Sejarah Perkembangan Website, Lihat Timeline-nya di Sini!
Published January 26, 2024

Sejarah Perkembangan Website, Lihat Timeline-nya di Sini!

Sejarah perkembangan website merupakan hal yang menarik untuk diketahui terlebih jika Anda bekerja di bidang ini. Coba bayangkan bagaimana tampilan website puluhan tahun yang lalu dan Anda akan menyadari bahwa website sudah banyak mengalami perubahan.

Pengembangan web saat ini tidak hanya sekedar membuat tampilan yang menarik, namun juga harus memperhatikan berbagai faktor lain, seperti load hingga optimasi mesin pencari (SEO). Hal ini penting untuk diperhatikan karena website telah menjadi investasi berharga bagi setiap bisnis. Website dapat dipergunakan untuk membantu menarik pelanggan baru, membangun kepercayaan, dan meningkatkan penjualan. Meskipun demikian, website pertama kali hadir dengan desain yang sangat sederhana dan gelap.

Jadi, bagaimana sejarah perkembangan website dari tahun ke tahun? Berikut penjelasannya untuk Anda. 

Sejarah World Wide Web

Konsep internet pertama kali muncul pada tahun 1940-an dalam sebuah buku karya Murray Leinster. Perlu diketahui bahwa hal ini hanya merupakan konsep fiksi. Pada saat itu, Murray Leinster menggambarkan sebuah dunia di mana setiap orang memiliki perangkat yang dapat menyediakan informasi apa pun. 

Penemuan resmi World Wide Web sendiri muncul pada tahun 1989 yaitu ketika Tim Berners-Lee seorang fisikawan dari CERN berhasil menciptakan server web, browser, dan halaman web pertama. Pada tahun 1989 dan 1990, dia mengusulkan untuk membuat World Wide Web dengan jaringan komputer yang terhubung. Usulannya ini menandai awal dari perkembangan yang mengarah pada apa yang kita kenal sebagai WWW (World Wide Web).

Baca Juga: Apa Itu Web Developer, Tugas, & Cara Memulai Karir di Bidang Ini

Timeline Sejarah Perkembangan Website 

Berikut kami sajikan timeline momen-momen penting dari sejarah perkembangan teknologi website. 

1. Tahun 1989

Tim Berners-Lee menciptakan browser pertama yaitu World Wide Web berdasarkan prinsip-prinsip yang dia kembangkan pada tahun 1989. Selanjutnya, dia meluncurkan browser tersebut di tahun 1990.

2. Tahun 1990

Tiga mahasiswa universitas yaitu Alan Emtage, Peter Deutsch, dan Bill Heelen, berhasil menciptakan mesin pencari pertama bernama Archie. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk mencari file di database.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Pada tahun yang sama, versi pertama editor grafis terkenal Adobe Photoshop muncul di pasaran. Hingga saat ini, Photoshop masih banyak digunakan untuk desain web dan lainnya. Perlu diketahui bahwa pada awalnya Photoshop hanya tersedia untuk komputer Macintosh dan memerlukan sekitar 2 MB RAM.

3. Tahun 1991

Sejarah perkembangan website berlanjut di tahun 1991. Pada saat itu, Tim Berners-Lee meluncurkan website pertama di dunia menggunakan perintah HTML. Halaman web tersebut memiliki format sederhana yaitu background berwarna putih dengan teks hitam. Meskipun demikian, banyak prinsip inti di balik halaman web tersebut, seperti penggunaan perintah heading yang masih menjadi dasar bagi desain web modern. 

Selain itu, HTTP protokol pertama yang dirancang untuk bertukar dokumen hypertext antara server dan browser, juga merupakan ciptaan Berners-Lee. Protokol ini memungkinkan transfer informasi antar perangkat dengan cara yang efisien dan terstruktur, menjadi dasar bagi komunikasi online yang kita lakukan hari ini.

4. Tahun 1992

Pada tahun 1992, sejarah perkembangan website ditandai dengan beberapa momen penting, seperti:

  • Browser ViolaWWW: Pei-Yuan Wei, seorang peneliti di University of California, mengembangkan browser ViolaWWW. Ini adalah browser pertama yang mendukung scripting, rendering tabel, formulir, dan bahkan memiliki stylesheet untuk menentukan tampilan visual situs web. ViolaWWW menjadi langkah awal menuju web yang lebih interaktif dan dinamis.
  • Editor HTML BBEdit: Bare Bones Software merilis BBEdit, sebuah editor HTML dan teks untuk Macintosh. Ini menjadi alat penting bagi para developer web pada masa itu, memudahkan mereka untuk menulis dan mengedit kode HTML.
  • Gambar Pertama di Web: Silvano De Gennar, seorang ilmuwan CERN, mengunggah gambar pertama ke web. Gambar tersebut adalah foto grup musik parodi Les Horribles Cernettes. Kehadiran gambar di web membuka era baru dalam presentasi informasi dan meningkatkan daya tarik visual situs web.
  • Mesin Pencari Veronica: Munculnya mesin pencari kedua yaitu Veronica, yang merupakan singkatan dari “Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computer Archives.” Veronica membantu pengguna untuk mencari file dan informasi di server FTP, menjadi alternatif dari Archie yang sudah diluncurkan pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: 8 Sertifikasi IT yang Berguna untuk Perkembangan Karir

