Perbedaan IT Talent Outsourcing KAZOKKU dan Layanan Rekrutmen

Perbedaan IT Talent Outsourcing KAZOKKU dan Layanan Rekrutmen

Apakah Anda ingin mengetahui apa saja perbedaan antara solusi IT Talent Outsourcing KAZOKKU dan layanan rekrutmen pada umumnya? Pelajari informasi selengkapnya di artikel kami berikut ini sehingga Anda bisa memutuskan layanan mana yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Di tengah persaingan pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif dan perkembangan teknologi yang semakin maju, kebutuhan akan tenaga ahli IT yang mumpuni menjadi semakin krusial bagi perusahaan. Dua pilihan yang sering dipertimbangkan adalah IT resource outsourcing dan layanan rekrutmen. Walaupun keduanya berfokus pada penyediaan sumber daya manusia IT, namun perlu Anda pahami bahwa terdapat perbedaan mendasar antara layanan IT Talent Outsourcing dan rekrutmen. 

KAZOKKU sendiri merupakan perusahaan penyedia Talenta IT profesional outsourcing. Jika Anda saat ini ingin mengetahui apa yang membedakan layanan IT Talent Outsourcing kami dengan layanan rekrutmen pada umumnya, silakan simak penjelasan kami berikut ini. Dengan demikian Anda dapat menentukan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Berikut penjelasan selengkapnya terkait perbedaan IT Talent Outsourcing KAZOKKU dan layanan rekrutmen.

Definisi Layanan IT Talent Outsourcing dan Rekrutmen

Untuk mengetahui perbedaan layanan IT Talent outsourcing dan rekrutmen, mari kita pahami terlebih dahulu definisi masing-masing pendekatan tersebut.

Layanan IT Talent Outsourcing dari KAZOKKU adalah solusi penyediaan Talenta IT profesional outsourcing. Dengan memanfaatkan layanan ini, maka selama kontrak berjalan Anda dapat memanfaatkan solusi yang kami sediakan untuk mengelola sebagian atau seluruh fungsi teknologi informasi di perusahaan Anda. KAZOKKU sendiri menyediakan berbagai tenaga ahli IT outsourcing di berbagai bidang mulai dari pengembangan software, keamanan siber, pengembangan desain UI/UX, hingga manajemen infrastruktur IT. 

Dalam model outsourcing, KAZOKKU sebagai penyedia layanan bertanggung jawab atas penyediaan tenaga ahli IT sementara, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk fokus pada kompetensi inti. Solusi IT Talent Outsourcing ini sering digunakan untuk mengakses keahlian khusus yang mungkin tidak tersedia secara internal, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi serta fleksibilitas bisnis.

Di sisi lain, layanan rekrutmen adalah jasa untuk membantu perusahaan dalam menemukan dan merekrut talenta-talenta yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis. Layanan ini mencakup identifikasi calon karyawan, evaluasi keterampilan dan kecocokan, serta penempatan mereka di posisi yang diperlukan. Perusahaan atau agen rekrutmen ini dapat membantu mengisi posisi tetap atau kontrak dalam perusahaan.

Baca Juga: Atasi Permintaan Talenta IT yang Tinggi dengan Outsourcing KAZOKKU

4 Perbedaan IT Talent Outsourcing KAZOKKU dan Layanan Rekrutmen

1. Model Bisnis

IT Talent Outsourcing KAZOKKU:

KAZOKKU menawarkan model bisnis yang fokus menyediakan Talenta IT profesional outsourcing melalui kontrak yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. KAZOKKU bertanggung jawab untuk menyediakan tenaga ahli outsourcing yang terampil dan berpengalaman untuk mengelola proyek IT atau fungsi tertentu. Perlu dipahami bahwa model bisnis ini didasarkan pada konsep “staff leasing” atau “kontrak tenaga kerja” dalam bidang teknologi informasi (IT).

Dapatkan Tenaga IT Outsourcing Anda Segera!

Solusi hemat biaya untuk menemukan spesialis IT dalam waktu singkat.

Percayakan penyediaan tenaga IT Outsourcing Java Developer, .NET Developer, ReactJS Developer, VueJS Developer, Project Manager, dll kepada KAZOKKU agar Anda dapat fokus pada peningkatan daya saing bisnis.

