Pertanyaan Interview Kerja & Jawabannya untuk Software Developer
Published April 2, 2024

Pertanyaan Interview Kerja & Jawabannya untuk Software Developer

Pelajari beberapa pertanyaan interview kerja dan jawabannya di sini. Dengan mengetahui contohnya, Anda bisa mempersiapkan wawancara kerja dengan lebih baik.

Anda telah mengirimkan lamaran untuk posisi software developer dan mendapatkan undangan untuk wawancara. Ini merupakan peluang yang menarik, namun Anda menyadari bahwa saat ini pasar kerja di bidang IT semakin kompetitif. Oleh karena itu, Anda mencari contoh pertanyaan interview kerja dan jawabannya untuk memastikan kelancaran dalam proses seleksi ini.

Perlu Anda ketahui, ketika mengikuti wawancara untuk posisi software developer, recruiter mungkin akan mengajukan berbagai pertanyaan terkait keahlian dan pengalaman Anda. Silakan simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan dan contoh-contoh cara menjawabnya dengan efektif.

Pertanyaan Interview Kerja Umum dan Cara Menjawabnya

1. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?

Recruiter mengajukan pertanyaan ini karena mereka ingin memahami alasan spesifik mengapa Anda tertarik bekerja untuk perusahaan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan ini, penting untuk melakukan riset tentang jenis proyek yang dikerjakan oleh perusahaan, peluang yang ditawarkan, serta budaya perusahaan. Selanjutnya Anda bisa menjawab dengan mengaitkannya dengan informasi yang sudah Anda dapat.

Contoh:

Saya sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan ini karena saya telah melakukan riset yang mendalam dan sangat terkesan dengan reputasi perusahaan dalam menciptakan inovasi di bidang teknologi. Saya percaya bahwa pengalaman saya dalam pengembangan software dan kemampuan saya untuk bekerja dalam tim yang solid akan berkontribusi secara positif dalam mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, saya sangat antusias dengan proyek XYZ yang perusahaan ini jalankan.

2. Jelaskan masalah yang Anda temui dalam pengembangan perangkat lunak dan cara Anda menyelesaikannya

Recruiter seringkali mengajukan pertanyaan interview kerja semacam ini karena mereka ingin mendapatkan pemahaman tentang metode yang Anda gunakan untuk memecahkan masalah dan bagaimana Anda berkolaborasi dengan tim. Untuk menjawabnya, fokuslah pada tantangan nyata dalam bidang perangkat lunak yang pernah Anda hadapi di masa lalu, dan jelaskan proses sebenarnya yang Anda lakukan untuk mengatasinya.

Contoh:

Saya pernah menghadapi masalah integrasi sistem saat mengembangkan perangkat lunak sebelumnya. Saya menganalisis masalah, merancang rencana integrasi yang lebih baik, melakukan pengujian menyeluruh, dan berkolaborasi dengan tim untuk memperbaikinya. Akhirnya, kami berhasil mengintegrasikan sistem dengan sukses dan meningkatkan kinerja aplikasi secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Serta Contohnya

3. Bagaimana Anda menangani konflik atau perselisihan dalam tim?

Kerja tim sangat penting untuk keberhasilan pengembangan perangkat lunak. Oleh karena itu, banyak perusahaan ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Anda bekerja dengan anggota tim lainnya selama proses pengembangan, terutama ketika situasi sulit muncul. Saat menjawab pertanyaan ini, fokuslah pada tindakan positif yang telah Anda ambil di masa lalu untuk menyelesaikan konflik dalam tim.

Contoh:

Dalam pengalaman saya sebelumnya, saya telah menghadapi situasi perselisihan dalam tim, baik itu perbedaan pendapat atau ketidaksepakatan dalam pendekatan pekerjaan. Untuk menyelesaikan konflik tersebut, saya selalu mengambil langkah-langkah seperti mengedepankan komunikasi yang jujur dan terbuka serta mencari win-win solution. 

4. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda ditugaskan untuk sebuah proyek dengan teknologi yang belum Anda kenal?

Teknologi terus berkembang sehingga pertanyaan ini diajukan untuk mendapatkan pemahaman tentang kemampuan Anda dalam mempelajari teknologi baru di bawah tekanan. Saat menjawab pertanyaan ini, jelaskan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari teknologi baru tersebut.

Contoh:

Jika saya ditugaskan dalam proyek dengan teknologi yang belum saya kenal, saya akan mengambil beberapa langkah untuk mempelajarinya. Pertama, saya akan membaca sumber daya online untuk memperoleh pemahaman awal tentang teknologi tersebut. Saya juga akan mencari kursus atau pelatihan yang dapat membantu saya memperoleh keterampilan yang diperlukan. Selain itu, saya akan berkolaborasi dengan rekan tim dan mencari bantuan dari orang-orang yang memiliki pengalaman dalam teknologi tersebut agar bisa menguasainya dengan baik.

