Apa Itu Kerja Remote: Pengertian & Persiapan yang Diperlukan
Published

Apa Itu Kerja Remote: Pengertian & Persiapan yang Diperlukan

Apa itu kerja remote? Kerja remote adalah sistem kerja yang sudah semakin populer  dalam dunia kerja modern. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pekerjaan jarak jauh ini, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa itu kerja remote dan cara untuk mempersiapkannya. 

Kerja remote adalah sebuah sistem kerja yang memungkinkan para pekerja untuk melakukan tugas-tugas mereka tanpa terikat pada lokasi fisik kantor. Dengan kemajuan teknologi komunikasi dan tools kolaborasi digital, karyawan dapat terhubung dengan tim, mengakses informasi, dan menyelesaikan pekerjaan mereka dari jarak jauh. Fleksibilitas, efisiensi, dan work life balance yang ditawarkan oleh kerja remote menjadikannya opsi yang sangat menarik bagi banyak profesional di berbagai industri.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu kerja remote serta cara untuk mempersiapkan diri ketika akan bekerja dengan sistem kerja ini. Silakan simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut.

Apa Itu Kerja Remote?

Kerja remote adalah sistem kerja yang memungkinkan karyawan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mereka dari lokasi manapun di luar kantor. Hal ini berbeda dengan skema kerja tradisional/konvensional di mana karyawan diwajibkan untuk hadir (on-site) secara fisik di kantor setiap harinya. Saat bekerja dengan sistem kerja remote, karyawan memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari rumah, kafe, atau tempat lain yang mereka pilih, asalkan mereka memiliki akses internet yang stabil.

Kerja remote adalah hasil dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan kolaborasi jarak jauh. Dengan bantuan dari berbagai tools seperti aplikasi pesan instan, aplikasi absensi online, aplikasi video conference, sistem manajemen sdm (aplikasi HRIS), sistem manajemen proyek, dan lain-lain, karyawan dapat terhubung dengan tim dan berbagi informasi dengan mudah tanpa harus berada di lokasi yang sama. Ini memungkinkan perusahaan untuk bisa mempekerjakan karyawan dengan skill terbaik dari berbagai kota di Indonesia atau bahkan di negara lain tanpa perlu mengkhawatirkan lokasi domisili yang berbeda. 

Baca Juga: Pengertian Tenaga Kerja dan Beragam Peran Pentingnya

Mengapa Kerja Remote Sangat Populer?

Saat ini, kerja remote adalah sistem kerja yang diminati banyak karyawan ataupun perusahaan. Dengan kerja remote, karyawan bisa bekerja dari rumah sehingga bisa terhindar dari macet di perjalanan dan menghemat biaya transportasi. Selain itu, kerja remote memungkinkan karyawan untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan pribadi dan profesional.

Di sisi lain, kerja remote juga memberikan sejumlah keuntungan bagi perusahaan. Beberapa di antaranya seperti dapat mengakses talenta global, menghemat biaya operasional, dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa kerja remote mendapatkan perhatian yang besar akibat pandemi COVID-19. Pandemi memaksa banyak perusahaan untuk dengan cepat beralih dari lingkungan kerja tatap muka menjadi tenaga kerja yang sepenuhnya bekerja dari jarak jauh demi alasan kesehatan dan keselamatan. Hal ini  telah mempercepat adopsi dan penerimaan kerja remote secara luas di berbagai sektor industri.

Baca Juga: Cara Kerja di Luar Negeri Secara Remote, Cek Tipsnya di Sini!

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kerja Remote

Setelah Anda memahami apa itu kerja remote dan memutuskan untuk beralih dari sistem kerja konvensional tatap muka menjadi sistem kerja jarak jauh, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan atau dipersiapkan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Beradaptasi dengan budaya kerja baru

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan ketika beralih ke sistem kerja remote adalah beradaptasi dengan budaya kerja baru. Perlu Anda pahami bahwa saat bekerja secara remote, Anda akan kehilangan beberapa keuntungan yang diperoleh dari sistem kerja konvensional (on-site). Anda tidak bisa membaca bahasa tubuh rekan kerja, atau melakukan interaksi visual dengan mereka. Tidak ada pula obrolan di kantin, percakapan singkat, atau lelucon spontan yang bisa mempererat hubungan dengan rekan kerja.

Meskipun demikian, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu kita tetap terhubung dengan tim lain meskipun dengan jarak yang jauh. Beberapa di antaranya seperti:

  • Jaga komunikasi yang terbuka dan aktif dengan rekan kerja melalui alat-alat komunikasi yang tersedia, seperti email, pesan instan, atau platform kolaborasi online.
  • Meskipun tidak bisa berinteraksi secara langsung, tetaplah berusaha untuk membangun hubungan personal dengan rekan kerja. Sisihkan waktu untuk mengenal mereka secara individu.
  • Meskipun bekerja secara remote, tetap menghormati waktu dan batasan pribadi rekan kerja. Hindari mengirim pesan atau memanggil mereka di luar jam kerja yang ditetapkan, kecuali dalam situasi mendesak.