5. Tahun 1993

  • Browser Mosaic: Munculnya browser Mosaic, salah satu web browser pertama dengan antarmuka bergambar. Mosaic bersifat gratis dan kompatibel dengan berbagai platform, sehingga memperluas aksesibilitas web kepada pengguna yang lebih luas.
  • Mesin Pencari ALIWEB: Mesin pencari ALIWEB (Archie Like Indexing for the Web) muncul di tahun 1993. Keunggulan utamanya dibanding pendahulunya adalah penggunaan warna untuk menarik perhatian pengguna ke halaman web terbaik. 
  • Landing Page Pertama: MTV, saluran video musik, menorehkan sejarah perkembangan website dengan membuat landing page pertama. Halaman ini, dikelola oleh Video Journalist Adam Curry yang menampilkan gambar berwarna cerah dan desain yang sangat berbeda dari situs web di tahun-tahun sebelumnya.

6. Tahun 1994

  • Iklan Banner Pertama: Iklan banner online pertama muncul di situs Hotwire (sekarang Wired) pada tahun 1994. Situs ini memiliki desain minimalis berwarna cerah, dan iklan tersebut bertuliskan “Have you ever clicked your mouse right here? You will.”. Ini menandai dimulainya era periklanan digital yang kini menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman online kita.
  • Validator HTML: Munculnya validator HTML pada tahun 1994 membantu banyak developer dan desainer web untuk memastikan kode mereka valid dan kompatibel dengan browser yang berbeda.
  • World Wide Web Consortium (W3C): Di bawah kepemimpinan Tim Berners-Lee, W3C dibentuk pada tahun 1994 untuk membuat standar dan pedoman bagi pengembangan web. Organisasi ini bertanggung jawab atas standarisasi HTML, CSS, XHML, dan XML.
  • Font Comic Sans: Comic Sans lahir pada tahun 1994. Font ini mudah untuk dibaca dan direkomendasikan untuk mengajar orang dengan disleksia.

7. Tahun 1995

  • Mesin Pencari AltaVista: Mesin pencari AltaVista, yang terkenal dengan kecepatan dan kemampuan pencarian teks lengkapnya, lahir pada tahun 1995. Meskipun akhirnya diakuisisi oleh Yahoo! dan ditutup pada tahun 2013 karena keunggulan Google, AltaVista pernah populer di bidang pencarian online.
  • Kelahiran JavaScript: Brendan Eich menciptakan JavaScript pada tahun 1995 untuk browser Netscape 2. Tujuannya adalah untuk membuat antarmuka web lebih dinamis dan interaktif. JavaScript memungkinkan website untuk berinteraksi dengan pengguna secara real-time, misalnya dengan mendeteksi gerakan kursor atau klik tombol dan merespons sesuai keinginan desainer. Sebelumnya, hal ini tidak mungkin dilakukan.
  • HTML 2.0 dan Kemampuan Baru: Standar HTML 2.0 dirilis pada tahun 1995, memberikan developer kemampuan untuk membuat tabel, formulir, grafik, dan elemen web lainnya.
  • Lahirnya Istilah “User Experience” (UX): Istilah “User Experience” atau UX pertama kali muncul di sebuah konferensi di Denver, Colorado pada tahun 1995. Sejak saat itu, konsep UX menjadi semakin penting dalam desain web.

Baca Juga: Apa Itu JavaScript & Fungsinya dalam Pengembangan Website

8. Tahun 1996

  • Kemunculan Cascading Style Sheets (CSS): Håkon Wium Lie memperkenalkan CSS pada tahun 1996, yang memberikan para web developer kemampuan untuk mengedit dan mendesain halaman dengan lebih mudah.
  • Munculnya Macromedia Flash: Software Macromedia Flash 1.0 muncul pada tahun 1996, memungkinkan pengguna untuk membuat animasi vektor. Flash memungkinkan integrasi animasi dan audio ke dalam website, menciptakan pengalaman yang lebih interaktif.

9. Tahun 1997-1998

  • Software Desain Web yang Mudah Digunakan: Hadirnya perangkat lunak seperti Dreamweaver, GoLive, dan lainnya membuat pengembangan web menjadi lebih mudah dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki latar belakang teknis. Akibatnya, pembuatan web menjadi keahlian dan karir yang semakin populer.
  • Macromedia Fireworks: Perangkat lunak ini memungkinkan desainer untuk bekerja dengan grafik vektor dan bitmap, memberikan lebih banyak fleksibilitas dan kreativitas dalam pembuatan elemen visual website.
  • Kelahiran Google: Mesin pencari Google muncul pada tahun 1998 dan perlahan-lahan menjadi raksasa di bidang pencarian online. Algoritma Google yang berfokus pada relevansi bagi pengguna menjadi terobosan penting dalam dunia SEO (Search Engine Optimization) dan mengubah cara kita mencari informasi.

