Pengertian Tenaga Kerja dan Beragam Peran Pentingnya
Published

Pengertian Tenaga Kerja dan Beragam Peran Pentingnya

Pengertian tenaga kerja adalah individu yang bekerja dan memberikan kontribusi dalam suatu sektor industri atau perusahaan tertentu. Untuk mendapatkan penjelasan tentang pengertian tenaga kerja dan peran pentingnya, silakan baca artikel berikut ini.

Tenaga kerja merupakan salah satu komponen fundamental di dunia kerja. Seperti yang kita ketahui, setiap perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja terampil untuk menjalankan operasional dan mencapai tujuan bisnisnya. Mereka menyediakan tenaga dan keterampilan yang dimilikinya untuk membantu proses produksi, memberikan layanan yang dibutuhkan pelanggan, dan melakukan berbagai fungsi operasional yang diperlukan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

Oleh sebab itu, pengelolaan tenaga kerja yang baik menjadi hal krusial agar mereka dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi perusahaan. Namun, apa sebenarnya pengertian tenaga kerja? Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan penjelasannya. 

Pengertian Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah individu yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk bekerja, menghasilkan barang dan jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun masyarakat luas. Artinya, selain mencari nafkah untuk diri sendiri dan keluarga, tenaga kerja juga berkontribusi pada produksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Buleleng sendiri menjelaskan bahwa pengertian tenaga kerja adalah penduduk yang telah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja atau aktif mencari kerja, yang masih mau dan mampu untuk melakukan pekerjaan.

Perlu diketahui bahwa selain faktor-faktor alam dan modal, tenaga kerja juga merupakan salah satu elemen produksi yang sangat penting di setiap negara. Hal tersebut dikarenakan meskipun kekayaan sumber daya alam dan modal berlimpah di suatu negara, namun tenaga kerja tetap menjadi komponen kunci yang akan melakukan  proses produksi.

Selain itu, perlu juga diketahui bahwa jenis-jenis tenaga dibagi berdasarkan berbagai kategori. Sebagai contoh berdasarkan kemampuannya jenis tenaga kerja dibagi menjadi tiga kategori yaitu tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tidak terlatih dan tidak terdidik. Kemudian berdasarkan statusnya, tenaga kerja dibagi menjadi pekerja lepas, pekerja kontrak, dan pekerja tetap.

Baca Juga: Jenis-jenis Tenaga Kerja di Indonesia dan Contohnya

Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian tenaga kerja menurut UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Berikut ini adalah pengertian tenaga kerja menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pada Bab 1 Pasal 1, ayat 2, disebutkan bahwa tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

Pengertian tenaga kerja menurut Suparmoko

Menurut pendapat Suparmoko, definisi tenaga kerja adalah penduduk dalam usia kerja atau jumlah seluruh penduduk dalam suatu negara dalam memproduksi barang atau jasa. Tenaga kerja dalam usia kerja yang dimaksud yaitu antara 15-64 tahun.

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Pengertian tenaga kerja menurut Alam S

Menurut pendapat Alam S., tenaga kerja adalah penduduk yang telah berusia 15 tahun ke atas untuk negara berkembang seperti Indonesia. Sedangkan, untuk negara maju, tenaga kerja adalah penduduk yang sudah berumur di antara 15 tahun hingga 64 tahun.

Pengertian tenaga kerja menurut Payaman J. Simanjuntak

Pengertian tenaga kerja (man power) menurut Payaman J. Simanjuntak adalah penduduk yang sudah bekerja dan sedang bekerja, yang sedang mencari pekerjaan, dan yang sedang melaksanakan kegiatan lain seperti bersekolah dan mengurus rumah tangga.

Pengertian tenaga kerja menurut Sumitro Djojohadikusumo

Tenaga kerja adalah semua orang yang mau ataupun bersedia dan memiliki kesanggupan untuk bekerja, termasuk mereka yang menganggur meskipun mau dan mampu untuk bekerja, akan tetapi terpaksa menganggur karena tidak adanya kesempatan kerja.

