Jenis-Jenis Website, Mana yang Sesuai Kebutuhan Anda?
Published January 26, 2024

Jenis-Jenis Website, Mana yang Sesuai Kebutuhan Anda?

Jenis-jenis website sangat beragam tergantung dari sifat, fungsi, atau platform yang digunakannya. Jika Anda saat ini sedang berencana untuk mengembangkan sebuah situs website, silakan simak artikel berikut. Kami akan menjelaskan jenis-jenis website untuk Anda. 

Pada dasarnya, website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses melalui internet. Di era digital seperti saat ini, website berperan penting dalam menyampaikan informasi, memfasilitasi interaksi, dan mendorong pertumbuhan bisnis secara online.

Nah, seiring perkembangan teknologi, jenis-jenis website sudah semakin beragam. Anda bisa menemukan website E-Commerce untuk berbelanja secara online hingga website blog yang berisi konten artikel informatif. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk mengembangkan website, Anda perlu mengetahui jenis website apa yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahuinya berikut kami sajikan penjelasannya untuk Anda.

Jenis-jenis Website Berdasarkan Sifatnya

Jenis-jenis website dapat dibedakan berdasarkan sifatnya atau karakteristiknya, yaitu:

1. Website Statis

Website statis adalah jenis website dengan konten yang tetap atau tidak berubah. Halaman-halaman website statis biasanya terdiri dari file HTML dan setiap kali pengguna mengakses halaman tersebut maka konten yang ditampilkan akan sama.

Website statis cocok digunakan untuk menyajikan informasi yang tidak memerlukan pembaruan reguler. Contohnya seperti halaman profil perusahaan atau brosur online.

2. Website Dinamis

Website dinamis adalah website dengan konten yang dapat berubah secara dinamis berdasarkan tindakan atau permintaan pengguna. Konten pada website dinamis umumnya diambil dari database atau dihasilkan secara real-time menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Python, atau yang lain.

Dengan adanya website ini, pengguna dapat melakukan pencarian, mengisi formulir, atau memperoleh informasi yang sesuai preferensi mereka. Contoh website dinamis seperti platform E-Commerce yang dapat menampilkan produk secara real-time atau situs berita yang akan menampilkan daftar berita terbaru.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Website, Lihat Timeline-nya di Sini!

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Jenis-jenis Website Berdasarkan Platformnya

Jenis-jenis website juga dapat dikategorikan berdasarkan platform atau teknologi yang digunakan untuk mengembangkannya, yaitu:

1. Website Berbasis CMS (Content Management System

Jenis website ini dikembangkan menggunakan platform CMS (Content Management System) untuk memudahkan pembuatan, pengelolaan, dan pembaruan konten website. CMS menyediakan beragam fitur yang memungkinkan pengguna non-teknis untuk bisa mengelola web tanpa pengetahuan pemrograman yang mendalam.

Beberapa contoh platform CMS yang populer adalah WordPress, Joomla, dan Drupal. Platform tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis website seperti blog, web perusahaan, dll.

2. Website Berbasis Web Builder

Website berbasis Web Builder adalah jenis website yang dibangun menggunakan platform khusus yang disebut Web Builder. Web Builder adalah alat yang dirancang untuk memudahkan pembuatan website dengan antarmuka visual dan fitur drag-and-drop.

Dengan menggunakan Web Builder, pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam untuk membuat dan mengelola website. Pengguna dapat memilih template atau tema yang telah disediakan, kemudian mengkustomisasinya dengan menambahkan elemen-elemen seperti teks, gambar, video, formulir, tombol, dan lainnya. Pengguna dapat mengatur tata letak, warna, dan gaya tampilan website dengan mudah melalui antarmuka visual yang intuitif.

Beberapa contoh platform Web Builder yang populer adalah Wix, Weebly, dll. Anda bisa menggunakan platform tersebut untuk mengembangkan blog, web portofolio, atau yang lain.

3. Website Berbasis HTML/CSS

Website berbasis HTML/CSS adalah jenis website yang dikembangkan dengan menggunakan HTML (Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) sebagai bahasa pemrograman utama. HTML digunakan untuk mengatur struktur dan konten website, sedangkan CSS digunakan untuk mengontrol tampilan dan gaya visual dari elemen-elemen di dalam website.

