Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Serta Contohnya

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Serta Contohnya

Membuat surat lamaran kerja yang profesional dan menarik merupakan langkah krusial untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Jika Anda adalah seorang fresh graduate dan belum mengetahui bagaimana cara membuatnya, silakan simak artikel berikut. Kami akan menyediakan panduannya untuk Anda.

Saat melamar pekerjaan, Anda tidak hanya menyiapkan daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae saja. Anda juga perlu membuat surat lamaran kerja untuk memperkenalkan diri, menyampaikan minat dan motivasi dalam melamar pekerjaan, serta menjelaskan kualifikasi dan pengalaman yang Anda miliki.

Sebelum kami bagikan tips atau cara membuat surat lamaran kerja, perlu Anda pahami dahulu bahwa CV dan surat lamaran kerja adalah dua hal yang berbeda. CV (Curriculum Vitae) merupakan daftar riwayat hidup yang berisi informasi secara keseluruhan tentang pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, penghargaan, dan pencapaian Anda. Sedangkan surat lamaran kerja adalah dokumen yang digunakan oleh pelamar untuk mengajukan permohonan pekerjaan ke perusahaan yang sedang membuka lowongan. Surat ini berfungsi sebagai pengantar yang menjelaskan minat dan motivasi pelamar untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Jadi, Anda sudah tahu ya apa perbedaan kedua dokumen tersebut? Sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang profesional. Yuk, simak!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Profesional

1. Sapa penerima surat

Pertama, isi tanggal pengiriman surat di pojok kanan atas. Selanjutnya, saat membuat surat lamaran kerja, pastikan Anda membuka dengan menyapa penerima surat dengan menggunakan gelar yang tepat, seperti “Bapak/Ibu” atau “Tim Perekrutan”. Jika memungkinkan, cari tahu nama lengkap penerima untuk memberikan kesan yang lebih personal dalam surat.

2. Gunakan format yang tepat

Mulailah dengan menulis informasi kontak Anda di bagian atas surat. Anda bisa mencantumkan info seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

3. Pengenalan dan tujuan Anda mengirim surat lamaran

Tujuan utama membuat surat lamaran kerja adalah untuk pengenalan diri kepada calon perusahaan dan menunjukkan minat Anda terhadap posisi yang dilamar. Jadi, mulailah dengan memperkenalkan diri secara singkat dan sampaikan minat Anda terhadap perusahaan atau posisi yang ingin Anda lamar.

4. Soroti kualifikasi dan pengalaman

Secara singkat jelaskan pengalaman kerja, pendidikan, atau keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Selain itu, Anda juga bisa memberikan contoh konkret tentang prestasi atau proyek sukses yang Anda kerjakan untuk memperkuat kualifikasi.

5. Sampaikan motivasi

Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan atau posisi tersebut.

Tunjukkan bagaimana kualifikasi dan pengalaman Anda cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat LinkedIn Menarik bagi Recruiter, Ini Triknya!

6. Gunakan bahasa yang jelas dan profesional

Saat membuat surat lamaran kerja, hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau tidak sesuai dengan konteks surat lamaran kerja. Jadi, gunakan kalimat formal yang jelas, singkat, dan langsung ke inti.

7. Penutup yang kuat

Sampaikan apresiasi Anda atas pertimbangan pihak perusahaan dan ungkapkan harapan Anda untuk dapat berdiskusi lebih lanjut dalam wawancara. Gunakan salam penutup yang formal, seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih atas perhatian Anda”. Kemudian tandatangani surat lamaran jika dicetak, atau gunakan tanda tangan elektronik jika Anda ingin mengirimnya secara digital.

9. Periksa kembali dan revisi

Selalu periksa tata bahasa, ejaan, dan kesalahan penulisan sebelum mengirimkan surat. Hal ini penting karena kesalahan penulisan bisa membuat Anda terlihat tidak teliti. Selain itu, pastikan juga surat lamaran terlihat terstruktur dengan baik dan mudah dibaca.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang profesional, mencerminkan kualifikasi Anda dengan baik, dan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan perhatian dari perekrut.

Baca Juga: Contoh Proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan, Tahapan yang Perlu Dilalui

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja, berikut kami sediakan contoh yang bisa Anda jadikan sebagai acuan. Berikut contoh surat lamaran kerja untuk mengisi posisi Back-End Developer di perusahaan IT outsourcing.

Contoh

Kepada Yth,

[Bapak/Ibu/Nama Tim Perekrutan]

[Alamat Perusahaan IT Outsourcing]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …
Alamat : …
Email : …
No telepon:

Dengan ini mengajukan lamaran untuk posisi Back-End Developer yang tersedia di perusahaan [Nama Perusahaan IT Outsourcing]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini & berkontribusi dalam menghasilkan solusi IT inovatif dan berkualitas.

Saya memiliki latar belakang pendidikan [Gelar Pendidikan Anda] dan berpengalaman dalam pengembangan perangkat lunak, khususnya di bidang back-end development. Saya menguasai bahasa pemrograman Java serta memiliki pengetahuan mendalam tentang kerangka kerja seperti Spring & Hibernate.

Selama [jumlah tahun] tahun terakhir, saya bekerja sebagai Back-End Developer di perusahaan IT terkemuka, di mana saya terlibat dalam pengembangan sistem yang kompleks dan tuntutan yang tinggi. Saya memiliki pengalaman dalam merancang dan mengimplementasikan arsitektur back-end yang efisien, memastikan keamanan data, dan meningkatkan kinerja aplikasi web. Saya juga terampil dalam pengujian, debugging, dan pemeliharaan sistem untuk memastikan operasional yang lancar.

Saya tertarik dengan perusahaan [Nama Perusahaan IT Outsourcing] karena reputasinya yang solid dalam menyediakan solusi IT yang inovatif dan berkualitas tinggi. Saya terkesan dengan tim yang berbakat dan lingkungan kerja kolaboratif yang perusahaan ini tawarkan. Saya yakin bahwa dengan kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang saya miliki, saya dapat berkontribusi secara signifikan dalam menghadirkan solusi back-end yang andal dan memenuhi harapan klien.

Saya sangat menghargai kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara kerja. Saya siap untuk memberikan portofolio dan informasi lebih lanjut tentang proyek-proyek yang pernah saya kerjakan sebagai referensi. Terlampir, saya sertakan CV saya yang berisi rincian lengkap tentang latar belakang, pendidikan, dan pengalaman kerja saya.

Terima kasih atas perhatian Anda. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim yang dinamis dan inovatif di [Nama Perusahaan IT Outsourcing]. Saya menantikan kesempatan untuk berkontribusi secara positif dan memperluas pengetahuan dan keterampilan saya.

Hormat saya,

[Nama Anda]

[Tanda Tangan]

Baca Juga: Cara Melamar Kerja Lewat Email, Panduan Agar Dilirik Recruiter

Raih Karir Impian Anda di KAZOKKU!

Demikian cara membuat surat lamaran kerja dan contohnya. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang karir di bidang IT, KAZOKKU membuka beragam lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. KAZOKKU adalah perusahaan outsourcing terbaik di Indonesia yang menyediakan tenaga kerja ahli IT. Kami menawarkan lingkungan kerja yang dinamis, penuh dengan talenta-talenta muda dan kreatif, serta kesempatan untuk mengembangkan diri dan belajar teknologi terbaru.

Silakan klik Lowongan IT untuk melihat daftar posisi yang sedang kami butuhkan. Ayo, apply sekarang!

Artikel Terkait

Contact Us