5. Bagaimana cara agar Anda bisa tetap up to date dengan teknologi terbaru

Sama seperti pertanyaan sebelumnya, pertanyaan ini juga meminta Anda menjelaskan apa yang akan dilakukan agar tetap uptodate dengan tren teknologi di bidang industri yang Anda kuasai. Ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti membaca informasi terkait tren terbaru di internet, menghadiri konferensi, membangun jaringan dengan profesional lain, mengikuti pelatihan, atau memperbarui sertifikasi yang relevan.

Contoh:

Baru-baru ini saya mengikuti konferensi teknologi di industri saya, di mana saya mendengarkan presentasi tentang Artificial Intelligence dan teknologi cloud terbaru. Saya juga aktif terlibat dalam grup diskusi online yang terdiri dari para profesional dan ahli di bidang tersebut. Saya juga telah mengikuti pelatihan online untuk memperdalam pemahaman saya tentang teknologi AI. Dengan metode ini, saya dapat memastikan bahwa saya tetap up to date dengan teknologi terbaru dan siap menghadapi tantangan di tempat kerja.

Baca Juga: Apa Itu Wawancara User dan Cara Menghadapinya, Cek di Sini!

Pertanyaan Interview Kerja Teknis dan Cara Menjawabnya

1. Bahasa pemrograman apa yang Anda kuasai?

Pertanyaan ini sederhana dan bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bahasa pemrograman yang Anda pelajari. Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan merujuk pada persyaratan pekerjaan yang tercantum dalam deskripsi posisi yang Anda lamar, kemudian mengidentifikasi bahasa pemrograman yang diminta. Jika ada bahasa pemrograman yang belum Anda pelajari, maka fokuskan pada bahasa pemrograman yang sudah Anda kuasai dan sampaikan keyakinan bahwa Anda mampu belajar bahasa pemrograman baru dengan cepat jika diperlukan.

2. Jelaskan proyek terakhir yang Anda kerjakan, termasuk hambatan dan kontribusi Anda terhadap keberhasilannya

Pertanyaan tentang proyek tertentu dalam interview merupakan kesempatan emas untuk menunjukkan kemampuan dan cara Anda bekerja kepada recruiter. Jawaban yang terstruktur dan informatif akan membantu mereka memahami proses berpikir Anda, cara Anda menangani kesulitan, dan bagaimana Anda mencapai hasil.

Untuk menjawabnya, Anda bisa memulai dengan menjelaskan secara singkat konteks proyek, termasuk tujuan, tim yang terlibat, dan peran Anda dalam proyek tersebut. Selanjutnya, uraikan secara spesifik tugas dan tanggung jawab yang Anda emban dalam proyek tersebut. Jelaskan juga langkah-langkah yang Anda ambil untuk menyelesaikan tugas. Selain itu, jika Anda menemukan hambatan, maka tekankan pada solusi kreatif dan inisiatif yang Anda lakukan untuk mengatasinya. Selanjutnya, jelaskan hasil akhir proyek dan kontribusi Anda terhadap keberhasilannya. 

3. Apa itu pengembangan perangkat lunak “Agile” dan apa pendapat Anda tentang hal tersebut?

Recruiter seringkali menanyakan tentang Agile development agar dapat mengevaluasi pemahaman dan pengalaman kandidat terkait pendekatan pengembangan perangkat lunak yang populer dan banyak digunakan. Mereka ingin melihat sejauh mana kandidat menguasai konsep dan prinsip Agile, serta apakah mereka dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari.

Pada dasarnya, Agile adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang menekankan pada iterasi, kolaborasi, dan adaptasi terhadap perubahan. Berbeda dengan metode tradisional yang bersifat linear dan terstruktur, Agile berfokus pada siklus pengembangan yang pendek dan berkelanjutan.

Untuk menjawab pertanyaan interview kerja ini, Anda bisa menjelaskan pengalaman pengembangan proyek sebelumnya yang menggunakan metode Agile. Selanjutnya jelaskan juga manfaat yang ditawarkan oleh metode Agile serta tantangan di dalamnya.

Baca Juga: Pengertian dan Tahapan SDLC (Software Development Life Cycle)

4. Apa perbedaan antara database SQL dan NoSQL?

Jika Anda bekerja dengan data, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang perbedaan antara Structured Query Language (SQL) dan Non-Structured Query Language (NoSQL).

SQL adalah bahasa kueri yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi data dalam database relasional, yang mengatur data dalam kolom dan baris dalam sebuah tabel. Sedangkan NoSQL merupakan jenis database non-relasional yang mampu menyimpan dan mengelola data terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur dalam jumlah besar. Saat menjawab pertanyaan ini, fokuslah untuk membedakan kedua database menggunakan contoh jenis skenario yang mungkin Anda gunakan untuk masing-masing database.

Itu dia beberapa contoh pertanyaan interview kerja dan cara menjawabnya. Pastikan untuk menyiapkan jawaban yang spesifik, relevan dengan pengalaman Anda, serta dapat mencerminkan kemampuan dan potensi Anda sebagai seorang software developer.

KAZOKKU sendiri saat membuka banyak lowongan kerja untuk para software developer. Silakan klik lowongan kerja IT untuk menemukan peluang kerja yang sesuai dengan bidang Anda.

Artikel Terkait

Contact Us