengguna dengan cepat dan efisien. Developer dapat menulis lebih sedikit kode karena ReactJS menggunakan komponen yang dapat digunakan kembali. Dengan demikian, developer dapat berkonsentrasi pada pengembangan fungsionalitas utama aplikasi daripada memikirkan cara mengimplementasikannya. Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi jumlah bug dan meningkatkan kualitas aplikasi yang dikembangkan.

3. SEO friendly

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti pengoptimalan mesin pencari. Perlu diketahui bahwa SEO adalah proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google. SEO sangat penting untuk situs web modern karena sebagian besar pengunjung situs web berasal dari mesin pencari, khususnya Google.

ReactJS adalah library JavaScript yang tidak dibuat dengan mempertimbangkan mesin pencari. Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu, ReactJS telah berkembang menjadi salah satu kerangka kerja front-end yang kompatibel dengan praktik SEO terbaik.

Salah satu alasan mengapa ReactJS kompatibel dengan SEO adalah karena kemampuannya untuk melakukan rendering sisi server (SSR). SSR adalah proses rendering halaman web di sisi server sebelum dikirim ke browser pengguna. Hal ini memungkinkan mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks halaman web dengan lebih mudah. Selain itu, Virtual DOM juga membantu memastikan kecepatan pemuatan dengan baik.

Baca Juga: Tugas IT Project Manager Outsourcing yang Perlu Anda Ketahui

Apa Tanggung Jawab ReactJS Developer

Profesi ini memiliki tanggung jawab harian yang beragam tergantung pada kebutuhan perusahaan. Namun, sebagian besar tanggung jawab ReactJS Developer adalah sebagai berikut:

  • Membahas ide antarmuka pengguna dengan tim pengembang
  • Mengenali dan meninjau persyaratan aplikasi
  • Menerjemahkan ide desain ke dalam kode
  • Mengembangkan komponen antarmuka pengguna yang responsif menggunakan React
  • Membangun komponen yang dapat digunakan kembali 
  • Membuat perpustakaan front-end
  • Menulis kode aplikasi dengan mengikuti alur kerja React.JS
  • Memecahkan masalah antarmuka perangkat lunak 
  • Men-debug kode aplikasi
  • Memantau dan meningkatkan kinerja front-end
  • Mendokumentasikan perubahan pada aplikasi

Keterampilan yang Perlu Dikuasai oleh ReactJS Developer

Berikut adalah beberapa keterampilan yang perlu dikuasai oleh ReactJS Developer

  • Memiliki pengetahuan mendalam tentang ReactJS
  • Berpengalaman dengan React tools seperti Redux, Webpack, dll.
  • Berpengalaman dalam mengembangkan desain antarmuka pengguna.
  • Familiar dengan data structure library seperti Immutable.js.
  • Familiar dengan kerangka kerja pengujian kinerja seperti Mocha dan Jest.
  • Pengetahuan mendalam tentang JavaScript, CSS, dan HTML.
  • Familiar dengan code versioning tool seperti Git dan SVN.

Rekrut ReactJS Developer Outsourcing Melalui KAZOKKU

KAZOKKU adalah perusahaan outsourcing Jakarta yang berfokus pada penyediaan tenaga ahli IT di bidang pengembangan software. Kami memiliki ReactJS Developer berpengalaman dan berdedikasi yang dapat membantu Anda dengan beragam kebutuhan pengembangan ReactJS Anda.

Kami memahami bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan yang unik. Oleh karena itu, kami menawarkan layanan outsourcing ReactJS yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda dengan pilihan jangka kontrak kerja sama yang fleksibel baik itu jangka pendek atau panjang. 

Selain dapat menyalurkan ReactJS Developer kami juga memiliki tim Front-end Developer dengan keterampilan lain seperti Vue.JS dan Angular.JS. Kami juga siap menyediakan tim lain untuk proyek digital Anda seperti tim Back-end Developer, IT Project Manager, Software Quality Assurance, dan masih banyak lagi.

Silakan hubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut. Kami siap membantu Anda! Klik hubungi KAZOKKU untuk terhubung dengan tim kami.

Artikel Terkait

Contact Us