studi kasus Maucash

PT Astra Welab Digital Arta (Maucash)

Pengeluaran biaya operasional perusahaan yang lebih efisien dengan layanan Quality Assurance & React Native Developer Outsourcing

Profil Maucash

Profil Maucash

PT Astra Welab Digital Arta (AWDA) atau Maucash adalah sebuah perusahaan ventura yang didirikan pada bulan April 2018. Perusahaan ini merupakan hasil kerjasama antara PT Sedaya Multi Investama yaitu anak perusahaan PT Astra International Tbk, dengan WeLab. Fokus utama Maucash adalah bidang financial technology (fintech), di mana mereka menggunakan teknologi big data dan machine learning untuk memberikan penilaian kredit serta persetujuan pinjaman secara cepat dan efisien. Dalam menyediakan layanannya, Maucash beroperasi di Indonesia sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perlu Anda ketahui bahwa AWDA atau Maucash bekerja sama secara erat dengan WeLab yaitu perusahaan fintech terkemuka di Hong Kong dan Tiongkok. Maucash memiliki tujuan untuk bisa meningkatkan literasi keuangan dan inklusi finansial di Indonesia dengan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mewujudkan impian mereka melalui layanan pinjaman yang mudah diakses. Perusahaan fintech ini juga menjalin kerjasama strategis dengan lembaga keuangan untuk memberikan pinjaman tunai tanpa agunan secara fleksibel kepada pelanggan mereka.

Tantangan yang Dihadapi

AWDA atau Maucash mengalami beberapa tantangan dalam mendapatkan tenaga kerja IT. Berikut adalah penjelasan mengenai tantangan-tantangan tersebut:

Manajemen Anggaran yang Efisien
Manajemen Anggaran yang Efisien

Sebagai perusahaan startup yang baru memulai bisnisnya, manajemen anggaran adalah hal yang sangat penting. Pengelolaan keuangan yang cerdas dan strategis adalah kunci untuk kelangsungan bisnis jangka panjang. Oleh karena itu, Maucash mencari cara untuk mengoptimalkan anggaran mereka.

Kebutuhan Tenaga IT Berkualitas
Kebutuhan Tenaga IT Berkualitas

Sebagai perusahaan startup fintech, Maucash sangat bergantung pada inovasi dan pengembangan produk baru untuk bersaing di pasar yang kompetitif.  Mereka membutuhkan tim IT yang kompeten untuk mengembangkan produk dan aplikasi baru, serta melakukan pemeliharaan (maintenance) pada aplikasi yang sudah ada.

Keterbatasan dalam Bidang IT Recruitment
Keterbatasan dalam Bidang IT Recruitment

Maucash menghadapi tantangan dalam merekrut tenaga IT karena mereka tidak memiliki keahlian khusus di bidang IT Recruitment. Mencari kandidat yang cocok, terutama yang memiliki keahlian spesifik seperti React Native Developer dengan pemahaman teknologi terbaru seperti Typescript, dapat menjadi tugas yang menantang. Keterbatasan ini dapat memperlambat proses rekrutmen dan menghambat pertumbuhan perusahaan.

Solusi yang Ditawarkan KAZOKKU

Tim KAZOKKU dengan cepat menanggapi kebutuhan klien dengan menawarkan solusi yang sesuai. Maucash membutuhkan React Native Developer dan Software Quality Assurance dalam waktu cepat dengan biaya seefisien mungkin.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, tim KAZOKKU menyediakan kandidat berkualitas sesuai dengan budget klien. Selain menjadi penyedia tenaga kerja, KAZOKKU juga berperan sebagai konsultan rekrutmen untuk membantu mengidentifikasi masalah klien dan memberikan solusi terbaik untuk berbagai tantangan yang dihadapi oleh klien.

Melalui proses rekrutmen dan seleksi yang cepat, tim KAZOKKU berhasil mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan requirement. Kami menyalurkan 1 kandidat React Native Developer dan 1 kandidat untuk Software Quality Assurance dalam waktu kurang dari 2 minggu.

