Bicara Tentang KAZZOKU

Menggali Manfaat IT Outsourcing untuk Pelaku Bisnis

Diskusi Ringan dengan Iin Diah, Outsourcing Consultant KAZOKKU

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant di KAZOKKU

Berpengalaman sebagai Hiring Manager selama 6 tahun dan IT Outsourcing Consultant selama 4 tahun. Selama karirnya, dia telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan membantu mengoptimalkan strategi rekrutmen untuk mendapatkan tenaga kerja profesional. Sebagai IT Outsourcing Consultant KAZOKKU, Iin Diah memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan perusahaan dan mampu mengidentifikasi solusi yang paling tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada Klien.

Mengenal Layanan IT Outsourcing

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

IT Outsourcing sudah semakin popular ya. Saya melihat banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa IT Outsourcing akhir-akhir ini.

Ine

Ine

Sales Representative KAZOKKU

Iya, saya juga mendapatkan banyak permintaan dari berbagai perusahaan untuk menyediakan layanan IT Outsourcing.

Ine

Rotcir

Praktisi HR

Oh ya?  Dari perusahaan mana aja sih datangnya?

Ine

Ine

Sales Representative KAZOKKU

Cukup bervariasi ya, mulai dari start up hingga korporasi di bidang perbankan, manufaktur, e-commerce, asuransi, real estate, konsultan IT dan lain sebagainya.

Ine

Rotcir

Praktisi HR

Wah, menarik! Ternyata layanan IT Outsourcing ini sudah dikenal oleh para pelaku bisnis.

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Iya betul. Jasa IT Outsourcing sekarang menjadi solusi yang diandalkan banyak perusahaan untuk bisa tetap bertahan dan beradaptasi di tengah-tengah persaingan bisnis yang terus berubah-ubah seperti sekarang. Dengan memanfaatkan layanan ini, perusahaan juga bisa lebih fokus dengan kegiatan bisnis inti. Jadi, layanan ini memang bisa membantu perusahaan agar bisa stay ahead.

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Wah, semakin penasaran nih jadinya. Kalau boleh tau apa sih IT Outsourcing itu?

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Secara umum IT Outsourcing itu adalah praktik di mana suatu perusahaan mengalihkan beberapa atau seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan IT kepada pihak eksternal. IT Outsourcing itu juga banyak modelnya, di KAZOKKU sendiri layanan yang kami berikan adalah jasa penyediaan tenaga IT atau biasanya juga disebut IT Staffing atau IT Staff Augmentation.

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Oh, jadi kalau KAZOKKU khusus menyediakan tenaga IT Profesionalnya saja ya?

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Iya betul, KAZOKKU khusus menyediakan atau men-supply tenaga IT professional-nya saja. KAZOKKU tidak terlibat dalam proyek IT atau pengembangan softwarenya. Tenaga IT yang dapat kami sediakan juga beragam, seperti backend developer, frontend developer, mobile app developer, IT project manager, quality assurance, business analyst, dan lain sebagainya. Jadi, kami siap membantu perusahaan dengan tenaga IT Outsourcing andal yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perbedaan IT Outsourcing dengan Recruitment Agency

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Lalu apa bedanya dengan recruitment agency pada umumnya?

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Ada tiga perbedaan utama. Pertama, tenaga kerja yang disediakan oleh KAZOKKU merupakan karyawan dari vendor IT Outsourcing. Kedua, upah karyawan dibayarkan oleh KAZOKKU, dan kami juga bertanggung jawab untuk memberikan benefit, mengurus administrasi, hingga pembayaran pajak karyawan. Ketiga, klien membayar service fee setiap bulan selama kontrak berlangsung.

Kalau untuk recruitment agency biasa, status karyawan menjadi milik klien atau disebut juga direct employment. Upahnya juga dibayarkan langsung oleh klien, dan service fee-nya biasanya dibayarkan sekali di awal.

IT Outsourcing Kian Diminati Pelaku Bisnis

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Oh begitu, sekarang saya paham. Ngomong-ngomong, kenapa sih IT Outsourcing atau IT Staffing sepertinya semakin diminati para pelaku bisnis? bukannya kandidat IT bisa dicari sendiri lewat rekrutmen internal?

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Semua ini dimulai dari masalah yang dirasakan oleh para pelaku bisnis. Karyawan IT cenderung sering pindah-pindah tempat kerja, jadi mereka tidak bertahan lama di satu perusahaan. Selain itu, mereka juga kurang aktif dalam melamar pekerjaan, sehingga mencari kandidat yang sesuai menjadi challenging.

Di sisi lain, ketersediaan top talent tidak banyak dipasaran sementara demand dan kompetisi untuk mendapatkan top talent ini sangat tinggi. Kemudian, perkembangan teknologi yang cepat juga jadi faktor lainya.

