Bicara Tentang KAZZOKU

Tips Lulus Proses Rekrutmen dan Seleksi di Perusahaan IT Outsourcing KAZOKKU

Tahun baru selalu menjadi momen yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru, termasuk dalam hal karir.

Banyak karyawan yang memanfaatkan momen ini untuk mencari pekerjaan baru. Jika Anda salah satu orang yang sedang mencari pekerjaan baru di bidang IT outsourcing, maka Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan baru di bidang IT outsourcing memang cukup ketat. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan peluang Anda untuk lolos proses rekrutmen dan seleksi.

Dalam percakapan ini, Feradhita (interviewer) mencari insight kepada Rotcir (HR Recruiter KAZOKKU) tentang persiapan yang perlu dilakukan kandidat agar bisa lulus proses rekrutmen. Jika Anda ingin mengetahuinya silakan simak percakapan kami berikut ini.

Tren Mencari Peluang Karir Baru di Tahun Baru

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Mas, kita sekarang sudah ada di penghujung tahun 2023 nih. Menurut pengalaman Mas Rotcir sebagai HR recruiter, apa ada banyak karyawan yang mencari pekerjaan baru saat mendekati akhir tahun seperti saat ini?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Ya, cukup banyak karyawan yang mencari pekerjaan baru saat mendekati akhir tahun. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Pergantian tahun: Banyak karyawan yang ingin memulai tahun baru dengan pekerjaan baru. Mereka mungkin merasa bahwa pekerjaan baru akan memberikan tantangan dan kesempatan baru yang lebih baik.
  • Manpower planning untuk tahun berikutnya: Ini berkaitan dengan rencana atau proyeksi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan di tahun mendatang. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi target bisnis, rencana ekspansi, tujuan perusahaan ataupun proyek. Biasanya akan banyak perusahaan yang sudah mulai membuka lowongan kerja sejak akhir tahun untuk memenuhi jumlah tenaga kerja yang diinginkan di tahun mendatang.

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Oh, begitu. Kira-kira faktor mana yang paling dominan?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Saya rasa faktor yang paling dominan adalah karena pergantian tahun. Banyak karyawan yang merasa bahwa tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru, termasuk pekerjaan baru.

Tren Mencari Peluang Karir Baru di Tahun Baru

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Wah, menarik sekali. Lalu apa yang harus dilakukan oleh karyawan yang ingin mencari pekerjaan baru saat mendekati akhir tahun?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Hal yang paling penting adalah mempersiapkan diri dengan baik. Karyawan perlu memperbarui resume dan portofolio mereka, serta meningkatkan keterampilan mereka. Selain itu, karyawan juga perlu memahami kondisi pasar tenaga kerja dan mencari informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.

Selain itu, perbarui dan lengkapi profil linkedin, karena biasanya recruiter akan melakukan cross checking ke linkedin kandidat setelah melihat CV-nya. Melengkapi profil linkedin juga dapat menarik perhatian recruiter untuk secara langsung menawarkan lowongan pekerjaan yang tersedia di tempat kerjanya.

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Untuk para tenaga kerja outsourcing IT, apa ada persiapan khusus yang perlu dilakukan sebelum mencari pekerja baru mas?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Tentu saja ada. Tenaga kerja outsourcing IT perlu mempersiapkan diri dengan lebih matang lagi, karena persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini memang cukup ketat. Untuk tenaga kerja outsourcing IT yang ingin mencari pekerjaan baru, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

Pertama, pastikan bahwa resume dan portofolio kamu sudah relevan dengan posisi yang dilamar. Hal ini penting karena perusahaan outsourcing IT biasanya mencari kandidat yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kedua, tingkatkan keterampilan secara terus-menerus. Teknologi IT berkembang dengan cepat, sehingga penting untuk selalu mengikuti perkembangannya. Kamu bisa mengikuti kursus online, mengikuti seminar atau konferensi, mengambil sertifikasi yang relevan, serta membaca buku dan artikel tentang teknologi IT. Kandidat juga bisa mengambil sertifikasi yang relevan untuk meningkatkan kredibilitas di pasar kerja sehingga membuka peluang karir yang lebih baik.

Ketiga, bangun jaringan dengan profesional di bidang IT. Networking dapat membantu mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan dan mendapatkan rekomendasi dari orang-orang yang kamu kenal. Kamu bisa bergabung dengan komunitas online, menghadiri acara networking, atau mengikuti konferensi.