2. Persiapkan remote working tools

Kerja remote adalah sistem kerja dari jarak jauh sehingga Anda membutuhkan beberapa remote working tools untuk bisa terhubung dengan tim lainnya. Beberapa tools yang Anda butuhkan seperti:

  • Alat Komunikasi Real-time: Alat komunikasi seperti Slack dan Microsoft Teams akan Anda butuhkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan tim Anda. Jadi, tanyakan pada perusahaan aplikasi apa yang umum digunakan oleh seluruh tim. 
  • Video Conferencing: Aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams memungkinkan Anda untuk mengadakan pertemuan tatap muka virtual dengan tim. Anda dapat berinteraksi secara langsung, berbagi layar, dan berkolaborasi secara real time.
  • Proyek Manajemen: Anda akan menggunakan alat manajemen proyek seperti Trello atau Jira untuk mengatur tugas, mengelola proyek, dan melacak kemajuan pekerjaan. Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk mengatur deadline, mengatribusikan tugas kepada anggota tim, dan melihat status keseluruhan proyek.
  • Aplikasi HRIS: Perusahaan akan menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan informasi terkait karyawan serta untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi ini umumnya menyediakan fitur absensi online yang digunakan oleh pekerja remote.
  • Manajemen file: Manajemen file seperti Google Drive atau Dropbox akan Anda butuhkan. Dengan tools ini, Anda dapat berbagi file dan berkolaborasi dengan mudah meskipun Anda dan tim bekerja dari lokasi yang berbeda.

3. Koneksi internet yang stabil

Koneksi internet yang stabil sangat penting saat bekerja secara remote. Oleh karena itu, penting untuk memastikan Anda memiliki akses ke koneksi internet yang andal dan cepat untuk menghindari masalah dalam mengirim atau menerima file, menghadiri pertemuan virtual, atau berkomunikasi dengan tim. Pastikan juga untuk memeriksa kecepatan dan kualitas koneksi internet Anda secara berkala, terutama jika Anda sering mengirim atau menerima data yang besar.

4. Waspada dengan keadaan sekitar

Bekerja di luar kantor mengharuskan Anda untuk lebih waspada terhadap lingkungan sekitar. Sebagai contoh, ketika Anda bekerja secara remote dari kedai kopi dan ingin pergi ke toilet, maka jangan tinggalkan laptop Anda terbuka serta tanpa pengawasan di atas meja. Orang yang lewat bisa melihat layar laptop Anda dan mengambil data penting di dalamnya, atau bahkan lebih buruk lagi, mencuri laptop Anda!  

Selain itu, jaga kerahasiaan data Anda dengan memastikan menggunakan koneksi yang aman. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Hindari melakukan video call, diskusi, atau mengakses hal-hal sensitif melalui koneksi wifi publik. Ini perlu dilakukan untuk menghindari ancaman serangan siber seperti man in the middle. 
  • Jangan menggunakan jaringan wifi publik yang tidak terlindungi password.
  • Gunakan VPN (Virtual Private Network)

5. Buat jadwal kerja

Kerja remote adalah sistem kerja yang fleksibel. Bekerja di kantor dengan sistem konvensional biasanya memiliki rutinitas yang sudah terstruktur dengan jelas. Kita semua tahu apa yang harus dilakukan, mulai dari jam masuk kerja di pagi hari hingga waktu pulang ke rumah di sore hari. Namun, transisi ke model kerja remote membutuhkan upaya agar kita bisa membangun struktur jadwal kerja yang efektif.

Dengan fleksibilitas yang lebih besar dalam bekerja remote, Anda perlu memperhatikan struktur jadwal dengan seksama. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Gunakan kalender digital atau fisik untuk mencatat aktivitas terpenting yang harus Anda lakukan setiap bulan, minggu, dan hari. Tentukan jumlah waktu yang Anda dedikasikan untuk setiap aktivitas.
  • Meskipun Anda memiliki fleksibilitas untuk mengatur waktu kerja, tetaplah menetapkan jam kerja yang jelas dan patuhi jadwal tersebut. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap fokus dan produktif.
  • Komunikasikan jadwal Anda kepada orang lain. Beri tahu rekan kerja, atasan, dan keluarga Anda tentang jadwal kerja Anda agar mereka dapat menghormati waktu Anda.

Baca Juga: Apa Itu Virtual Assistant: Definisi, Tugas, & Cara Menjadi VA

Peluang Kerja Remote di KAZOKKU

Dari penjelasan mengenai apa itu kerja remote, dapat kita pahami bahwa sistem kerja ini menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan yang memungkinkan Anda untuk bekerja dari mana saja. Tidak heran jika kerja remote menjadi semakin populer dan banyak perusahaan yang mulai mengadopsi model kerja remote untuk memberikan fleksibilitas bagi karyawan mereka.

Jika Anda mencari peluang kerja remote di Indonesia, Anda bisa menemukannya di KAZOKKU. Kami adalah perusahaan IT outsourcing di Indonesia yang menawarkan beragam sistem kerja termasuk on-site, hybrid, ataupun remote. Di KAZOKKU Anda bisa memilih sistem kerja yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peluang kerja di KAZOKKU, silakan klik Lowongan Kerja IT. Kami memiliki banyak posisi terbuka di bidang teknologi terutama pengembangan software.

Artikel Terkait

Contact Us