Nah, dari persoalan-persoalan tersebut, banyak perusahaan yang memilih untuk memiliki staf IT dari eksternal saja yang disediakan oleh vendor IT Outsourcing dan mempercayakan proses perekrutannya kepada mereka. Para pelaku bisnis saat ini juga banyak yang mulai mempertimbangkan untuk memiliki staff IT selama jangka waktu yang dibutuhkan saja.

Ine

Ine

Sales Representative KAZOKKU

Saya pernah mengalami situasi seperti yang disampaikan oleh Ibu Iin. Banyak klien KAZOKKU yang membutuhkan tenaga IT hanya saat musim-musim sibuk atau untuk menggantikan karyawan yang sedang cuti panjang, misalnya cuti melahirkan atau haji. Selain itu, ada juga yang membutuhkan tenaga IT tambahan untuk mengejar deadline proyek.

Nah, perlu diketahui, kebanyakan vendor IT Outsourcing akan menawarkan kontrak kerjasama yang kaku seperti minimal 1 tahun. Padahal masa proyek IT tidak selama itu, kadang hanya 3 bulan saja. Berbeda dengan KAZOKKU yang bisa menawarkan tenaga kerja IT Outsourcing dengan masa kontrak yang jauh lebih fleksibel.

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Iya betul Bu Ine, makanya KAZOKKU juga terbuka untuk temporal staffing, yaitu kerjasama outsourcing dengan kontrak jangka pendek atau sementara. Jadi jika ada klien yang menginginkan kontrak kerja jangka pendek saja, misal 3 bulan atau 6 bulan kontrak maka hal tersebut dapat diterapkan.

IT Outsourcing Mampu Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Oh begitu, kedengarannya bagus. Tapi kalau dari sisi budget apakah layanan itu akan menguras banyak pengeluaran?

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Tidak, justru jasa IT Outsourcing bisa menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran perusahaan. Tanpa adanya layanan tersebut, bayangkan berapa banyak budget yang harus dikeluarkan perusahaan untuk talent sourcing kandidat, belum lagi biaya pelatihan, kursus dan sertifikasi yang diperlukan agar tenaga IT upgrade skill atau up to date dengan teknologi terbaru, dan berbagai benefit yang perlu dibayarkan perusahaan. Selain itu, jasa IT Outsourcing juga bisa menghemat banyak waktu karena perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja IT yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Dengan demikian, perusahaan bisa segera memulai proyek digitalnya.

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan jasa IT Outsourcing ini?

Ine

Ine

Sales Representative KAZOKKU

Kalau dari segi harga atau biaya tentunya bevariasi ya, tapi kalau di KAZOKKU sendiri kami sudah memiliki opsi harga minimum untuk setiap level. Untuk level junior mulai dari Rp 12.000.000,~ level middle mulai dari Rp 17.000.000,~ dan level senior mulai dari Rp 22.000.000,~. Angka tersebut merupakan biaya minimum, harga tersebut dapat lebih besar tergantung pada kualifikasi, keterampilan, pengalaman kandidat serta permintaan gaji kandidat.

IT Outsourcing Menawarkan Tenaga Kerja Berkualitas

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Wah, cukup menghemat juga ya jika dibandingkan dengan gaji talent IT saat ini yang sudah sangat tinggi di pasaran. Proses rekrutmennya juga jadi lebih cepat.

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Iya, kualitas kandidat IT yang disediakan juga lebih terjamin dan minim risiko, sebab perusahaan IT Outsourcing seperti KAZOKKU juga akan melakukan filtering atau seleksi terhadap kandidat sebelum dikirimkan kepada klien dengan memberikan uji kompetensi teknis yang diperlukan seperti test coding, study case, technical interview, logic test dan problem solving test.

Selain itu, adanya jaminan penggantian tenaga kerja menjadikan layanan ini minim risiko sehingga dapat menjadi solusi untuk permasalahan turn over karyawan yang tinggi. 

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Siapa yang melakukan uji kompetensi teknis tersebut?

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Kami memiliki tim IT yang solid untuk melakukan uji kompetensi teknis karena tim internal kami juga diisi dengan staf senior software developer, technical manager dan tech recruiter yang andal.

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Insightful sekali, apalagi untuk praktisi HR seperti saya. Saya mulai berpikir untuk merekomendasikan penggunaan jasa IT Outsourcing ini kepada tim dan rekan-rekan HR saya yang lain.

Ine

Ine

Sales Representative KAZOKKU

Saya siap membantu memberikan detail informasi layanan KAZOKKU Mas Rotcir 😄. Bagaimana pun salah satu tujuan kami adalah untuk memberikan dukungan dengan mitra kami dengan orientasi hubungan jangka panjang. Kami juga berperan sebagai konsultan yang dapat memberikan saran dan rekomendasi terkait resource planning Klien kami, baik itu dari sisi teknis dan best practice. 

