Cara Membuat Website Sendiri, Panduan untuk Pemula
Published February 7, 2024

Cara Membuat Website Sendiri, Panduan untuk Pemula

Ingin belajar cara membuat website? Panduan untuk pemula ini akan membantu Anda membuat website sendiri dengan langkah-langkah yang mudah. Silakan simak artikel kami berikut.

Di era digital ini, memiliki website merupakan kebutuhan esensial bagi individu maupun bisnis. Website berfungsi sebagai identitas online, platform untuk berbagi informasi, dan bahkan alat untuk membangun bisnis online.

Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya pembuatan website yang besar, maka Anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa prosesnya mungkin terasa rumit dan membingungkan. Oleh karena itu, pada artikel berikut kami menyediakan panduannya untuk Anda. Perlu Anda ketahui bahwa panduan ini kami tulis untuk pemula. 

Cara Membuat Website Sendiri, Langkah Persiapan

Langkah 1: Pilih nama domain

Pertama, Anda perlu memilih nama domain untuk website yang akan dikembangkan. Secara garis besar, nama domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengakses sebuah website di internet.

Saat memilih nama domain , ada beberapa hal yang harus diingat, yaitu:

  • Jika Anda akan mengembangkan web bisnis, maka nama domain sebaiknya sesuai dengan nama perusahaan Anda.
  • Jika berencana membuat situs web pribadi atau blog untuk diri sendiri, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan nama Anda sendiri karena Anda bisa sekaligus membuat portofolio online.
  • Biasanya, nama domain diakhiri dengan .com, .net, .org, .id, dll. Jika Anda ingin nama domain Anda ditujukan untuk populasi global, maka coba daftarkan versi .com. Jika Anda ingin menargetkan pengunjung lokal dari Indonesia pilih ekstensi .id. 

Langkah 2 : Dapatkan akun web hosting. 

Selain nama domain, Anda juga memerlukan web hosting yaitu tempat penyimpanan online untuk seluruh data situs web. Pastikan Anda memilih web hosting terbaik serta sesuai dengan kebutuhan agar website bisa diakses dengan lancar, bahkan saat dikunjungi oleh ribuan pengunjung.

Saat memilih web hosting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  • Pastikan Anda memperhatikan kebutuhan website seperti Diskspace, RAM, Bandwidth, Entry Process (EP), dan I/O yang diperlukan.
  • Anda dapat memilih server yang cocok dengan target pasar atau pengunjung website Anda. Jika target pasar Anda adalah pengunjung lokal, disarankan untuk memilih web hosting dengan server yang berlokasi di Indonesia.

Langkah 3 : Pilih platform untuk membuat website

Cara membuat website sendiri tanpa pengetahuan coding bisa dilakukan dengan memanfaatkan CMS atau website builder. Namun kali ini kami akan memberikan panduan cara membuat website menggunakan CMS WordPress. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Website, Mana yang Sesuai Kebutuhan Anda?

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Cara Membuat Website Sendiri menggunakan WordPress

1. Instal WordPress 

Setelah beberapa langkah persiapan telah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress di akun hosting Anda. Jika Anda membeli hosting dengan fitur auto install WordPress, proses pemasangannya tentu akan menjadi lebih mudah.

Perlu Anda ketahui, tahap instalasi WordPress dapat bervariasi tergantung penyedia hosting yang Anda gunakan. Namun, sebagian besar penyedia hosting menggunakan cPanel standar, sehingga proses instalasi WordPress hampir serupa. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menginstal WordPress: 

  • Masuk ke akun hosting cPanel Anda.
  • Setelah berada di halaman admin, cari auto installer dan masuk ke dalam menu tersebut.
  • Selanjutnya, cari WordPress dan klik tombol install.

Jika Anda mengalami kendala selama proses instalasi WordPress, jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan hosting yang Anda gunakan untuk mendapatkan bantuan.

2. Atur tampilan website

Cara membuat website yang menarik adalah dengan mengatur tampilan website WordPress yang Anda buat. WordPress menawarkan berbagai tema yang berbeda. Anda dapat mencoba “mendemonstrasikan” setiap tema untuk menemukan tema yang paling cocok dengan vibe yang ingin Anda tampilkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang tema WordPress gratis:

  • Masuk ke dasbor WordPress.
  • Arahkan kursor ke “Appearance” dan klik “Themes”.
  • Setelah masuk ke dasbor tema, klik tombol “Add New”.
  • Cari tema yang sesuai dengan bidang industri atau vibe yang Anda inginkan.
  • Jika Anda menemukan tema yang sesuai, klik “Install” di bawah tema untuk mengunduhnya.
  • Selanjutnya, akan muncul tombol “Activate” di bawah tema tersebut. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkan tema.

