Apa Itu UI UX Designer? Simak, Ini Tugasnya di Perusahaan
Published February 27, 2024

Apa Itu UI UX Designer? Simak, Ini Tugasnya di Perusahaan

Apa itu UI UX Designer? Di era serba digital seperti saat ini, tugas UI UX Designer menjadi semakin penting. Simak artikel kami berikut untuk mengetahui job description profesi ini.

Pernahkah Anda merasa bingung menggunakan aplikasi atau website tertentu? Tombolnya sulit ditemukan, alurnya tidak intuitif, atau tampilannya membingungkan? Inilah saat di mana UI UX Designer dibutuhkan. 

UI UX Designer adalah profesi yang berperan untuk menjembatani antara teknologi dan pengguna. Mereka bertanggung jawab untuk merancang User Interface (UI) yang menarik dan User Experience (UX) yang mudah dioperasikan pada produk-produk digital seperti website atau aplikasi seluler. Agar Anda bisa lebih memahami apa itu UI UX Designer, berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Apa Itu UI UX Designer?

UI UX Designer adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merancang antarmuka pengguna atau User Interface (UI) dan pengalaman pengguna atau User Experience (UX) yang optimal dalam suatu produk dan layanan digital. Mereka merancang elemen-elemen seperti tata letak, warna, ikon, dan tipografi untuk menciptakan desain yang estetis dan fungsional. 

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengguna memiliki pengalaman yang memuaskan saat berinteraksi dengan produk atau layanan digital tersebut. Singkatnya, UI UX designer fokus pada bagaimana pengguna berinteraksi dengan suatu produk atau layanan secara visual dan fungsional.

Untuk menghasilkan desain yang memuaskan, UI UX Designer akan melakukan riset untuk memahami kebutuhan dan preferensi pengguna. Selanjutnya, mereka akan mulai membuat desain dari fase awal seperti sketsa dan wireframe hingga fase akhir berupa prototipe dan desain final. Selama proses ini, UI UX Designer juga melakukan pengujian dan evaluasi  secara berulang untuk memastikan bahwa desain yang mereka buat sudah sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna.

Secara keseluruhan, UI UX Designer adalah penghubung antara pengguna dengan produk atau layanan digital. Mereka bekerja untuk menciptakan antarmuka pengguna yang menarik, fungsional, dan memastikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Dengan pengetahuan dan keterampilan dalam desain UI dan UX, mereka berperan penting dalam menghadirkan produk atau layanan yang sukses di pasar.

Apa yang Dimaksud dengan UI dan UX?

Dalam penjelasan sebelumnya kami telah menginformasikan apa itu UI UX Designer. Sekarang, mari kita pahami lebih lanjut mengenai apa itu UI dan UX. 

UI (User Interface) dan UX (User Experience) adalah dua aspek penting dalam desain produk digital, seperti website, aplikasi mobile, game, atau yang lain. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya:

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

UI (User Interface)

UI (User Interface) atau antarmuka pengguna adalah semua elemen visual dan interaktif yang digunakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan produk atau layanan. Ini mencakup tata letak, warna, ikon, tombol, dan elemen desain lainnya.

Tujuan utama dari pembuatan desain UI adalah untuk memberikan pengalaman visual yang menarik dan intuitif kepada pengguna. Oleh karena itu, UI designer akan menciptakan desain yang menarik dan mudah dioperasikan, sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan produk atau layanan digital yang mereka gunakan.

UX (User Experience)

UX (User Experience) atau pengalaman pengguna adalah keseluruhan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan produk atau layanan digital. User Experience mencakup segala aspek dari interaksi pengguna, termasuk persepsi, emosi, respons, dan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pengguna.

Jika desain UI berfokus pada aspek visual yang dilihat oleh pengguna, maka desain UX lebih memperhatikan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan produk digital. Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik, desain yang dibuat haruslah mudah dioperasikan, tidak rumit, dan mudah dipahami. Oleh karena itu, UX designer harus bisa memahami dengan baik kebiasaan dan kebutuhan pengguna saat mengoperasikan produk atau layanan digital.

Baca Juga: Tugas IT Project Manager Outsourcing yang Perlu Anda Ketahui

Apa Tugas UI UX Designer?

Tugas UI UX Designer dapat bervariasi tergantung pada proyek dan perusahaan tempat mereka bekerja. Namun secara umum, berikut adalah tanggung jawab UI UX designer di perusahaan.

1. Riset pengguna

  • Mempelajari secara mendalam kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna target produk atau layanan digital.
  • Mengumpulkan data melalui wawancara, survei, atau analisis pengguna untuk memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik.

2. Desain Antarmuka Pengguna (UI)

  • Membuat elemen visual seperti tombol, ikon, warna, dan tata letak.
  • Merancang layout halaman atau layar aplikasi untuk memastikan keteraturan dan konsistensi visual.
  • Mengembangkan prototipe dan mockup untuk menggambarkan desain secara keseluruhan.