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Oh ya, sebelumnya disebutkan tentang IT Staffing, IT Staff Augmentation dan Temporal Staffing. Boleh jelaskan sedikit?

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Ketiga terminologi tersebut merupakan istilah yang merujuk pada pengadaan, perekrutan, dan penempatan sumber daya manusia (SDM). Biasanya SDM atau karyawan akan dipekerjakan dalam basis kontrak dengan batas waktu yang telah ditentukan dan bertanggung jawab atas tugas tertentu atau proyek khusus.

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Oh, berarti secara sederhana ketiga istilah tersebut berkaitan dengan proses perekrutan dan mempekerjakan karyawan ya. Sebagai praktisi HR, saya juga merasakan kalau merekrut kandidat IT punya tantangan tersendiri. Contohnya seperti minimnya kandidat yang sesuai kualifikasi, rekrutmen tenaga IT yang memakan waktu lama, kompetisi yang tinggi, serta biaya rekrutmen serta gaji kandidat IT yang tinggi.

Tenaga Kerja dapat Tersedia dalam Waktu Cepat

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Iya, saya sangat merekomendasikan untuk memanfaatkan jasa penyedia tenaga IT Outsourcing atau jasa penyedia programmer seperti KAZOKKU. Kami sudah memiliki talent pool yang melimpah dan luas. Oleh karena itu, ketersediaan kandidat IT yang qualified lebih terjamin, sehingga proses pemenuhan tenaga IT bisa lebih cepat.

Ine

Ine

Sales Representative KAZOKKU

Betul. Selain itu, biasanya vendor IT Outsourcing juga memiliki berbagai penawaran menarik yang membuat perekrutan tenaga IT menjadi lebih hemat. Contohnya, di KAZOKKU sendiri selain opsi harga yang sudah disampaikan sebelumnya, kami juga menawarkan discount untuk kontrak jangka panjang. KAZOKKU juga memberikan free replacement yang berlangsung selama masa kontrak kerja sama.

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Baik, terima kasih atas penjelasannya. Sekarang saya jadi tahu kalau layanan IT Outsourcing ini sangat penting bagi perusahaan di tengah perubahan teknologi yang cepat dan tingginya kompetisi untuk mendapatkan talent IT yang kompeten. Ditambah lagi dengan segudang manfaat yang didapatkan seperti penghematan biaya, akses untuk mendapatkan tenaga IT yang kompeten, tidak perlu repot-repot mengurus proses uji kompetensi teknis yang rumit, tidak perlu pusing memikirkan tugas administrasi seperti payroll, pembayaran pajak, pengurusan legal dan pemberian benefit yang memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Selain itu, proses mendapatkan talent IT juga bisa menjadi semakin cepat. 

IT Outsourcing KAZOKKU Menawarkan Beragam Manfaat bagi Bisnis

Iin Diah

Iin Diah

IT Outsourcing Consultant KAZOKKU

Iya sama-sama. Penting bagi perusahaan untuk memanfaatkan layanan IT Outsourcing agar bisa segera mendapatkan dukungan terutama dalam penyediaan SDM IT Professional. Kesimpulannya, IT Outsourcing menjadi solusi yang menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis dalam merekrut dan mengelola tenaga kerja. Ada sejumlah contoh situasi di mana perusahaan-perusahaan merasa ragu untuk melakukan perekrutan karyawan tetap. Nah, dengan memilih untuk merekrut tenaga kerja melalui skema kontrak outsourcing, perusahaan memiliki kesempatan untuk mengenali dan mengevaluasi kemampuan tenaga kerja tersebut terlebih dahulu sebelum mengangkat mereka menjadi karyawan tetap.

Selain itu banyak juga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja IT sementara dalam jangka waktu tertentu. KAZOKKU sendiri bisa menawarkan kontrak jangka pendek mulai dari 3 bulan. Prosesnya pun cepat karena hanya dalam waktu 3 hari kerja perusahaan atau Klien akan menerima 3-6 CV dari kami.

Tidak hanya itu saja, layanan ini memberikan jaminan risiko minimal. Anda tidak perlu khawatir tentang pembayaran pesangon jika terjadi situasi pemutusan hubungan kerja (lay-off) di tengah ketidakpastian ekonomi seperti saat ini. Bahkan, kami menawarkan jaminan penggantian gratis (free replacement guarantee) untuk mencarikan pengganti jika kandidat yang kami rekomendasikan tidak sesuai atau menghentikan kontrak di tengah masa kontrak.

Ine

Ine

Sales Representative KAZOKKU

Jika ada pertanyaan lain atau membutuhkan informasi lainnya terkait penyediaan tenaga IT Outsourcing, jangan ragu untuk menghubungi KAZOKKU. Kami akan selalu siap membantu!  

Pelajari Selengkapnya Layanan Tenaga
Kerja IT Outsourcing KAZOKKU

Kazokku Whatsapp Contact Us