Jika Anda menggunakan tema premium, Anda perlu mengunggah file secara manual setelah membelinya. Caranya, kembali ke dasbor -> Appearance -> Themes -> Add New Theme, lalu klik tombol “Upload Theme”. Kemudian pilih file .zip tema yang Anda miliki, dan setelah proses pengunggahan selesai, pilih “Activate” untuk mengaktifkan tema tersebut.

3. Instal WordPress plugin 

Setelah Anda mengatur tema, Anda bisa lanjut ke cara membuat website berikutnya yaitu menginstal WordPress Plugin. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja situs web Anda.

Pada dasarnya, plugin WordPress adalah perangkat lunak yang berisi berbagai fungsi yang dapat ditambahkan ke situs WordPress Anda. Plugin ini memungkinkan Anda untuk memperluas fungsionalitas situs web, seperti mengubah tata letak, menambahkan fitur toko online, mengoptimalkan SEO, dan masih banyak lagi.

Beberapa plugin WordPress populer yang sering digunakan oleh pemilik website antara lain:

  • Yoast SEO: Plugin untuk meningkatkan SEO halaman website.
  • WooCommerce: Plugin e-commerce untuk mengembangkan toko online melalui WordPress.
  • Jetpack: Plugin untuk menyesuaikan tema website dan meningkatkan keamanan web.
  • W3 Total Cache: Plugin untuk mengelola cache situs web.
  • WPForms: Plugin untuk membuat formulir yang digunakan oleh pengunjung website, seperti langganan email, pemesanan online, pembayaran, dan lain-lain.

Berikut adalah cara memasang plugin WordPress:

  • Masuk ke dasbor WordPress.
  • Buka menu “Plugin”.
  • Gunakan kotak pencarian untuk mencari plugin yang ingin Anda pasang.
  • Setelah menemukan plugin yang diinginkan, klik tombol “Install”.
  • Setelah plugin terinstal, klik tombol “Activate Plugin”.

4. Mulai buat konten website Anda

Sebuah website tanpa konten tentu tidak menarik bagi pengguna atau audiens target Anda. Jadi, Anda perlu menyediakannya. Secara umum, WordPress memiliki dua jenis konten utama, yaitu:

a. Pages

Pages adalah halaman website yang bersifat statis seperti Halaman Beranda, Layanan, Tentang Kami, Kontak, Kebijakan Privasi, dan lain-lain. Untuk menambahkan halaman baru pada website Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu “Pages” di area admin WordPress, kemudian klik tombol “Add New”.
  • Isi judul sesuai dengan nama halaman yang Anda inginkan, misalnya “Beranda”.
  • Tambahkan deskripsi halaman menggunakan teks, gambar, atau video.
  • Setelah konten halaman telah Anda tambahkan, tekan tombol “Publish” untuk menampilkan halaman tersebut di website Anda.

b. Posts

Posts adalah konten yang akan ditampilkan di bagian blog website Anda. Dengan ini, Anda dapat berbagi artikel, berita, atau informasi terbaru seputar bisnis atau perusahaan Anda. Konten yang ditampilkan di bagian blog akan muncul dalam urutan terbalik, sehingga posting terbaru akan muncul di bagian paling atas.

Untuk membuat postingan blog, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu “Post” di area admin WordPress, kemudian klik “Add New”.
  • Buat konten artikel atau berita yang ingin Anda posting.
  • Setelah konten selesai dibuat, tekan tombol “Publish” untuk mempublikasikan artikel tersebut di halaman web Anda.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Website, Lihat Timeline-nya di Sini!

Demikian cara membuat website sendiri menggunakan WordPress. Dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat membuat halaman-halaman, menambahkan konten, menginstal tema, dan memasang plugin untuk meningkatkan fungsionalitas situs web Anda.

Membuat website menggunakan WordPress memberikan Anda fleksibilitas dan kemudahan dalam mengelola konten serta tampilan website Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan tema, plugin, dan konten yang sesuai dengan visi dan tujuan Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan website perusahaan dan membutuhkan tim berpengalaman, kami bisa menyediakan web developer profesional untuk Anda. KAZOKKU adalah perusahaan IT Outsourcing yang tepercaya di Indonesia. Dalam waktu yang cepat, kami dapat dapat menyediakan tenaga ahli untuk pengembangan website sehingga proyek Anda bisa segera berjalan. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut.  

Artikel Terkait

Contact Us