Konsultasikan kebutuhan tenaga IT Outsourcing Anda secara GRATIS di sini!

Kontrak yang fleksibel tersebut memungkinkan Anda untuk bisa menyesuaikan skala layanan berdasarkan kebutuhan perusahaan yang dinamis, baik itu untuk proyek jangka pendek atau jangka panjang. KAZOKKU memastikan bahwa setiap proyek atau fungsi yang dioutsourcing dikelola dengan profesionalisme dan efisiensi tinggi, memberikan Anda keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan keahlian khusus tanpa harus menginvestasikan sumber daya besar untuk merekrut dan melatih staf internal.

Layanan Rekrutmen:

Layanan rekrutmen sendiri berfokus untuk membantu perusahaan dalam menemukan dan merekrut karyawan tetap atau kontrak sesuai posisi yang dibutuhkan. Dalam model ini, agen atau perusahaan rekrutmen bertindak sebagai perantara yang mengidentifikasi dan mengevaluasi calon karyawan berdasarkan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan Anda.

Dalam model bisnis ini, setelah proses seleksi selesai maka perjanjian kerja karyawan yang direkrut adalah langsung dengan perusahaan Anda (direct hire). Ini berarti karyawan akan menjadi bagian dari tim internal perusahaan dan terikat oleh kebijakan serta prosedur perusahaan Anda.

2. Kendali dan Manajemen Karyawan

IT Talent Outsourcing KAZOKKU:

KAZOKKU menangani seluruh proses mulai dari penyediaan talenta IT yang sesuai, seleksi, dan penempatan, hingga pengurusan administrasi yang meliputi penggajian, legalitas, dan pajak. Ini berarti KAZOKKU bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan yang dioutsourcing dipilih berdasarkan kebutuhan dan standar perusahaan Anda, serta dikelola secara profesional. 

Dengan demikian, perusahaan Anda dapat fokus pada operasi inti tanpa harus khawatir tentang tugas administratif dan manajemen karyawan. Keuntungan dari pendekatan ini adalah Anda mendapatkan solusi yang komprehensif dan bebas dari beban administratif, sementara KAZOKKU memastikan bahwa talenta IT yang disediakan bekerja secara efektif dan sesuai dengan harapan Anda.

Layanan Rekrutmen:

Sebaliknya, dalam model layanan rekrutmen, peran agen atau perusahaan rekrutmen adalah membantu perusahaan Anda untuk menemukan dan menyeleksi talenta yang tepat. Proses ini melibatkan pencarian kandidat yang sesuai, melakukan wawancara awal, dan menilai keterampilan serta kecocokan mereka dengan posisi yang tersedia. 

Namun, setelah kandidat dipilih dan direkrut, tanggung jawab untuk seleksi akhir, penempatan, dan pengelolaan karyawan sepenuhnya berada di tangan Anda. Ini mencakup semua aspek administrasi seperti penggajian, kepatuhan hukum, manajemen pajak, pelatihan, dan pengembangan. Perusahaan Anda harus memastikan bahwa karyawan baru tersebut diintegrasikan dengan baik ke dalam tim dan budaya perusahaan. Meskipun layanan rekrutmen membantu mengurangi beban pencarian dan seleksi awal, tanggung jawab jangka panjang untuk manajemen karyawan tetap menjadi kewajiban perusahaan Anda sendiri.

3. Status Karyawan

IT Talent Outsourcing KAZOKKU:

Perbedaan IT Outsourcing Profesional KAZOKKU dan layanan rekrutmen juga bisa dilihat dari status tenaga kerja yang disediakan. Dalam model bisnis outsourcing, karyawan yang dipekerjakan memiliki status sebagai karyawan kontrak di bawah perusahaan outsourcing yaitu KAZOKKU. Jadi, perjanjian kerja dibuat langsung dengan perusahaan outsourcing, bukan dengan perusahaan Anda yang menggunakan jasa outsourcing ini. 

Talenta IT profesional outsourcing yang kami sediakan akan bekerja sesuai dengan ketentuan kontrak yang telah disepakati bersama antara KAZOKKU dan perusahaan Anda. Status ini memberikan fleksibilitas bagi Anda karena tidak perlu mengelola secara langsung aspek ketenagakerjaan. Dengan demikian, perusahaan Anda tetap dapat fokus pada operasional inti dan strategi bisnis.

