Atasi Permintaan Talenta IT yang Tinggi dengan Outsourcing KAZOKKU
Published

Atasi Permintaan Talenta IT yang Tinggi dengan Outsourcing KAZOKKU

Kebutuhan talenta IT di Indonesia masih sangat besar dan akan terus meningkat. Untuk mengatasi tantangan ini, jasa IT Outsourcing bisa menjadi solusinya!

Peran teknologi informasi (IT) semakin esensial dalam berbagai aspek kehidupan. Hampir semua industri dan sektor bisnis bergantung pada IT untuk menjalankan operasi, meningkatkan efisiensi, dan menjangkau pelanggan. Hal ini memicu peningkatan kebutuhan talenta IT yang signifikan dan diprediksi akan terus berlanjut di masa depan.

Dikutip dari www.cnbcindonesia.com, Dirjen Aplikasi Informatika KOMINFO, Semuel Abrijani menjelaskan bahwa permintaan akan talenta digital di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan, dari tahun 2015 hingga 2030, diperkirakan Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta tenaga ahli di bidang digital untuk mendukung proses transformasi digital.

“Menurut saya kita membutuhkan SDM (talenta digital) dari 2015 sampai 2030 sebanyak 9 juta,” ujar Semuel dalam Tech & Telco Summit 2024, Selasa (5/3/2024). (Sumber: www.cnbcindonesia.com)

Baca Juga: Apa Itu Layanan IT Staffing: Jenis & Manfaatnya bagi Perusahaan

Mengapa Permintaan Talenta IT Terus Meningkat?

Meskipun terjadi gelombang PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di beberapa perusahaan teknologi, ternyata kebutuhan terhadap talenta IT secara keseluruhan masih sangat tinggi. Rudy Salahuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, menyampaikan bahwa pemerintah membutuhkan sekitar 9 juta tenaga ahli digital setiap tahunnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“Kita ketahui kita masih memerlukan sekitar 9 juta digital talent sampai dengan 2030, di mana kalau kita hitung secara kasar, kita memerlukan sekitar 600 ribu digital talent per tahunnya,” jelas Rudy (Sumber: www.jawapos.com).

Permintaan akan talenta IT memang masih sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa di antaranya.

1. Keterampilan talenta IT dibutuhkan di berbagai bidang industri

Menurut laporan Dice, sebuah platform pencarian kerja terkemuka di bidang teknologi, diketahui bahwa lebih dari separuh dari 50 perusahaan teratas yang paling banyak mempekerjakan talenta IT pada periode Januari hingga Oktober 2022 berasal dari industri non-teknologi.  Industri tersebut meliputi kesehatan, dirgantara dan pertahanan, keuangan dan perbankan, serta konsultan.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Di era digital ini, teknologi memang menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak industri. Bahkan saat ini muncul bidang-bidang baru seperti fintech dan edtech untuk menggambarkan spesialisasi industri yang bergantung pada teknologi. 

Dengan kata lain, meskipun beberapa perusahaan teknologi besar sedang melakukan perampingan, banyak perusahaan di berbagai sektor justru membutuhkan para talenta IT. Kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh talenta IT ini sangat berharga untuk membantu banyak perusahaan dalam mengembangkan bisnis, berinovasi, dan tetap unggul di lingkungan yang semakin kompetitif.

Baca Juga: 8 Jenis-jenis Brainware yang Perlu Anda Tahu

2. Transformasi digital menjadi prioritas utama

Transformasi digital adalah proses pemindahan operasi bisnis ke ranah digital dan berinovasi dalam skala besar untuk menghasilkan value yang lebih tinggi. Saat ini, transformasi digital menjadi hal yang harus diprioritaskan. Bisnis yang sebelumnya enggan memodernisasi proses dan prosedur mereka, kini harus  menerima fenomena ini agar bisa tetap relevan dan berkembang.

Dengan perubahan yang konstan dan integrasi teknologi baru, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki talenta IT terbaik di tim mereka. Para talenta ini akan membantu perusahaan untuk bisa terus berinovasi, berkembang, dan tetap unggul di era digital.

Selain itu, keberadaan talenta IT juga dibutuhkan karena banyaknya alat, proses, dan teknologi baru yang perlu diimplementasikan. Perusahaan membutuhkan ahli IT untuk membantu tim mereka dalam  memanfaatkan perangkat teknologi terbaru secara efektif. Inilah alasan lain mengapa talenta IT tetap dicari, perusahaan membutuhkan mereka untuk “mentransfer” pengetahuan dan keahlian dalam menggunakan teknologi kepada karyawan yang lain.

