Mengenal Apa Itu Layanan Haken dari KAZOKKU

Mengenal Apa Itu Layanan Haken dari KAZOKKU

Haken adalah solusi yang menghubungkan perusahaan dengan pekerja temporer yang memiliki keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan, di mana pekerja tersebut akan bekerja langsung di kantor klien selama periode kontrak yang disepakati bersama. Istilah “haken” sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya pekerja temporer atau tenaga kerja kontrak. Pelajari selengkapnya apa itu Haken di sini.

Di era digital yang dinamis ini, kebutuhan akan tenaga kerja yang fleksibel dan profesional semakin meningkat. KAZOKKU, sebagai perusahaan Talenta IT Outsourcing terdepan di Indonesia, memahami kebutuhan tersebut dan menghadirkan layanan Haken yang inovatif untuk membantu perusahaan Anda dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan cepat, efisien, dan tepat. Melalui layanan ini, Anda dapat mengoptimalkan proses bisnis dan fokus pada pengembangan core business tanpa terbebani oleh urusan seleksi ataupun pengelolaan karyawan.

Asal-usul Istilah “Haken” dan Maknanya dalam Konteks Layanan Tenaga Kerja

Layanan Haken adalah solusi penyediaan tenaga kerja dengan sistem kontrak atau temporer. Dengan layanan ini, perusahaan dapat mempekerjakan pekerja kontrak untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang bersifat temporer. 

Layanan Haken menawarkan solusi ketenagakerjaan yang fleksibel, efisien, dan hemat biaya bagi perusahaan. Solusi ini juga memberikan peluang kerja yang beragam bagi para pekerja temporer.

Perlu diketahui bahwa istilah “haken” berasal dari bahasa Jepang, di mana kata ini merujuk pada praktik penyediaan tenaga kerja sementara atau kontrak. Konsep ini pertama kali diperkenalkan di Jepang sebagai respons terhadap kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja yang fleksibel untuk mengatasi fluktuasi pasar dan kebutuhan proyek yang berubah-ubah. 

Secara historis, layanan haken di Jepang telah menjadi solusi umum bagi perusahaan yang ingin menghindari komitmen jangka panjang terhadap karyawan tetap. Layanan haken memungkinkan perusahaan untuk menangani fluktuasi permintaan pasar atau proyek-proyek khusus tanpa harus menambah atau mengurangi karyawan tetap. Hal ini memberikan keuntungan tambahan dalam hal efisiensi biaya, akses ke keahlian khusus, dan kemampuan untuk menjaga skalabilitas operasional secara optimal.

Layanan Haken KAZOKKU

Sebagai perusahaan IT talent outsourcing tepercaya, KAZOKKU menyediakan solusi Haken untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam mendapatkan tenaga kerja ahli IT kontrak. Melalui layanan ini, KAZOKKU akan menempatkan talenta IT berpengalaman untuk bekerja pada proyek-proyek IT di berbagai perusahaan. 

KAZOKKU sendiri menyediakan jangka kontrak kerja sama yang fleksibel. Klien bisa memilih kontrak jangka pendek mulai dari 3 bulan ataupun jangka panjang. Dengan demikian, perusahaan bisa mendapatkan SDM yang mereka butuhkan  tanpa harus terikat dengan kontrak karyawan tetap dalam jangka panjang.

Melalui pendekatan ini, KAZOKKU memungkinkan perusahaan untuk lebih responsif dan adaptif dalam mengelola sumber daya manusia, sesuai dengan dinamika bisnis yang terus berubah. Layanan haken tidak hanya memberikan solusi operasional yang efisien tetapi juga mendukung adaptabilitas perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat dan dinamis.

Tenaga Kerja Ahli IT yang Disediakan KAZOKKU melalui Layanan Haken

  • Backend Developer: Profesional yang berpengalaman dalam membangun dan mengembangkan komponen backend aplikasi, seperti API, server, dan database.
  • Frontend Developer: Ahli IT yang fokus pada pengembangan antarmuka pengguna (UI) dan interaksi pengguna (UX) pada sisi klien.
  • Mobile App Developer: Spesialis yang mahir dalam membangun aplikasi seluler untuk platform iOS, Android, atau lintas platform.
  • Business Analyst: Profesional yang menganalisis kebutuhan bisnis dan menerjemahkannya ke dalam persyaratan teknis untuk pengembangan sistem yang baik.
  • DevOps Engineer: Ahli yang menggabungkan praktik pengembangan software (Dev) dan operasional (Ops) untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan rilis.
  • Project Manager: Manajer proyek yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi proyek-proyek IT Anda.
  • IT Security Specialist: Pakar yang berfokus pada perlindungan sistem, infrastruktur, dan data dari ancaman cyber.
  • Quality Assurance: Profesional yang melakukan pengujian untuk memastikan produk yang dikembangkan memenuhi standar dan spesifikasi yang ditetapkan.
  • UI/UX Designer: Ahli IT yang merancang antarmuka pengguna (UI) yang intuitif dan pengalaman pengguna (UX) yang menarik.