3. Desain Pengalaman Pengguna (UX)

  • Mempelajari pasar dan menganalisis kebutuhan serta preferensi pengguna.
  • Membuat user personas dan user journey mapping untuk memahami alur interaksi mereka.
  • Merancang wireframe dan prototype interaktif untuk merinci alur pengalaman pengguna.
  • Melakukan pengujian dan mendapatkan umpan balik untuk memperbaiki desain.

4. Berkolaborasi dan berkomunikasi dengan tim

  • Bekerja sama dengan tim pengembangan, manajemen produk, dan pihak terkait lainnya.
  • Berkomunikasi secara efektif dengan tim pengembang untuk memahami kebutuhan proyek dan menerjemahkan kebutuhan proyek ke dalam desain yang relevan serta mudah dipahami pengguna.

5. Memahami teknologi

  • Memilih teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek dan target pengguna.
  • Merancang solusi yang dapat diimplementasikan dengan teknologi yang tersedia.

6. Melakukan evaluasi dan pembaruan

  • Melakukan pembaruan dan perbaikan atau pembaruan berdasarkan hasil evaluasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

7. Mengikuti tren dan inovasi

  • Tetap mengikuti perkembangan tren desain dan teknologi terbaru.
  • Mencari inovasi dan mempertimbangkan cara-cara baru untuk meningkatkan desain produk.

Baca Juga: Apa Tugas Business Analyst di Perusahaan? Ini Penjelasannya!

Apa Keahlian yang Harus Dikuasai UI UX Designer?

  1. Kemampuan desain Grafis: Memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip desain grafis, komposisi, tipografi, dan warna.
  2. Pemahaman tentang UX principles: Memahami prinsip-prinsip pengalaman pengguna, seperti navigasi yang intuitif, konsistensi desain, dan kepuasan pengguna.
  3. Pemahaman tentang UI design: Mampu merancang antarmuka pengguna yang menarik dan fungsional dengan menggunakan berbagai alat desain.
  4. Pengetahuan tentang tools desain: Menguasai perangkat lunak desain seperti Adobe XD, Sketch, Figma, atau Adobe Illustrator.
  5. Kemampuan prototyping: Mampu membuat prototipe interaktif untuk menguji dan memvalidasi desain sebelum implementasi.
  6. Kemampuan riset pengguna: Mampu melakukan penelitian pasar dan pengguna, serta menganalisis data untuk memahami kebutuhan dan preferensi pengguna.
  7. Keterampilan pemecahan masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah desain dan menemukan solusi yang efektif untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  8. Keterampilan komunikasi: Menguasai cara berkomunikasi yang baik dan efektif dengan anggota tim, pemangku kepentingan, dan pengguna.
  9. Kolaborasi tim: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim lintas fungsional untuk mencapai kesuksesan proyek.
  10. Keterampilan manajemen proyek: Kemampuan untuk mengelola waktu dan sumber daya proyek dengan efisien.
  11. Pemahaman tentang aspek teknis: Memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi web dan mobile, serta memahami keterbatasan dan peluang yang ditawarkan oleh platform tersebut.

Dengan kombinasi keahlian ini, seorang UI UX designer dapat menciptakan produk digital yang menarik, fungsional, dan memuaskan bagi pengguna. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai apa itu UI UX Designer. Jika Anda membutuhkan tenaga kerja outsourcing untuk mengembangkan desain produk digital Anda, silakan hubungi KAZOKKU.

Baca Juga: Perbedaan Outsourcing dan Headhunter, Mana yang Sebaiknya Dipilih? 

KAZOKKU: Solusi Tepat untuk Kebutuhan UI UX Designer Anda

KAZOKKU adalah perusahaan outsourcing terbaik di Indonesia yang menyediakan layanan IT outsourcing profesional. Kami menyediakan UI/UX Designer Outsourcing berpengalaman yang telah mengerjakan berbagai proyek untuk berbagai perusahaan, mulai dari startup hingga perusahaan besar.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan layanan UI/UX Designer outsourcing dari KAZOKKU:

  • Hemat waktu dan biaya: Anda tidak perlu repot mencari, merekrut, dan melatih UI/UX Designer sendiri.
  • Akses ke tim desainer yang berpengalaman: Kami dapat menyediakan UI/UX yang telah berpengalaman dalam mengerjakan desain UI/UX untuk beragam produk digital.
  • Desain yang berkualitas tinggi: tenaga kerja kami memiliki komitmen untuk menghasilkan desain UI/UX yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Silakan klik UI UX Designer Outsourcing untuk informasi selengkapnya. Hubungi KAZOKKU jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi secara lebih lanjut mengenai solusi ini. Kami siap membantu!

Saat ini KAZOKKU juga menyediakan beragam lowongan kerja. Untuk para pencari kerja yang tertarik untuk mengembangkan karir di dunia IT, silakan bergabung bersama tim KAZOKKU. Klik Lowongan Kerja IT untuk info lebih lanjut. 

Artikel Terkait

Contact Us