Layanan Rekrutmen:

Dalam layanan rekrutmen, status karyawan yang direkrut bisa bersifat permanen atau kontrak, tergantung pada kebutuhan perusahaan Anda. Namun, setelah proses seleksi dan penempatan oleh agen rekrutmen selesai, karyawan yang direkrut akan menandatangani perjanjian kerja secara langsung dengan perusahaan Anda.

Artinya, mereka menjadi bagian dari tim internal perusahaan Anda dan tunduk pada kebijakan, prosedur, dan struktur manajemen perusahaan. Selain itu, perusahaan Anda juga mengambil alih semua tanggung jawab administratif dan manajemen yang terkait dengan karyawan tersebut. Contohnya seperti penggajian, pelatihan, dan kepatuhan hukum.

4. Biaya dan Pengeluaran

IT Talent Outsourcing KAZOKKU:

Layanan Talenta IT profesional outsourcing KAZOKKU adalah solusi hemat biaya untuk menemukan Talenta IT yang dibutuhkan perusahaan. Berikut adalah beberapa penghematan biaya utama yang dapat diperoleh melalui layanan IT outsourcing KAZOKKU: 

  • Biaya Perekrutan: Semua biaya yang terkait dengan proses perekrutan, termasuk iklan pekerjaan, wawancara, dan seleksi, ditangani oleh KAZOKKU.
  • Pelatihan dan Sertifikasi: KAZOKKU bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tenaga ahli outsourcing memiliki keterampilan dan sertifikasi yang diperlukan. Ini mengurangi kebutuhan perusahaan klien untuk menginvestasikan dana dalam program pelatihan.
  • Tunjangan dan Benefit Karyawan: Pembayaran tunjangan ataupun benefit termasuk asuransi ataupun THR merupakan tanggung jawab KAZOKKU. Perusahaan klien tidak perlu menyediakan paket benefit ini.
  • Pesangon dan Biaya Pemutusan Hubungan Kerja: Jika terjadi perubahan lanskap bisnis atau kebutuhan untuk mengakhiri kontrak, perusahaan klien tidak harus membayar pesangon atau biaya pemutusan hubungan kerja. Ini ditangani oleh KAZOKKU sesuai perjanjiannya dengan karyawan.

Layanan Rekrutmen:

Meskipun agen rekrutmen membantu dalam menemukan dan menyeleksi kandidat yang tepat, ada sejumlah biaya dan pengeluaran yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Biaya Recruitment Fee: Agen rekrutmen biasanya mengenakan biaya yang cukup besar untuk layanan mereka. Umumnya, nominal yang ditentukan merupakan persentase dari gaji tahunan karyawan yang direkrut.
  • Biaya Pelatihan/Sertifikasi: Setelah karyawan direkrut, perusahaan perlu menyiapkan anggaran untuk pelatihan tambahan atau sertifikasi yang mungkin dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja mereka.
  • Tunjangan dan Benefit Karyawan: Perusahaan harus menyediakan tunjangan dan benefit karyawan, seperti asuransi kesehatan, dana pensiun, cuti berbayar, dan bonus.
  • Pesangon: Jika terjadi perubahan dalam lanskap bisnis yang memerlukan pengurangan staf, perusahaan harus siap untuk membayar pesangon sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Baca Juga: Dapatkan Talenta Digital & IT dengan Jasa Outsourcing KAZOKKU!

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai perbedaan IT Outsourcing Profesional KAZOKKU dan layanan rekrutmen pada umumnya. Dengan model outsourcing, KAZOKKU menawarkan solusi yang jauh lebih efisien dan fleksibel dibandingkan dengan pendekatan rekrutmen tradisional.  Layanan rekrutmen pada umumnya hanya membantu proses pencarian dan penyaringan kandidat. Sedangkan KAZOKKU menyediakan solusi end-to-end dengan mengurus seluruh aspek sumber daya manusia IT.

Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut. Kami dapat menyediakan Talenta IT profesional Outsourcing yang Anda butuhkan dengan cepat. Kami juga dapat menyediakan jangka waktu kerja sama yang fleksibel mulai dari 3 bulan kontrak.

Artikel Terkait

Contact Us