Baca Juga: Biaya Talenta IT Outsourcing vs Merekrut Langsung, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Mengapa Layanan Haken Penting untuk Industri Saat Ini

Di era industri yang dinamis dan kompetitif seperti sekarang ini, layanan haken menjadi penting karena beberapa alasan krusial:

1. Fleksibilitas Operasional

Layanan haken KAZOKKU memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan skala sumber daya manusia dengan cepat sesuai dengan kebutuhan proyek atau perubahan kondisi pasar. Ini meminimalkan risiko overstaffing atau understaffing yang dapat mempengaruhi efisiensi operasional.

2. Efisiensi Biaya

Dengan menggunakan tenaga kerja sementara, perusahaan dapat mengurangi biaya yang terkait dengan perekrutan dan pemeliharaan karyawan tetap, seperti tunjangan kesehatan dan pensiun. Ini memberikan solusi ekonomis terutama bagi perusahaan yang ingin tetap kompetitif di era digital.

3. Akses ke Keahlian Khusus

Layanan haken memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan akses langsung ke tenaga kerja yang memiliki keahlian spesifik yang mungkin sulit ditemukan atau dikembangkan di dalam organisasi sendiri. Seperti yang kita ketahui, proyek-proyek IT sering memerlukan keahlian yang sangat spesifik, seperti pengembangan perangkat lunak, keamanan siber, atau analisis data. Dengan layanan haken, Anda bisa memperoleh tenaga kerja kontrak untuk menjalankan proyek IT tersebut.

4. Skalabilitas dan Responsivitas

Di era bisnis yang dinamis, layanan haken menawarkan solusi ideal untuk mencapai skalabilitas yang lebih baik. Pertumbuhan permintaan biasanya terjadi ketika ada peningkatan kebutuhan tenaga kerja, misalnya saat perusahaan mendapat proyek besar atau memasuki musim puncak. Sebaliknya, penurunan permintaan terjadi ketika ada penurunan kebutuhan tenaga kerja, seperti saat proyek selesai atau dalam periode off-season. Layanan haken membantu perusahaan mengelola kedua situasi ini dengan fleksibel, tanpa harus menambah atau mengurangi jumlah karyawan tetap.

5. Menghadapi Tantangan Digitalisasi 

Industri di seluruh dunia sedang mengalami transformasi digital yang cepat. Layanan haken membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dengan memberikan akses ke Talenta IT yang dapat membantu mereka mengadopsi teknologi baru dan mempercepat proses digitalisasi.

Baca Juga: Berkenalan dengan Hani, Konsultan KAZOKKU yang Siap Membantu Perusahaan Anda

Temukan Solusi Kebutuhan Tenaga IT Anda dengan Haken KAZOKKU

KAZOKKU hadir sebagai solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan tenaga IT profesional di perusahaan Anda. Layanan Haken KAZOKKU menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam mencari, memilih, dan mendapatkan Talenta IT terbaik untuk berbagai proyek IT Anda.

Hubungi KAZOKKU dan rasakan manfaat layanan Haken yang optimal:

  • Jaringan Luas: Akses pool talenta IT terampil dan berpengalaman dari berbagai bidang.
  • Proses Cepat & Mudah: Temukan tenaga IT yang tepat dengan proses yang cepat, efisien, dan hemat waktu.
  • Solusi Fleksibel: Pilih skema kerjasama yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
  • Tenaga Berkualitas: Dapatkan tenaga IT profesional dan tepercaya yang telah melalui proses seleksi ketat.
  • Dukungan Penuh: Tim KAZOKKU siap membantu Anda di setiap langkah proses seleksi dan manajemen SDM Talenta IT.

Jika Anda mencari tenaga kerja IT temporer berkualitas untuk mendukung proyek-proyek Anda, layanan haken dari KAZOKKU adalah pilihan yang tepat. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan manfaatkan keunggulan layanan haken kami untuk kesuksesan bisnis Anda. Hubungi Kami segera!

Artikel Terkait

Contact Us