3. Spesialis IT sangat diminati

Dari beberapa poin yang sudah kami jelaskan sebelumnya, tidak dapat diragukan lagi bahwa talenta IT dibutuhkan oleh banyak perusahaan di berbagai bidang. Namun perlu Anda ketahui, bahwa beberapa posisi spesialis lebih banyak dicari oleh perusahaan untuk membantu menghadapi kondisi bisnis yang menantang. Salah satu contohnya adalah spesialis di bidang data dan keamanan.

Peran seperti spesialis keamanan siber dan ilmuwan data memang menjadi semakin penting. Hal ini disebabkan karena perusahaan memiliki banyak data yang  harus dianalisis, serta informasi sensitif yang harus dijaga keamanannya.

Selain itu, terdapat spesialis IT lain yang banyak dicari perusahaan, seperti:

  • Software engineer
  • UI/UX designer
  • Software Quality Assurance
  • DevOps
  • Cloud computing

4. Teknologi akan terus berkembang

Anda perlu menyadari bahwa dunia akan terus mengalami perubahan. Kita telah menghadapi pandemi global yang mengubah banyak hal. Sebagai contoh, sebelumnya banyak perusahaan mewajibkan karyawan untuk bekerja di kantor, namun sekarang mereka mulai menyediakan sistem kerja dari rumah (work from home) dengan memanfaatkan teknologi.

Saat ini, teknologi seperti artificial intelligence, internet of things (IoT), dan analitik data juga terus berkembang dan memberikan peluang baru dalam meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan pengalaman pengguna, dan menghasilkan wawasan bisnis yang berharga. Melalui perkembangan teknologi, kita juga dapat melihat kemajuan dalam bidang seperti telemedicine, pendidikan online, e-commerce, dan lain-lain.

Semua ini menunjukkan bahwa teknologi akan terus menjadi kekuatan pendorong perubahan di masa depan. Dengan perubahan dan kemajuan teknologi tersebut, pengembang perangkat lunak dan profesional IT lain dengan keterampilan serta kualifikasi yang dibutuhkan akan selalu diminati. Itulah sebabnya, mengapa para profesional IT perlu untuk terus mengasah keterampilannya agar bisa tetap update dengan perkembangan teknologi. 

Baca Juga: KAZOKKU, Perusahaan Outsourcing Terbaik di Indonesia Bidang IT

Solusi IT Outsourcing KAZOKKU Menjadi Jawaban untuk Kebutuhan Talenta IT yang Tinggi

Kebutuhan akan talenta IT yang mumpuni terus meningkat pesat. Hampir semua industri dan sektor bisnis bergantung pada teknologi untuk menjalankan operasi, meningkatkan efisiensi, dan menjangkau pelanggan. Hal ini memicu kesenjangan antara permintaan dan ketersediaan talenta IT yang berkualitas.

KAZOKKU hadir menawarkan solusi IT outsourcing atau layanan IT staffing untuk menjawab tantangan tersebut. Kami menyediakan layanan perekrutan dan pengelolaan talenta IT profesional. Dengan pengalaman dan keahlian yang kami miliki, KAZOKKU dapat membantu perusahaan Anda menemukan talenta IT yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi, memaksimalkan potensi mereka, dan mengurangi beban kerja Anda dalam mengelola tim IT.

Berikut beberapa talenta IT yang bisa Anda dapatkan di KAZOKKU:

  • Back-end Developer
  • Front-end Developer
  • Mobile app Developer
  • Business Analyst
  • DevOps Engineer
  • Project Manager
  • IT Security Specialist
  • Software QA
  • UI/UX Designer

KAZOKKU adalah mitra tepercaya yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan di era digital. Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis dan temukan solusi IT outsourcing yang tepat untuk kebutuhan Anda. Kami menyediakan kontrak yang fleksibel mulai dari 3 bulan dan Anda bisa memperpanjang sesuai kebutuhan. Kami juga menyediakan garansi free replacement jika tenaga kerja outsourcing yang dikirimkan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Silakan Hubungi Kami untuk Info Lebih Lanjut!

Artikel Terkait

Contact Us