Pengertian tenaga kerja menurut MT. Ritonga dan Yoga Firdaus

Tenaga kerja adalah penduduk yang berada pada rentang usia kerja yang siap melaksanakan pekerjaan, antara lain mereka yang telah bekerja, mereka yang sedang mencari kerja, mereka yang sedang menempuh pendidikan (sekolah), dan juga mereka yang sedang mengurus rumah tangga.

Pengertian tenaga kerja menurut Sumarsono

Tenaga kerja adalah semua orang yang bersedia sanggup bekerja, dimana tenaga kerja ini meliputi semua orang yang bekerja baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk anggota keluarganya yang tidak menerima imbalan dalam bentuk upah atau semua orang yang sesungguhnya bersedia dan mampu untuk bekerja, dalam arti mereka yang sesungguhnya bersedia dan mampu bekerja, dalam arti mereka menganggur dengan terpaksa karena tidak adanya kesempatan kerja. 

Pengertian tenaga kerja menurut Dumairy

Menurut Dumairy, tenaga kerja adalah penduduk yang berumur diatas usia kerja.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Contohnya

Mengapa Tenaga Kerja Berperan Penting? 

Setelah memahami beragam definisi tenaga kerja, mari kita pelajari apa saja peran penting tenaga kerja tersebut.

1. Menghasilkan barang dan jasa

Tenaga kerja berperan dalam menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

2. Pendorong pertumbuhan ekonomi

Tenaga kerja merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya tenaga kerja yang produktif, suatu negara dapat meningkatkan produksi, investasi, dan konsumsi, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

3. Mendorong pembangunan nasional

Tenaga kerja yang terampil, produktif, inovatif, dan berkomitmen memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Mereka menjadi tulang punggung dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, membangun infrastruktur, menghasilkan inovasi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan tenaga kerja berkualitas pada akhirnya memungkinkan negara untuk bisa bersaing dengan negara-negara yang sudah lebih maju. Nah, dengan kemajuan pembangunan di suatu negara, maka akan tercipta lapangan kerja baru. Hal ini dapat memberikan kesempatan kerja bagi tenaga kerja lain dan mengurangi tingkat pengangguran.

Baca Juga: Pengertian Pasar Tenaga Kerja, Contoh, & Fungsinya

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai pengertian tenaga kerja dan peran pentingnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa tenaga kerja memiliki peran krusial bagi perusahaan maupun negara. Namun sayangnya, mencari tenaga kerja berkualitas adalah tantangan yang sering dihadapi oleh banyak perusahaan. 

Oleh karena itu, di era digital ini, KAZOKKU menyediakan solusi outsourcing bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja IT. Perlu Anda ketahui, saat ini kebutuhan akan talenta IT terus meningkat. Perusahaan berlomba-lomba memanfaatkan teknologi informasi agar bisa terus bersaing dan tetap relevan dengan tren yang sedang berkembang. Dengan solusi IT outsourcing KAZOKKU, perusahaan-perusahaan di Indonesia bisa lebih mudah dalam mendapatkan tenaga ahli yang mereka butuhkan.

Sebagai informasi untuk Anda, KAZOKKU adalah perusahaan IT outsourcing di Indonesia yang fokus dalam penyediaan ahli IT di bidang pengembangan perangkat lunak. Kami bisa menyediakan web developer, mobile app developer, UI/UX designer, software quality assurance, dan masih banyak lagi. Proses penyediaan tenaga kerja dapat dilakukan dengan cepat, selain itu kami juga menyediakan garansi penggantian tenaga kerja jika ahli yang kami sediakan tidak cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Segera hubungi kami jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut. Tim KAZOKKU dapat memberikan layanan konsultasi secara gratis untuk membantu Anda. 

Artikel Terkait

Contact Us