Fungsi AI di Perusahaan Asuransi, Ini Beragam Keuntungannya
Published

Fungsi AI di Perusahaan Asuransi, Ini Beragam Keuntungannya

Fungsi AI di perusahaan asuransi sangat beragam. Saat ini, perusahaan asuransi dianggap penting untuk mengadopsi teknologi ini agar bisa meningkatkan standar pelayanan kepada pelanggan atau nasabahnya.

Fungsi AI di perusahaan asuransi tidak boleh diabaikan. Industri asuransi dan manajemen risiko mungkin selama ini identik dengan meja penuh dokumen dan proses bertele-tele. Namun teknologi baru khususnya AI, siap untuk mengubah industri ini dan menawarkan berbagai kemajuan serta keuntungan.

Teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan, mengacu pada sistem komputer yang mampu meniru kemampuan kognitif manusia, seperti belajar, memahami, dan menyelesaikan masalah. Berbeda dengan kecerdasan manusia yang terikat pada batasan biologis, AI terus berkembang pesat dengan kemajuan teknologi dan data yang berlimpah.

Memanfaatkan AI di perusahaan asuransi dapat berguna untuk mengurangi tingkat kesalahan manusia, membantu mendeteksi kecurangan, dan mendorong pendekatan yang lebih personal dalam pembuatan kebijakan. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai fungsi AI bagi industri asuransi.

Fungsi AI di Perusahaan Asuransi

1. Membantu mengambil keputusan yang tepat dan cepat

Integrasi kecerdasan buatan (AI) di sektor asuransi telah memberikan keuntungan bagi pelanggan maupun perusahaan asuransi itu sendiri. AI tidak hanya secara signifikan mempercepat proses klaim, sehingga mengurangi waktu tunggu nasabah dan meningkatkan tingkat kepuasan, tetapi juga membantu perusahaan mengambil keputusan cepat berdasarkan analisis data yang akurat. Dengan dihilangkannya proses birokrasi yang berbelit-belit, rasa frustrasi para nasabah atau pelanggan, dan perusahaan pun dapat berkurang.

Melalui analisis sejumlah besar data secara real-time, AI memfasilitasi penilaian risiko yang lebih akurat. Hal ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk membuat keputusan yang tepat dengan presisi lebih tinggi dari sebelumnya. AI membantu penerbitan polis yang lebih menyeluruh dengan pendekatan berbasis data untuk evaluasi yang komprehensif.

AI juga membantu perusahaan asuransi menciptakan penawaran polis yang personal dan lebih tepat. Dengan demikian, asuransi dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi masing-masing nasabah. Selain itu, analisis prediktif membantu perusahaan asuransi mengambil pendekatan yang lebih terarah sehingga bisa memastikan polis tersebut sesuai dengan profil nasabah.

2. Membantu underwriting dan manajemen risiko

Fungsi AI di perusahaan asuransi adalah memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data dalam jumlah besar. AI memungkinkan perusahaan asuransi untuk menganalisa data secara lebih mendalam. AI mampu menelusuri data dalam jumlah besar dan mengevaluasi berbagai variabel yang seringkali terlewatkan dalam proses manual. Hal ini membuat perhitungan risiko menjadi lebih akurat, sehingga premi yang ditetapkan pada polis menjadi lebih adil dan sesuai dengan potensi klaim yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Penjelasan tentang Apa Itu Blockchain dan Cara Kerjanya

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

3. Membantu pemrosesan klaim asuransi

Fungsi AI di perusahaan asuransi yang selanjutnya adalah untuk membantu pemrosesan klaim. AI berperan penting dalam transformasi proses klaim asuransi, khususnya melalui Chatbot dan asisten virtual yang bertenaga AI.

Chatbot dan asisten virtual ini berinteraksi dengan nasabah secara real-time, memandu mereka melalui prosedur klaim yang diperlukan sambil mengumpulkan informasi penting. Alat layanan pelanggan berbasis AI ini dapat menyederhanakan komunikasi dan  memastikan pencatatan klaim yang akurat sejak awal pengajuan, sehingga meminimalkan kesalahan dan keterlambatan.

Selain itu, AI membantu mengurangi klaim asuransi fiktif melalui penerapan algoritma yang terlatih untuk mendeteksi anomali. Alat bertenaga AI ini menganalisis klaim secara teliti dan  mencari tahu pola, ketidaksesuaian, dan aktivitas tidak biasa yang berpotensi menjadi indikasi penipuan. Dengan menandai anomali tersebut, perusahaan asuransi dapat menyelesaikan masalah sebelum membesar, sehingga menghemat waktu dan biaya baik untuk perusahaan asuransi maupun konsumen. Hal ini menciptakan proses klaim yang jauh lebih aman dan tepercaya.