Jenis website ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengembangan desain dan struktur website agar sesuai kebutuhan spesifik. Meskipun demikian, dibutuhkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang bahasa pemrograman HTML dan CSS. Anda dapat menggunakan HTML/CSS untuk membuat berbagai jenis website seperti blog, web perusahaan, portofolio, dll.

Baca Juga: 4 Jenis Metode Pengembangan Perangkat Lunak Populer

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Jenis-jenis website berdasarkan fungsi atau tujuan penggunaannya adalah sebagai berikut:

1. Website Perusahaan

Jenis website ini digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk memperkenalkan diri, menyediakan informasi tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Website perusahaan umumnya memiliki beberapa halaman seperti beranda, tentang kami, produk atau layanan, kontak, dan mungkin juga halaman karir atau berita.

2. Blog

Blog adalah jenis website yang difokuskan pada publikasi konten secara berkala, seperti artikel, opini, atau cerita. Biasanya ada satu penulis atau sekelompok penulis yang terlibat dalam memproduksi konten tersebut. Blog sering memiliki tata letak kronologis yang menampilkan postingan terbaru di bagian atas dan menyediakan fitur-fitur seperti komentar serta berbagi konten ke media sosial.

3. Toko Online (E-commerce)

Website E-Commerce digunakan untuk menjual produk secara online. Website ini memiliki fitur seperti katalog produk, keranjang belanja, fasilitas pembayaran, dan sistem pengiriman. Toko online juga dapat digunakan untuk menjual berbagai kategori produk, seperti fashion, elektronik, otomotif, makanan, dan masih banyak banyak lagi.

4. Portal Berita

Portal berita adalah website yang berfungsi untuk menyediakan berita atau informasi terbaru. Website ini umumnya dapat menyediakan kategori berita yang berbeda, seperti politik, bisnis, olahraga, hiburan, dan lainnya. Selain itu, portal berita juga dapat berisi konten artikel, video, galeri foto, dan fitur interaktif lainnya.

5. Situs Pendidikan

Jenis website ini digunakan untuk menyediakan materi pembelajaran dan informasi pendidikan kepada pengguna. Website pendidikan bisa berupa situs untuk kursus online, platform pembelajaran jarak jauh, atau situs yang dikelola oleh institusi pendidikan tertentu.

6. Sosial Media

Sosial media adalah platform komunikasi online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang lain. Web sosial media umumnya menyediakan fitur-fitur seperti profil pengguna, feed, kemampuan berbagi konten seperti tulisan, foto, dan video, serta fitur-fitur interaktif lainnya seperti komentar, like, dan lain sebagainya. Contoh web sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dll.

7. Situs Hiburan

Situs hiburan adalah jenis website yang menyediakan konten hiburan untuk pengguna. Tujuan utama dari situs hiburan adalah memberikan pengalaman menyenangkan dan menghibur kepada pengunjungnya. Situs hiburan menawarkan berbagai jenis konten kreatif, seperti musik, film, game, komik, video lucu, dan konten lainnya.

8. Forum/Komunitas Online

Website forum atau komunitas online adalah jenis website yang memungkinkan anggota komunitas untuk dapat saling berinteraksi, berbagi informasi, dan berdiskusi tentang topik tertentu. Tujuan utama dari pengembangan website ini adalah untuk memfasilitasi pertukaran gagasan, pengetahuan, dan pengalaman antara anggota komunitas yang memiliki minat atau tujuan yang sama.

Baca Juga: Apa Itu Outsourcing? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai jenis website. Website saat ini memang telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Website dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari berbagi informasi, berbisnis, hingga hiburan. Dengan memahami jenis-jenis website, Anda dapat memilih website yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengembangkan website, Anda dapat menggunakan layanan IT Outsourcing KAZOKKU. Kami adalah perusahaan outsourcing tepercaya yang dapat menyediakan tenaga ahli di bidang pengembangan website seperti back-end developer, front-end developer, UI/UX designer, dll. 

Dengan menggunakan layanan IT Outsourcing KAZOKKU, Anda dapat menghemat waktu dan biaya dalam pengembangan website. Anda juga bisa mendapatkan website berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Silakan hubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut.

Artikel Terkait

Contact Us