10. Tahun 2000-2004

  • Peningkatan Pengguna Internet: Jumlah pengguna internet diperkirakan mencapai 36 juta pada tahun 2004.
  • Munculnya Situs Penting: Banyak situs web terkenal lahir pada periode ini, seperti DeviantArt, Google, Yahoo!, WordPress, Wikipedia, dan PayPal.
  • Content Management System: Content Management System (CMS) menjadi populer karena dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengelola konten website tanpa keahlian teknis yang tinggi.
  • Lahirnya Media Sosial: Media sosial mulai muncul dan berkembang pesat. Myspace muncul pada tahun 2004 dan semakin memperkuat popularitas media sosial. 

11. Tahun 2004-2007

  • Pembuatan Website yang Semakin Mudah: Platform pembuatan website tanpa kode atau dengan kode sederhana bermunculan. Teknologi memungkinkan pengembangan website dengan mudah tanpa pengetahuan tentang HTML atau praktik pengkodean lainnya.
  • Platform ikonik bermunculan: Flickr, Reddit, YouTube, dan Facebook hadir menjadi situs yang populer.

12. Tahun 2007-2013

Periode 2007-2013 ditandai dengan beberapa perkembangan revolusioner dalam dunia web:

  • Era Smartphone: Munculnya smartphone, khususnya iPhone pada tahun 2007 telah memicu pergeseran besar dalam desain web. Fokus beralih ke pengembangan aplikasi mobile dan dukungan lintas platform. 
  • Desain Responsif (2010): Sekitar tahun 2010, desain responsif menjadi hal penting bagi para pengembang web. Desain ini memungkinkan mereka untuk membuat situs web yang dapat menyesuaikan dan menskalakan tampilannya secara otomatis, terlepas dari perangkat yang digunakan pengguna (komputer, tablet, smartphone).
  • Kelahiran React (2013): Pada tahun 2013, React muncul sebagai library open-source yang memudahkan pembuatan antarmuka pengguna dan komponen UI untuk aplikasi web.

13. Tahun 2013-2021

  • Keragaman Teknologi Web: Meskipun HTML dan CSS masih menjadi fondasi utama desain web, namun pilihan teknologi semakin beragam tergantung kebutuhan proyek. JavaScript, HTML, CSS, dan framework lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga web developer harus memilih dan menguasai bahasa serta framework yang sesuai dengan spesialisasinya.
  • Dominasi Mobile: Menjelang tahun 2019, pengguna lebih banyak mengakses internet melalui perangkat mobile daripada desktop. Hal ini semakin menggeser fokus pada pengembangan website yang lebih responsif dan user-friendly.

14. Tahun 2022-Sekarang

  • Dominasi JavaScript: JavaScript tetap menjadi bahasa pemrograman utama untuk membangun aplikasi dan situs website.
  • Desain minimalis: Desain minimalis menjadi pilihan populer, namun ada tren menarik yaitu kembalinya font-font retro yang memberikan sentuhan unik.
  • Scrolling Interaktif: Pernahkah Anda memperhatikan halaman web yang berubah saat Anda scroll? Tren ini semakin populer untuk menampilkan informasi dan media. Hal ini bertujuan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih imersif dan intuitif, layaknya aplikasi mobile.

Baca Juga: Apa Itu Programmer: Jenis & Panduan untuk Mendapatkan Programmer yang Tepat

Demikian informasi yang dapat kami sajikan mengenai sejarah perkembangan website. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan website telah mengubah cara kita menjelajahi dan berinteraksi dengan dunia digital. Dari kemunculan pertama website pada tahun 1989 hingga saat ini, website telah menjadi jendela virtual yang membuka akses tak terbatas ke informasi, komunikasi, dan layanan online.

Kebutuhan akan pengembangan website yang profesional pun semakin meningkat seiring semakin banyaknya perusahaan yang mengandalkan platform online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Oleh karena itulah, KAZOKKU menghadirkan jasa outsourcing IT. Baik Anda perusahaan yang sedang mencari tenaga ahli IT, atau kandidat yang ingin mengembangkan karir di bidang pengembangan website, kami memiliki solusinya untuk Anda. 

KAZOKKU adalah perusahaan outsourcing yang fokus pada penyediaan tenaga kerja ahli di bidang IT. Kami dapat menyediakan tenaga kerja untuk membantu pengembangan website di perusahaan Anda mulai dari back end developer, front end developer, dll. Selain itu, jika Anda adalah tenaga ahli IT yang tertarik untuk bekerja di lingkungan yang terus berkembang, kami memiliki banyak lowongan kerja IT untuk Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, silakan hubungi tim KAZOKKU. Kami akan selalu siap membantu!

Artikel Terkait

Contact Us