Tips Lulus Proses Rekrutmen dan Seleksi 

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Ada tips-tips gak mas agar pada kandidat bisa lulus proses rekrutmen dan seleksi di KAZOKKU?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Nah, untuk teman-teman yang ingin melamar di KAZOKKU, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti:

  • Baca dengan cermat kualifikasi dan deskripsi pekerjaan untuk posisi yang ingin dilamar. Ini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk meningkatkan kesempatan untuk dipanggil interview kerja. Dengan mengetahui deskripsi pekerjaan dan kualifikasi posisi tersebut secara cermat, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang layak untuk pekerjaan tersebut. Caranya, informasikan keterampilan dan pengalaman yang relevan di dalam CV dan portofolio, body email saat mengirim email lamaran kerja, di profil linkedin, dan saat mengikuti interview kerja.
  • Berikan kesan yang baik saat wawancara. Berpakaianlah dengan profesional, datang tepat waktu, dan bersikaplah sopan dan ramah. Meskipun proses wawancara mungkin dilakukan secara online, kamu tetap harus tampil terbaik saat sesi ini.
  • Persiapkan diri dengan baik untuk wawancara. Pastikan kamu memahami pertanyaan-pertanyaan wawancara yang umum diajukan untuk posisi IT. Kamu juga bisa berlatih menjawab pertanyaan wawancara dengan teman atau anggota keluarga.
  • Tunjukkan antusiasme untuk bekerja. Jelaskan mengapa tertarik untuk bekerja di perusahaan ini dan apa yang kamu bisa kontribusikan untuk perusahaan ini.
Feradhita

Feradhita

Interviewer

Kalau pertanyaan wawancara yang sering diajukan di KAZOKKU biasanya terkait apa. Bisakah kasih tahu beberapa contohnya?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Struktur pertanyaannya biasanya akan berhubungan dengan personal info, pengalaman kerja, pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai, rencana karir, personal preference, dll. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan untuk mengetahui kecocokan kandidat dan memastikan bahwa kandidat adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Beberapa contoh pertanyaannya seperti berikut:

  • Sudah berapa lama bekerja di bidang ini?
  • Kenapa kamu ingin resign atau berhenti kerja dari tempat kerja sebelumnya?
  • Bagaimana cara kamu mengatasi tekanan?
  • Bagaimana kamu memprioritaskan pekerjaanmu?
  • Berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan?
  • Apa saja rencanamu di 3–5 tahun ke depan?
  • Kapan kamu bisa mulai bergabung?

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Wah ada banyak juga ya.

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Iya, karena kami ingin memastikan bahwa tenaga kerja yang dikirim ke perusahaan klien benar-benar berkualitas dan sesuai harapan klien.

Proses Rekrutmen dan Seleksi di KAZOKKU 

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Nah, agar kandidat bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin, bisa tolong jelaskan lebih detail tentang proses rekrutmen dan seleksi di KAZOKKU?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Proses rekrutmen dan seleksi di perusahaan IT outsourcing KAZOKKU cukup sederhana kok. Pertama, kandidat apply lowongan kerja yang tersedia di KAZOKKU terlebih dahulu, selanjutnya tim recruiter KAZOKKU akan menghubungi kandidat untuk melakukan screening tahap awal melalui phone interview. 

Jika kandidat lulus tahap tersebut, kandidat akan diarahkan untuk mengikuti technical test. Nah technical test ini formatnya beragam ya tergantung dari posisi yang dilamar. 

Kemudian jika kandidat memiliki technical skill yang mumpuni maka dia lulus dan bisa mengikuti tahap user interview. Selanjutnya apabila kandidat memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh klien, maka dia akan menerima offering letter dan bisa mulai bekerja setelah penawaran kerja disepakati bersama.

Prospek Kerja di Perusahaan IT Outsourcing

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Terimakasih mas penjelasannya. Proses rekrutmen di perusahaan outsourcing ternyata gak beda ya dengan proses seleksi di perusahaan konvensional pada umumnya. Kalau prospek kerja di bidang IT outsourcing bagaimana mas? Apakah cukup menjanjikan?

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Prospek kerja di bidang IT outsourcing sangat menjanjikan karena permintaan akan jasa IT outsourcing terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Selain itu, banyak perusahaan yang mulai berinvestasi di bidang IT outsourcing untuk menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi.

Dari sisi tenaga kerja sendiri juga ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, misal mereka bisa bekerja di berbagai bidang industri sehingga dapat membuat portofolionya terlihat semakin menarik, menjadi tenaga kerja outsourcing juga sangat cocok bagi orang-orang yang tidak ingin membangun komitmen jangka panjang untuk bekerja disuatu perusahaan. Outsourcing juga cocok untuk mereka yang ingin mulai membangun karir karena dengan bekerja di perusahaan outsourcing maka mereka bisa mendapatkan pengalaman proyek yang luas dan bervariasi.

Selain itu, tenaga kerja di KAZOKKU juga mendapatkan gaji yang kompetitif dan negotiable sesuai dengan harapan kandidat, serta mendapatkan beragam benefit seperti BPJS TK, THR, dan lain-lain.

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Wah, sepertinya prospek kerja di bidang IT outsourcing terlihat menarik

Rotcir

Rotcir

Praktisi HR

Iya, memang begitu. Namun, untuk bisa sukses di bidang IT outsourcing, kandidat perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai. Kandidat juga perlu terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi.

Feradhita

Feradhita

Interviewer

Terima kasih banyak mas atas tips dan insightnya. Dengan info yang sudah dibagikan mas Rotcir, para profesional di bidang IT bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik ketika mencari peluang karir baru di tahun depan.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan peluang lulus proses rekrutmen dan seleksi tenaga kerja. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di tahun mendatang.

Pelajari Selengkapnya Layanan Tenaga
Kerja IT Outsourcing KAZOKKU

Kazokku Whatsapp Contact Us