Studi Kasus ASSA

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)

Penyediaan Software Quality Assurance Manual & Automation untuk Pengembangan Aplikasi Transportasi

Profil Assa

Profil ASSA

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) adalah perusahaan penyedia solusi transportasi terkemuka di Indonesia yang menawarkan layanan penyewaan kendaraan korporasi, transportasi logistik, jasa pengemudi, lelang otomotif, car sharing, transaksi jual beli kendaraan secara online, dan layanan pengiriman paket. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 dengan armada sebanyak 819 unit di bawah nama Adira Rent. Namun sejak bulan Oktober 2010, perusahaan resmi mengganti namanya menjadi ASSA.

Saat ini, ASSA terus berkembang dan telah berhasil mengelola lebih dari 26.000 kendaraan serta memiliki lebih dari 4.600 pengemudi terampil. Perusahaan ini juga telah melayani lebih dari 1.500 perusahaan di Indonesia. Seiring pertumbuhan bisnisnya, ASSA pun memperluas cakupan layanannya ke hampir semua kota besar di Indonesia dengan lebih dari 1.000 bengkel perbaikan resmi. Selain itu, untuk mengikuti perubahan perilaku konsumen serta memperkuat basis bisnisnya, ASSA melakukan inovasi dengan mengembangkan sejumlah aplikasi digital. Aplikasi-aplikasi tersebut dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola layanannya.

Tantangan yang Dihadapi

Manajemen Anggaran yang Efisien
Kebutuhan Kontrak Jangka Pendek

Sebagai perusahaan dengan fokus utama pada layanan transportasi, ASSA tidak memiliki keinginan untuk mempekerjakan tenaga kerja IT secara permanen dan dalam jumlah besar. Perusahaan ini hanya memerlukan bantuan tambahan dari tenaga ahli IT pada saat-saat tertentu, terutama ketika mereka tengah mengembangkan aplikasi baru untuk meningkatkan layanannya.

Kebutuhan Tenaga IT Berkualitas
Kebutuhan Tenaga IT Berkualitas

Perusahaan membutuhkan solusi yang memungkinkan mereka untuk mengakses tenaga kerja IT berkualitas saat diperlukan, namun juga bisa menawarkan fleksibilitas untuk mengurangi jumlah tenaga kerja IT tersebut ketika tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, kebutuhan akan tenaga kerja IT di ASSA hanya bersifat sementara atau temporer.

Solusi yang Ditawarkan KAZOKKU

KAZOKKU menawarkan solusi yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Dalam case ini, ASSA membutuhkan QA outsourcing manual & automation dengan masa kontrak selama 6 bulan. Untuk memenuhi permintaan tersebut, KAZOKKU menyalurkan tenaga kerja Software Quality Assurance outsourcing dengan kemampuan dan pengalaman yang relevan untuk memastikan keberhasilan proyek ASSA.

Dalam menyediakan solusi ini KAZOKKU memahami bahwa kebutuhan tenaga kerja IT dapat berubah-ubah seiring berjalannya  proyek. Oleh karena itu, KAZOKKU menawarkan fleksibilitas dalam hal durasi kontrak sehingga memungkinkan klien untuk memperpanjang masa kontrak jika diperlukan.

Tidak hanya itu, kami juga dapat menawarkan fleksibilitas terkait jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Kami dapat dengan segera memenuhi permintaan klien baik untuk pengiriman satu personel IT SQA atau lebih sesuai dengan kebutuhan spesifik ASSA.

Proses Rekrutmen dan Seleksi

Penggunaan Talent Network KAZOKKU

KAZOKKU memanfaatkan talent network untuk mencari profesional software tester outsourcing dengan cepat. Kami memiliki akses ke network profesional yang luas dan siap dipekerjakan.

Penggunaan Talent Network KAZOKKU
Partisipasi Klien Dalam Proses Seleksi
Partisipasi Klien Dalam Proses Seleksi

Klien terlibat secara parsial dalam proses seleksi, yaitu pada tahap user interview. Hal ini memastikan bahwa calon karyawan yang diinterview benar-benar sesuai dengan harapan klien.

Wawancara Online

Proses wawancara dilakukan secara online, memungkinkan efisiensi dan kemudahan bagi kedua belah pihak. Pendekatan ini menghemat waktu dan biaya perjalanan sehingga mempercepat proses seleksi.

Wawancara Online
Penyediaan CV dan Waktu Pemenuhan yang Cepat
Penyediaan CV dan Waktu Pemenuhan yang Cepat

Setelah kesepakatan kerjasama dibuat oleh kedua belah pihak, KAZOKKU menyediakan CV calon karyawan dalam waktu tiga hari kerja. Rata-rata time to hired/fulfillment adalah 14 hari kerja. KAZOKKU berusaha untuk memberikan solusi secara efisien sehingga klien dapat mengisi posisi yang kosong dengan cepat.

Dukungan Administratif dan Pengelolaan Tenaga Kerja

KAZOKKU tidak hanya membantu dalam proses rekrutmen, tetapi juga memberikan dukungan administratif yang komprehensif. Kami memberikan layanan konsultasi mengenai pengadaan tenaga kerja, serta menyediakan dukungan administratif termasuk penggajian, legal, dan pajak. Pengelolaan tenaga kerja outsourcing juga diawasi melalui aplikasi HRIS (Human Resources Information System).

Dukungan Administratif dan Pengelolaan Tenaga Kerja

Hasil dan Keuntungan yang Diperoleh

  • Mendapatkan QA Outsourcing berkualitas dalam waktu cepat

    KAZOKKU memastikan bahwa ASSA mendapatkan tenaga IT Quality Assurance berkualitas dengan cepat. Dengan proses seleksi yang efisien, klien dapat mengisi posisi yang dibutuhkan tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan demikian, proyek digital ASSA dapat segera dimulai.

  • Klien dapat fokus pada kegiatan inti bisnis

    Proses rekrutmen yang ditangani oleh KAZOKKU mengurangi beban kerja klien. Klien hanya perlu terlibat dalam satu sesi wawancara sehingga menghemat waktu dan upaya yang biasanya dibutuhkan dalam proses rekrutmen yang rumit. KAZOKKU juga mengelola urusan administrasi kepegawaian, termasuk penggajian, serta aspek legal dan pajak terkait dengan tenaga kerja. Dengan demikian, klien dapat fokus pada aktivitas inti bisnis.

  • Manajemen risiko yang efektif

    Klien tidak perlu khawatir jika karyawan yang kami kirimkan mengundurkan diri, karena KAZOKKU siap mencari dan menyiapkan karyawan pengganti secara gratis. Hal ini kami lakukan untuk memastikan kelancaran proyek klien.

  • Fleksibilitas dan penghematan anggaran

    KAZOKKU memberikan fleksibilitas kepada klien untuk mengatur jumlah tenaga kerja yang ingin dipekerjakan sesuai dengan kebutuhan proyek. Dengan fleksibilitas ini, klien dapat menghemat beban pengeluaran, karena mereka hanya membayar untuk tenaga kerja yang benar-benar mereka perlukan.

Studi Kasus Lainnya

PT ASSA

PT ASSA

Maucash

Maucash

Al Izhar

Al Izhar

Kazokku Whatsapp Contact Us