Dalam case ini, klien membutuhkan tenaga kerja outsourcing dengan masa kontrak selama 1 tahun. Meskipun demikian, KAZOKKU tetap menyediakan fleksibilitas terkait durasi kontrak tersebut jika klien ingin memperpanjang masa kontrak.

Proses Rekrutmen dan Seleksi

Database Existing dan Active Sourcing

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja IT Maucash, KAZOKKU memanfaatkan database kandidat yang sudah ada. Selain itu, kami juga tetap secara aktif melakukan sourcing untuk mendapatkan kandidat yang lebih baik

Database Existing dan Active Sourcing
Partisipasi Klien Dalam Proses Seleksi
Partisipasi Klien Dalam Proses Seleksi

Klien terlibat dalam proses seleksi, terutama pada tahap user interview. Kami terbuka dengan keterlibatan klien sehingga tenaga kerja yang kami sediakan dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan perusahaan dengan baik.

Wawancara Online

Untuk menghemat waktu dan mempercepat proses seleksi, proses wawancara dilakukan secara online. Selain memudahkan calon tenaga kerja, proses ini juga menguntungkan klien karena mereka dapat bergabung dengan proses seleksi tanpa perlu melakukan perjalanan ke kantor KAZOKKU.

Wawancara Online
Penyediaan CV dan Waktu Pemenuhan yang Cepat
Penyediaan CV dan Waktu Pemenuhan yang Cepat

Setelah perjanjian kerjasama disepakati, KAZOKKU mengirimkan CV calon karyawan dalam waktu tiga hari kerja. Proses fulfillment juga dicapai dalam waktu cepat kurang dari 2 minggu.

Dukungan Administratif dan Pengelolaan Tenaga Kerja

KAZOKKU tidak hanya terlibat dalam proses rekrutmen, tetapi juga memberikan dukungan administratif yang menyeluruh. Kami menyediakan konsultasi terkait pengadaan tenaga kerja, serta memberikan dukungan administratif termasuk pengelolaan gaji, aspek hukum, dan pajak. Manajemen tenaga kerja outsourcing juga dipantau melalui sistem informasi sumber daya manusia/ aplikasi HRIS.

Dukungan Administratif dan Pengelolaan Tenaga Kerja

Hasil dan Keuntungan yang Diperoleh

  • Mendapatkan tenaga kerja SQA dan React Native Developer berkualitas dalam waktu cepat

    KAZOKKU memastikan Maucash mendapatkan tenaga IT seperti React Native Developer dan Software Quality Assurance dengan kualitas tinggi secara cepat. Dengan proses seleksi yang efisien, klien dapat mengisi posisi yang dibutuhkan tanpa menunggu waktu yang lama. Dengan demikian, proyek digital Maucash dapat segera dimulai tanpa penundaan.

  • Penghematan biaya operasional perusahaan

    KAZOKKU memberikan keleluasaan kepada klien untuk menentukan jumlah tenaga kerja yang ingin dipekerjakan sesuai kebutuhan proyek. Ini bisa menjadi solusi penghematan anggaran pengeluaran. Selain itu, KAZOKKU dapat menyediakan tenaga kerja sesuai dengan budget yang ditentukan oleh klien. Kami juga menyediakan perangkat yang dibutuhkan tenaga kerja sehingga dapat menghemat biaya operasional perusahaan.

  • Tersedia tenaga kerja pengganti

    Untuk memastikan kelancaran proyek klien, kami dapat menyiapkan karyawan pengganti tanpa biaya tambahan. Solusi ini diberikan jika tenaga kerja IT yang kami sediakan mengundurkan diri.

  • Klien dapat fokus pada aspek inti bisnis

    Proses rekrutmen yang dikelola oleh KAZOKKU membantu mengurangi beban kerja klien. KAZOKKU juga bertanggung jawab atas administrasi kepegawaian, termasuk penggajian, serta aspek legal dan pajak yang berkaitan dengan tenaga kerja yang dikirimkan. Dengan demikian, klien dapat fokus sepenuhnya pada kegiatan inti bisnis mereka.

Studi Kasus Lainnya

PT ASSA

PT ASSA

Maucash

Maucash

Al Izhar

Al Izhar