Sistem otomatis yang didukung oleh AI juga memungkinkan waktu penyelesaian klaim yang jauh lebih cepat. Sistem ini dapat menganalisis dan menyelesaikan klaim dengan cepat tanpa hambatan birokrasi. Ini mengurangi biaya operasional perusahaan asuransi sekaligus meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan karena tanggapan dan penyelesaian yang lebih cepat.

Baca Juga: Peluang dan Tantangan Bisnis di Era Digital serta Solusinya

4. Layanan pelanggan yang dipersonalisasi

Pelanggan asuransi modern tidak lagi menginginkan polis asuransi yang seragam. Inilah mengapa AI (Artificial Intelligence) terus merevolusi struktur dan penawaran polis asuransi.

Algoritma canggih digunakan untuk secara teliti menganalisis data individu serta berbagai faktor yang memengaruhi risiko dan harga polis. Dengan analisa ini, perusahaan asuransi dapat membuat polis asuransi yang dibuat khusus untuk setiap nasabah. Hal ini pada akhirnya meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

Polis yang dibuat khusus ini sesuai dengan keadaan khusus setiap nasabah, sehingga  membangun rasa percaya dan nilai yang lebih tinggi terhadap perusahaan asuransi.  Dengan kekuatan AI, industri asuransi terus bergerak menuju era di mana personalisasi pelanggan menjadi praktik standar, bukan lagi kemewahan.

Baca Juga: Dampak Negatif dan Positif Artificial Intelligence di Dunia Kerja

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan AI di Perusahaan Asuransi

Meskipun fungsi AI di perusahaan asuransi sangat beragam, namun terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan perusahaan, seperti:

1. Privasi data

Masalah utama adalah privasi data. Kekuatan AI terletak pada kemampuannya menganalisis kumpulan data yang sangat besar. Hal ini menimbulkan potensi pelanggaran hak privasi individu selama proses pengumpulan dan analisis data pribadi dalam jumlah besar. Perusahaan asuransi perlu memastikan mereka mengumpulkan dan menggunakan data sesuai dengan peraturan privasi yang berlaku.

2. Bias algoritma

Sistem AI berpotensi  memperkuat bias yang sudah ada. Ini disebut bias algoritma, dan merupakan risiko lain yang tidak bisa diabaikan oleh perusahaan asuransi. Tanpa pemantauan dan penyesuaian yang cermat, sistem ini dapat mengarah pada evaluasi klaim atau penetapan harga polis yang tidak adil. Perusahaan asuransi perlu mengembangkan dan menggunakan algoritma yang adil dan tidak diskriminatif.

3. Kepercayaan dan transparansi

Kepercayaan adalah faktor utama antara perusahaan asuransi dan tertanggung. Penerapan AI dapat menciptakan defisit kepercayaan jika kurang transparansi kebijakan. Untuk menjaga kepercayaan dan keadilan, perusahaan asuransi harus jelas tentang bagaimana mereka menggunakan AI dalam proses pengambilan keputusan dan memberikan peluang bagi nasabah untuk memahami alasan di balik keputusan tersebut.

Baca Juga: KAZOKKU, Perusahaan Outsourcing Terbaik di Indonesia Bidang IT

Fungsi AI di perusahaan asuransi dapat membawa transformasi revolusioner, menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan personalisasi. Namun,  integrasi AI memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang matang untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan. Pastikan infrastruktur IT perusahaan siap untuk integrasi AI. AI sering memerlukan akses ke data yang ada dan integrasi dengan sistem yang sudah ada. Dalam beberapa kasus, mungkin perlu dilakukan penyesuaian atau pengembangan tambahan pada infrastruktur IT.

Jika Anda membutuhkan software developer untuk bekerja sama dengan tim data scientist, analis bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengembangkan solusi AI yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan asuransi, silakan hubungi kami. KAZOKKU dapat menyediakan software developer berpengalaman untuk kebutuhan Anda. 

KAZOKKU adalah perusahaan IT outsourcing di Indonesia yang fokus pada bidang pengembangan perangkat lunak. Kami menyediakan programmer, web developer, mobile app developer, dll. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Terkait

Contact Us